3 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Berbisnis online pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan bisnis offline. Konsep marketing yang diterapkan di bisnis offline bisa diterapkan di dalam bisnis online. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan bagi pemilik online shop untuk meningkatkan penjualan online

Menawarkan Free Ongkir Dengan Syarat Pembelian Tertentu

Strategi ini terbilang cukup efektif. Misalnya saja, dalam kasus yang saya terapkan di bisnis online yang saya kelola, customer saya tawarkan free ongkir bila membeli paket premium dengan nominal 500 ribu. Jadi yang awalnya customer hanya beli untuk paket reguler senilai 200 ribu, dia akhirnya upgrade ke 500 ribu karena ada free ongkir. Untuk strategi ini harus diperhitungkan sih dari kitanya. Jangan sampai rugi. Jadi sebelum menawarkan promo ini, coba tanyakan lokasi pengiriman ke customer. Jadi kalau misalnya kita kasih range free ongkir sampai dengan 30 ribu, ya untuk ngomong ke customernya free ongkir. Tapi kalau misalnya ternyata ongkos kirim ke customer lebih dari 30 ribu, saya sih biasanya bilang kalau ada subsidi ongkir, jadi cukup bayar sisanya saja.

Baca juga : Contoh Caption Jualan di Instagram

Membuat Paket Hemat

Untuk meningkatkan penjualan online sebaiknya kita membuat bundling paket hemat. Misalnya produk yang dijual adalah skincare yang terdiri dari day cream, night cream, facial wash, toner, dan serum nanti produk-produk ini bisa dipaketin.

Untuk paket cream kalau beli bundling harganya lebih murah daripada beli satuan. Strategi ini berhasil meningkatkan omset penjualan. Misal harga cream 50 ribu, harga serum 100 ribu. Kalau bundling cream dan serum jadi 125 ribu. Customer jadi hemat 25 ribu. Tapi pastikan margin profitnya ya jangan sampai rugi.

Baca juga : Dropship Solusi Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Menawarkan Produk Yang Berhubungan

Maksudnya bagaimana sih produk yang berhubungan? Contohnya seperti ini. Kalau jualan sepatu, bisa menawarkan kaos kaki. Produknya berbeda, tapi masih berhubungan kan? Atau bisa menambahkan gimmick promo. Misal Promo beli sepatu, cuma menambahkan 10 ribu saja sudah dapat kaos kaki senilai 49 ribu. Jadi dipikiran customer dia merasa udah untung 39 ribu.

Atau contoh lainnya, ketika di Mc Donald mau beli burger, mbaknya pasti nanya mau nambah kentang gak? Mau dessertnya gak? Ini disebut crosselling.

Coba bayangkan bila satu bulan ada 100 transaksi dengan nilai per transaksi senilai 100 ribu. Maka total omsetnya 10 juta. Nah kalau misalnya dalam 1 bulan kita bisa menaikkan nilai transaksinya dari 100 ribu jadi 150 ribu saja, total omset bulan itu naik jadi 15 juta. Berapa kenaikan omset penjualannya ? 50 % bro sis!

Ketiga cara di atas tentunya sudah teruji dan sudah pernah saya coba ketika berjualan di online shop milik sendiri. Cara ini bisa dicoba di bisnis online yang kalian miliki. Semoga artikel cara meningkatkan penjualan online ini membantu para pebisnis online untuk meningkatkan penjualannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.