Dropship, Solusi Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Pernahkah kalian terpikirkan mau memulai belajar bisnis online, namun bingung harus memulai darimana? Ingin memulai usaha namun modal terbatas? mungkin kalian bisa memulai bisnis dropship. Jadi apa sih sebenarnya dropship itu? Jadi dropship itu bahasa orang awamnya seperti “makelar” produk. Saat ini banyak sekali orang yang memulai menjual produk berawal dari dropship. Mereka mencari supplier barangnya di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shoppee, dan lain-lain. Lalu dijual lagi ke orang lain, namun dengan nama toko berbeda dari supplier ( nama toko sendiri ). Jadi konsumen tahunya bahwa produk itu yang menjual adalah kita, bukan supplier.

Dropship Alternatif Belajar Bisnis Online Pemula

Kenapa dropship menjadi salah satu alternatif jualan online bagi pemula? Dropship tidak mengharuskan kita untuk menyetok produk. Bayangkan bila kita baru pertama kali jualan, lalu sudah dihadapkan dengan stok barang. Bagaimana bila nanti barangnya tidak laku di pasaran? Apakah kita sudah siap dengan konsekuensi kerugian karena stok tidak habis? Dengan adanya dropship, kita dibebaskan dari permasalahan stok, modal kita bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

Cari Supplier Konvensional

Lalu bagaimana nih caranya bila kita sudah tertarik ingin memulai jualan. Apa saja yang harus kita lakukan? Pertama pastikan kita mendapatkan supplier yang terpercaya. Bagaimana cara mencari supplier? Ada banyak cara. Misalnya saja mencari supplier di marketplace atau mencari secara konvensional.

Pengalaman cara saya mendapatkan supplier, dulu saya keliling ke pusat grosir dan mencari supplier sendiri. Hanya bermodalkan nekat aja nanya-nanya. Apakah sang pemilik toko mau barangnya saya jualkan secara online. Ada beragam jawaban, ada yang antusias dan pasti juga ada yang menolak atau apatis. Tapi jangan berkecil hati, namanya juga proses pembelajaran.

Cari Supplier di Google

Selain itu, kita bisa mencari supplier dari internet. Misalnya saja mencari di google dengan keyword tertentu. Contoh keywordnya bisa dengan keyword dropship+produk yang ingin dijual. Contoh keywrod “dropship baju muslim”, atau dengan keyword supplier+produk “supplier baju muslim”. Setelah menemukan supplier yang pas, langsung segera hubungi supplier, apakah mereka bisa membantu kita dengan sistem dropship? Apakah stok aman? Bagaimana prosedurnya bilan ingin pesan?

Cari Supplier di Marketplace

Cara lain mendapatkan supplier adalah dengan mencarinya di marketplace. Kita bisa mencarinya dengan mensortir di kategori. Kira-kira niche produk apa yang ingin kita jual. Misalnya, saya ingin menjual produk wanita, dan spesial untuk dress. Berarti cara mencari suppliernya kita pilih kategori dress. Setelah itu, untuk mengecek apakah produk ini laku atau tidak di pasaran, cara validasinya, kita bisa mengurutkannya berdasarkan penjualan.

belajar bisnis online

Terlihat pada gambar di atas, terdapat 939.545 produk yang ada di kategori dress. Lalu bagaimana kita memilih supplier yang baik di tokopedia? kita bisa sortir berdasarkan ulasan. Supplier yang baik pastinya mendapatkan ulasan bintang 4 ke atas. Lalu kita perlu cek juga, bila ada supplier yang memiliki ulasan bintang 1-2, cek apa yang menjadi kekecewaan pelanggan terhadap supplier tersebut? Apakah dari sisi kualitas? dari sisi pelayanan? misalnya saja kalau dari 1000 transaksi, yang kecewa 2-3 masih wajar. Tapi bila yang kecewa bisa mencapai ratusan, perlu ditinjau ulang lagi suppliernya,atau mencari alternatif yang lain.

Tips Untuk Dropshipper Pemula

Untuk produk dropship, saya menyarankan tidak menjual produk yang memiliki banyak pilihan ukuran dan warna/motif. Kenapa? sebab itu akan menyulitkan kita nantinya. Bila nantinya warna atau ukuran yang diinginkan customer tidak ada, otomatis kemungkinan konversi penjualan akan turun. Jadi pilihlah produk yang tidak memerlukan ukuran dan pilihan yang terlalu banyak. Misalnya saja, jam tangan, produk kecantikan, aksesoris wanita.

Pertanyaan kemudian muncul, kalau kita menjual lebih tinggi daripada harga pasaran, apakah ada yang membeli? Tentu saja ada. Kalau kalian pergi ke ITC Roxy Mas, dari lantai dasar sampai lantai 4, semuanya rata-rata menjual handphone dan aksesoris, tapi kenapa mereka masih berjualan di sana? Karena tentunya ada pembelinya, selain itu rejeki sudah ada yang atur.

Tantangan Bisnis Dropship

Tantangan bagi dropshipper ketika memulai menggeluti bisnis online adalah stok habis padahal kita sudah promosi jualan produk kemana-mana. Apalagi misalnya uang sudah ditransfer oleh customer ke rekening kita, tapi mendadak supplier menginfokan stok kosong. Pilihan kita cuma 2. Jujur bilang stok habis, atau mencari supplier pengganti lain.

Memasarkan Barang Dropship

Dimanakah sebaiknya kita menjual produk dropship? Jawabannya banyak. Tergantung kreatifitas kita. Bisa jual di olx, instagram, facebook, twitter, atau di marketplace lain. Perlu digarisbawahi bila kita menjual di marketplace lain, harus memperhatikan waktu pengiriman. Beberapa marketplace menetapkan berapa hari kita merespon pesana dan input resi. Jadi bila supplier kita lambat dalam konfirmasi dan input resi, itu bisa berimbas kepada kita. Bila tanggalnya terlewat, otomatis akan dibatalkan oleh sistem. Reputasi di toko online pun otomatis turun. Reputasi sangatlah penting bagi kita di marketplace, karena orang melihat kinerja toko kita dari reputasi.

Berjualan lintas marketplace ini membutuhkan modal. Misalnya kita mengambil barang di supplier marketplace A, kita berjualan di marketplace B. Berarti,kita harus menggunakan uang pribadi untuk memesan di marketplace A. Walaupun uang sudah ditransfer ke marketplace B, tapi uang itu baru akan cair ketika customer sudah konfirmasi penerimaan. Uang kita akan tertahan di marketplace sampai barang tiba di tujuan dan cair bila tidak ada komplain dari customer.

Demikianlah sharing informasi belajar bisnis online untuk pemula. Segera ambil tindakan bila ingin memulai bisnis online. Jangan menunda-nunda bila ingin memulai.

 

6 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.