Cara Jualan Di Instagram

Apa kabar teman-teman semua? Semoga sehat selalu ya. Kita sudah melalui bulan kedua menghadapi Pandemi Corona ini. Banyak terjadi perubahan dalam bisnis, terutama dalam memasarkan produk dan jasa. Dari yang bisnisnya offline, sekarang mau tidak mau dipaksa untuk beralih ke online. Penerapan PSBB oleh pemerintah membuat bisnis yang mengandalkan traffic dari offline harus segera beralih ke online. Banyak sekali sumber traffic yang bisa kita manfaatkan, misalnya saja facebook, marketplace, dan instagram. Kali ini saya ingin sharing mengenai cara jualan di instagram.

Miliki Akun Instagram Business

Untuk memulai jualan di instagram, sebaiknya kita membuat akun instagram business. Kenapa membuat akun bisnis? Kita bisa mendapatkan banyak data seperti misalnya data dari rentang usia audience kita. Mereka tinggal di kota apa. Apakah lebih banyak audience wanita atau pria. Hari apa mereka aktif. Jam berapa mereka aktif. Berapa banyak impresi, jangkauan, hinga orang yang mengunjungi profil kita. Berapakah interaksi yang terjadi pada setiap postingan yang kita kirim. Data ini semua berfungsi untuk memantau perkembangan instagram kita, sehingga nantinya kita bisa membuat strategi konten untuk dikirim di instagram.

Persiapkan Konten Foto dan Video Yang Menarik

Instagram adalah sosial media yang menonjolkan foto. Oleh sebab itu, sebaiknya bila ingin memulai berjualan di instagram kita memiliki foto-foto yang menarik. Foto tidak harus selalu foto yang monoton seperti foto produk. Misalnya saja, Anda menjual jasa open trip. Foto yang diposting di instagram bisa dengan foto suasana tempat liburan, orang-orang yang sedang menikmati liburan. Bisa juga dari sudut pandang keramahan penduduk lokal di sana kepada turis. Membuat konten di instagram sama seperti kita membangun cerita. Setiap orang suka mendengarkan cerita. Jadi mulailah menjadi pendongeng yang baik di instagram hingga orang-orang mendengarkan cerita Anda.

Belajarlah Membuat Copy Writing

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, orang-orang suka dengan cerita. Nah, cerita yang bagus itu dibangun menggunakan konsep copy writting. Konsep copy writing yang sering dipakai adalah AIDA

Attention

Cobalah merebut perhatian dari follower Anda dengan judul caption yang menarik. Misalnya seperti ini… Bagaimana saya menurunkan berat badan 20 kg selama 3 bulan tanpa diet? Ketika orang membaca judul itu, pasti ada rasa penasaran. Betul! Kita sudah berhasil membuat orang ingin tahu lebih jauh.

Interest

Untuk mendukung statementnya, gunakan fakta, statistik, kondisi ideal, alasan. Misalnya nih, Menurut riset ABC 1 dari 5 wanita kehilangan kepercayaan dirinya setelah melahirkan karena berat badan yang naik signifikan.

Desire

Desire ini memainkan emosi dari seseorang. Sisi emosionalnya disentil. Untuk kasus yang tadi, wanita insecure bila badannya gemuk setelah melahirkan maka suaminya berpaling dan mencari wanita lain. Jadi contoh kalimat copy writingnya bisa seperti ini. Kembali seperti masa muda Anda dengan badan langsing tanpa diet yang ketat. Buat suami Anda jatuh cinta lagi dan lagi kepada Anda.

Action

Nah kalau sudah kepengen banget nih calon pembeli kita, tinggal arahkan saja. Kalau mau beli kemana? apakah beli lewat chatt whatsapp? apakah lewat toko online? berikan arahan action yang jelas

Manfaatkan Hastag

Berjualan di instagram sama seperti kita menulis di blog, perlu ada riset hashtag agar meningkatkan traffic organik menuju website kita. Bagaimana cara risetnya? kita bisa memanfaatkan fitur search dan mulai mencari kira-kira hashtag apa saja yang relevan dengan bisnis kita.

Misalnya saja kita memiliki bisnis di bidang traveling yaitu open trip. Maka di menu search, pilih bagian hashtag dan cari #opentrip.

riset hashtag instagramAda banyak pilihan hashtag. Misalnya kita membuka jasa open trip jogja berarti yang kita ambil nanti hashtagnya #opentripjogja dsbg. Untuk hashtag kita bisa memakai beberapa kategori. Misalnya saja kategori brand,komunitas,descriptive, audience, niche, lokasi. Misal nih, kalau kita mau memanfaatkan brand, bisa coba cari #garudaindonesia atau #lionair karena ini adalah brand pesawat, berkaitan dengan traveling. Untuk komunitas bisa coba #backpackerjogja. Untuk descriptive bisa coba #jalanjalan atau #liburan yang menjelaskan kegiatan open trip. Untuk niche bisa coba hashtag #traveling. Untuk audience bisa coba hashtag #traveler. Untuk location bisa coba hashtag seputar daerah Jogja seperti #Malioboro #alunalunjogja dsbg.

Maksimal hashtag yang bisa ada di satu postingan adalah 30. Namun pastikan hashtag antara satu post dan post yang lain tidak sama. Bila kita copy paste terus-terusan nantinya google akan mendeteksi kita spam. Sebaiknya mempersiapkan beberapa alternatif hashtag untuk post di instagram. Lalu ketika riset hashtag, gunakan rasio 50:30:20. Rasio ini maksudnya 50 % untuk hashtag dengan jumlah hashtag di atas 3 juta, 30 % untuk hashtag di bawah 2 juta, 20 % untuk hashtag branding sendiri. Maksud dari hashtag branding sendiri misalnya #opentriphelloinez. Jadi bila kita hitung ada 15 hashtag dengan jumlah pencarian besar, 9 hashtag dengan jumlah pencarian sedang, dan 6 hashtag brand sendiri yang unik.

Berikan Value kepada Pelanggan

Pada dasarnya orang itu nggak suka dijualin. Orang-orang itu nggak peduli sama produk kamu, mereka hanya peduli sama diri mereka sendiri. Egois? emang. Makanya bikin konten yang memang memberikan value ke mereka. Bisa tips, bisa tutorial, bisa sharing. Ketika mereka sudah percaya sama kamu, mereka tidak akan ragu-ragu untuk membeli produk dari kamu.

Manfaatkan Instagram Ads

Ketika kamu sudah memahami konsep cara jualan di instagram, untuk scale up jualan kamu bisa menggunakan ads. Penggunaan ads ini boleh dibilang sedikit lebih kompleks dari beberapa cara yang sebelumnya. Saya akan menjelaskan instagram ads ini di artikel lainnya. Intinya, instagram ads adalah iklan berbayar yang nantinya akan menawarkan produk yang kita jual ke calon pelanggan yang ada di instagram. Ibaratnya kalau kita datang ke Jakarta fair atau pameran, si instagram ini tukang bagi-bagi brosur. Orang yang tadinya ga niat beli, habis liat brosur bisa jadi pengen beli. Bisa jadi nggak. Banyak faktor yang menyebabkan orang ingin beli. Banyak faktor juga yang menyebabkan orang menunda pembeliannya. Instagram ads ini berbayar. Sebaiknya jika kamu ingin menggunakan instagram ads punya kartu kredit atau kartu debit VISA sehingga bisa melakukan pembayaran langsung.

Demikianlah cara jualan di instagram menurut saya. Artikel ini akan terus saya update untuk memperbarui apa saja yang saya ketahui mengenai cara jualan di instagram. Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.