Review Konsultasi Gizi Online di Halodoc

Ini adalah kedua kalinya saya konsultasi di halodoc. Kali ini saya mencoba konsultasi gizi online di halodoc. Jadi beberapa hari lalu saya ini merasa bahwa saya perlu konsultasi seputar gizi untuk menurunkan berat badan. Pergi ke rumah sakit rasanya kalau untuk konsultasi gizi bisa lah kalau pakai layanan chat. Tau sendiri kan sekarang lagi jamannya Pandemi Corona. Kalau berlama-lama di rumah sakit kayanya terlalu riskan, jadi sebaiknya ya lewat layanan digital seperti ini udah oke sih.

Saya install lagi aplikasi halodoc di handphone saya. Lalu masukkan nomer telepon untuk verifikasi. Di situ tulisannya si layanan konsul harganya 50 ribu, lalu ada harga coret jadi 25 ribu, tapi malah jadi 0 rupiah. Kaget kan, jadi gratis gitu. Oh ternyata halodoc lagi kerjasama dengan Manulife, jadi ya disubsidi Manulife gitu deh. Tapi dengan persetujuan kita sih, jadi kalau misalnya datanya dipakai untuk keperluan Manulife, saya udah tau sih.

Pas masuk aplikasinya ada pilihan gizi klinis. Kalau di spesialisasi seperti ini sih, saya lebih suka memilih dokter yang jam terbangnya sudah lumayan lama. Ya pastinya dia kan menangani pasien yang beragam, jam praktek ga bisa dibohongin lah. Dokter yang available ada beberapa, saya pilih salah satu dokter spesialis gizi klinis. Kurang lebih 30 detik dokternya available di chat.

Baca juga : Review Alodokter Chat Bersama Dokter Spesialis Kejiwaan

Hal-Hal Yang Perlu Diberitahukan Ke Dokter

Ada beberapa hal yg perlu diinfokan dahulu kepada dokter gizi klinis.

Usia

Untuk usia jangan didiskon ya, jawab jujur aja. Lagian kan nanti kaitannya sama menu diet yang cocok dengan kita.

Tinggi dan Berat Badan

Kalau ini harus jujur ya jangan didiskon berat badannya. Pentingnya jujur saat memberitahu berat badan supaya bisa ketahuan BMI nya berapa, terus diet yang seperti apa yang harus diberikan

Baca juga : CERDIK mencegah penyakit tidak menular

Riwayat Penyakit Kronis

Misalnya penyakit kronis itu seperti maag, hipertensi, jantung, asam urat, kolesterol, diabetes, dsbg. Kalau misalnya ada kondisi-kondisi khusus seperti depresi, bulimia, gangguan jiwa lainnya bisa diinfokan ya.

Baca juga : Pengalaman Konsultasi Psikolog Halodoc

Obat Yang Sedang Dikonsumsi

Nah ini juga penting banget infokan obat yang dikonsumsi, jadi dokter bisa tahu asupan ke tubuh kamu apa aja.

Setelah saya menginfokan poin-poin penting di atas, dokter mulai membuat menu makanan untuk dua minggu ke depan. Saat itu saya dibuatkan makanan dengan 1900 kalori. Tidak boleh makan makanan manis, tidak boleh minum jus. Saya juga harus meningkatkan aktifitas fisik per hari 30 menit dan total 150 menit per minggu minimal.

Baca juga : Pengalaman Gangguan Bipolar

Menurut saya, untuk konsultasi gizi klinis di halodoc sudah cukup baik. Saya puas dengan pelayanan dari dokternya. Penjelasannya cukup mendetail ketika kita ingin tanya lebih lanjut. Di akhir pembicaraan dokternya menguatkan sih, meyakinkan saya gitu kalau saya pasti bisa. Dokter menyarankan saya untuk menghubungi dia kembali setelah 2 minggu menjalankan diet.

Baca juga : Pengalaman ke Psikiater

Program diet itu berbeda antara individu yang satu dan yang lainnya. Program diet saya belum tentu sama dengan program diet si A,B,C. Dokter juga pasti punya banyak pertimbangan dari data-data yang saya berikan. Sebelumnya saya pernah diet tanpa arahan dokter, tapi seperti yoyo. Berat badan memang turun drastis, namun naik drastis juga karena jujur diet saya dulu itu menahan lapar. Saya berharap bahwa diet yang akan saya jalani ini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak menyiksa.

Akhir kata, semoga diet saya berhasil ya! Semoga sharing konsultasi gizi online ini bermanfaat untuk teman-teman semua ūüôā

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.