Biaya Ke Psikiater

Bagi banyak orang yang memiliki gangguan jiwa atau merasa ada yang tidak baik dengan kejiwaannya, seringkali mereka mengurungkan niat karena terbentur di biaya. Jadi kali ini saya inging membahas berapa biaya ke psikiater yang harus dikeluarkan untuk berobat. Sharing ini berdasarkan pengalaman saya dan pengobatan yang saya alami untuk gangguan bipolar.

Berobat Dengan BPJS

Jadi saya bergabung di salah satu grup kejiwaan. Awalnya dari LINE Chat. Namun kemudian beberapa teman yang sudah ketemuan melanjutkan pertemuan ke real life. Lalu kami bergabung ke grup whatsapp. Anak-anak yang bergabung masih muda-muda. Di bawah 30. Ada sih yang 30 an namun bisa dihitung dengan jari.

Dari sini mereka saling sharing bagaimana cara mereka mengobati gangguan jiwa yang mereka hadapi. Banyak gangguan jiwa yang dihadapi anak muda saat ini, misalnya saja depresi mayor, anxiety. Salah satu teman sharing tentang cara mereka berobat dengan BPJS.

Jadi kalau mau berobat dengan BPJS pastinya kita harus terdaftar di BPJS kesehatan dulu ya. Terserah yang kelas berapa, ambil yang paling murah kelasnya juga oke. Kalau sudah, datang ke faskes 1. Sampai di sana minta rujukan ke rumah sakit yang ada klinik psikiatrinya.

Kalau sudah nanti dikasi kertas rujukan, nanti dibawa ke RS rujukan. Teman saya pun pergi ke RSUD rujukan di kotanya. Awalnya dia didiagnosa depresi mayor. Cerita detailnya kenapa dia bisa demikian saya kurang tahu, tapi depresi ini kira-kira sudah 1 tahunan dia derita.

Baca juga : Chatt dengan psikolog di halodoc

Setelah saya sarankan untuk konsultasi dengan BPJS dia berobat deh akhirnya untuk pengobatan depresi mayornya. Obatnya gratis ya. Semua pakai BPJS. Memang gratis, namun pengobatan yang diberikan sama seperti pasien umumnya. Untuk antriannya lumayan panjang ya, jadi usahakan datang pagi-pagi.

Puji Tuhan setelah beberapa bulan konsumsi obat dia bisa kembali lagi bergairah menjalani hidup dan mulai kembali bekerja. Sebelumnya dia mengurung diri di kamar karena depresi.

Berobat Mandiri

Pengobatan yang saya lakukan termasuk berobat mandiri. Saya pergi ke RS Carolus di Jakarta. RS ini merupakan salah satu RS yang memiliki reputasi baik di Jakarta. Jadi kalau berobat ke RS biasanya akan ada biaya administrasi. Saat Corona ini kebetulan biaya admin di RS Carolus naik jadi 100 ribu. Lalu untuk biaya psikiater dengan observasi saya membayar 390 ribu. Jadi total biaya yang dikeluarkan bisa 490 ribu untuk sekali konsultasi.

Biaya itu bisa dikonsultasikan dengan dokternya. Kalau saya sih terus terang aja, uang terbatas. Jadi konsultasi dilakukan 2 bulan sekali. Sekarang konsultasi dilakukan 3 bulan sekali karena pandemi Corona. Lumayan hemat uang.

Baca juga : Review konsultasi psikiater di alodokter

Untuk biaya obat beda lagi, tergantung dengan keluhannya. Biasanya dokter akan meresepkan obat dengan dosis minimal lalu melakukan observasi. Bila kita keberatan dengan biaya, minta dokter resepkan obat generik. Kalau ga ada generik, biasanya dokter akan kasih alternatif obat yang lebih murah namun sama bagus manfaatnya.

Biaya obat yang saya konsumsi bervariasi. Saya pernah tebus obat 1 jutaan sekali beli. Lalu saya keluhkan ke dokter karena mahal, obatnya diganti jadi saya tebus sekitar 300-500 ribuan. Keterbukaan sama dokter sangat penting nih. Apalagi kalau ada kendala di biaya.

Baca juga : Pengalaman ke Psikiater

RS Carolus juga menerima BPJS, jadi coba dicek di faskes 1 bila ingin berobat di RS swasta. Setahu saya ada pasien BPJS juga saat saya konsultasi di psikiater. Biaya ke psikiater tidaklah murah bila berobat mandiri. Jadi kalau memiliki BPJS, bisa deh dipakai kartunya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

2 comments

  1. Hi Kak, terima kasih sharing-nya. Semoga kondisi kakak saat ini baik jiwa raga.
    Kebetulan beberapa hari lalu saya habis dari psikiater di RS Carolus dengan biaya serupa.
    Tapi, sebelum berobat umum, saya tanya soal BPJS, katanya untuk ke psikiater tidak ada BPJS. Makanya saya daftar pasien umum kemarin.
    Just sharing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.