Review Alodokter Chat Bersama Dokter Spesialis Kejiwaan

Di tengah jaman digital seperti saat ini, banyak informasi kita temukan di internet. Salah satu informasi yang rawan hoax adalah kesehatan. Saya cukup senang karena ada beberapa situs yang menyediakan informasi kredibel karena ditinjau langsung penulisannya oleh dokter. Lalu ada aplikasi alodokter chat bersama dokter yang bisa kita gunakan untuk sekedar bertanya kepada dokter.

Label Negatif Gangguan Mental Di Masyarakat

Saya rutin mengunjungi psikiater selama beberapa tahun terakhir. Jangan tanya berapa uang yang sudah saya habiskan untuk ke psikiater dan pengobatan lainnya. Jutaan untuk sekali konsultasi berikut obatnya. Judgement di masyarakat sering mengatakan bahwa gangguan mental adalah karena kita tidak dekat dengan Tuhan. Entahlah sudah berapa orang yang bilang seperti itu. Tapi bagi saya, gangguan mental sama seperti penyakit lainnya. Sama seperti flu, kanker, diare. Gangguan mental yang saya alami karena adanya ketidakseimbangan zat kimia di otak sehingga menyebabkan mood swing.

Perbandingan Harga Alodokter Dengan Konsultasi Di Rumah Sakit

Saat saya download aplikasi alodokter, saya cukup kaget dengan harga yang ditawarkan untuk sekali konsultasi. Harganya hanya 15 ribu saja. Saya membandingkan dengan sesi konsultasi yang saya lakukan di RS Carolus. Sekali konsul di RS Carolus itu 390 ribu. Biaya pendaftaran 50 ribu. Jadi total 440 ribu yang saya keluarkan. Dari segi harga, sangat jauh berbeda. Makanya saya penasaran banget sama alodokter ini.

Keluhan saya waktu itu adalah perubahan mood yang lebih cepat daripada sebelumnya setelah mengganti obat, mimpi buruk, dan gangguan tidur. Jadi ceritanya 2 minggu yang lalu dokter langganan saya itu cuti, tapi obat saya habis. Saya butuh obat jadi ya saya konsul ke psikiater yang ada aja. Obat diganti dengan yang baru, dan disuruh melihat apakah obat itu bekerja dengan baik di saya. Dalam kurang dari 2 minggu itu mood swing jadi lebih cepat, jadi saya agak cemas apakah obat ini cocok atau tidak. Jadi saya putuskan untuk nanya ke profesional, yaitu psikiater di alodokter.

Aplikasi Alodokter Memudahkan Chat Bersama Dokter

Malam itu sekitar pk 20.15 saya masih melihat masih ada psikiater yang online. Balesnya sih nggak cepet yah. Kurangnya itu sih, kaya ada jeda 1-2 menit. Saya ceritain deh diagnosa dari dokter saya apa, obat yang saya minum, keluhan-keluhan yang saya hadapi setelah minum obat.

Ngobrol Sama Psikiater Sama Atau Beda Ya di Online dan Offline?

Seperti tebakan saya, dokter spesialis di alodokter ini pasti akan menyuruh kita ke dokter langganan. Tapi setidaknya ada beberapa informasi yang  berguna buat saya kalau saat ganti obat ada masa penyesuaian. Nah kebetulan masa penyesuaian tubuh saya dengan obat adalah dengan tidur yang lebih lama. Lalu penjelasan dokternya mungkin ada efek samping yang ditimbulkan oleh obat sehingga membuat saya menjadi lebih aktif dan bermimpi.

Kalau dibandingkan ngobrol dengan psikiater di RS jelas beda banget. Pastinya dokter di RS ngasi terapi kalau emang butuh. Ngasih feedback juga sama keluhan kita, sambil membantu mengurai masalah kita. Yang pastinya bisa ngasih obat. Untuk kasus saya, obatnya itu seperti eksperimen. Dokter dan pasien kerjasama. Dosis obat bisa dinaikan atau diturunkan. Diganti, atau bahkan digunakan terus selama bertahun-tahun asal cocok. Ngetesnya juga bulanan. Jadi nggak singkat, beda banget kaya kamu sakit pilek, seminggu sembuh. Kalau gangguan mental ini obatnya berkelanjutan. Dan yang paling penting, psikiater itu kaya nyari jodoh. Cocok-cocokan. Ada psikiater yang mau dengerin cerita kita dan berempati. Ada yang ngasi resep doang dan kurang empati. Oh ya kalo dokter di alodokter udah pasti nggak bisa ngasih obat.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya bagi saya aplikasi alodokter chat bersama dokter ini sih cuma sekedar menenangkan aja ya. Kamu ga bakalan dapet jawaban yang lebih detail. Untuk kasus saya sih cuma sekedar tanya-tanya aja lah. Tapi tanya-tanya di sini lebih bener ketimbang kita googling sendiri di google. Di google itu terlalu banyak informasi, bisa-bisa sih kita sakit pusing langsung self diagnose kanker otak. Kan bodoh namanya. Jadi menurut saya aplikasi alodokter ini cukup informatif untuk sekedar pertanyaan-pertanyaan ringan. Kalau sudah berat pasti dirujuk ke dokter langganan/rumah sakit untuk diobservasi lebih lanjut.

Untuk harga, 15 ribu dengan chatt sekitar 45 menit terjangkau buat saya. Pembayaran pun mudah, bisa pakai gopay. Dokternya juga ramah. Namun ya itu tadi, agak lama balesnya. Mungkin dia melayani beberapa chat dalam satu waktu atau emang beneran lama ngetiknya. Sebagai user, saya bisa bilang pengalaman saya menggunakan alodokter sedikit lebih baik daripada pengalaman saya konsultasi psikolog halodoc.

One comment

  1. Haha, pengalaman nih waktu browsing panik sendiri dan akhirnya langsung ke dokter aja. Tapi ya ngumpulin nyali dulu.
    Nice share, Nez! Gue baru tahu kalau psikiater pun ada yang kurang empati. Stigma yang merebak di masyarakat kita perlu diperbaiki nih kayaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.