Riset Hashtag Instagram Untuk Menambah Interaksi dan Follower

Instagram merupakan salah satu sosial media yang sekarang banyak dipakai oleh penduduk Indonesia. Wajar jika banyak pemilik brand, online shop, dan influencer berlomba-lomba membangun akun instagramnya agar tetap eksis di instagram. Untuk tetap eksis di instagram bisa menggunakan iklan dan dengan cara organik. Kali ini saya ingin membahas riset hashtag instagram agar akun instagram kita menjangkau lebih banyak orang.

Berdasarkan data dari we are social, per Januari 2020 jumlah pengguna instagram menempati peringkat ke-4. Whatsapp, facebook dan instagram adalah produk milik facebook yang produknya adalah sosial media. Sedangkan Youtube adalah layanan video online yang dimiliki oleh Google.

instagram indonesia 2020

Asal Mula Hashtag

Sebelum ada instagram, hashtag itu awalnya dari twitter. Saya masih ingat ketika jaman saya kuliah, orang-orang mulai memakai twitter untuk bersosial media. Hashtag di twitter pada awalnya digunakan untuk mengelompokan topik pembicaraan yang ada di twitter.

Di twitter sendiri sekarang hashtag ini lebih sering digunakan oleh brand dan kelompok tertentu untuk menciptakan trending topik. Semakin banyak orang membicarakan topik itu, maka hashtagnya akan naik peringkat sehingga menjadi viral dan dibicarakan oleh orang-orang yang ada di twitter.

Hashtag di Instagram

Di instagram hashtag pun juga sama untuk mengelompokan topik-topik tertentu. Orang jadi lebih mudah untuk menemukan suatu topik yang sesuai minat mereka. Di instagram kita pun bisa mengikuti hashtag tertentu, sehingga bila kita bisa mendapatkan konten sesuai minat. Oleh sebab itu penggunaan hashtag bisa menambah jangkauan orang yang melihat postingan foto atau video kita.

Jika memang postingan kita bermanfaat, dan relevan dengan pengunjung akun instagram mereka maka mereka bisa menjadi follower kita atau bahkan menyebarkan postingan kita di akun mereka. Hal ini yang membuat postingan kita bisa menjadi viral.

Instagram mirip seperti google. Kita bisa mencari foto atau video dengan mengetikan hashtag tertentu. Namun instagram search tidak bisa mencari postingan feed atau video. Jadi hanya hashtag yang bisa dimanfaatkan oleh kita untuk mendapatkan foto atau video. Jadi apabila kita tidak menggunakan hashtag, tentu saja kita kehilangan kesempatan untuk ditemukan oleh calon followers instagram.

Maksimal Hashtag

Tidak ada batasan minimum jumlah hashtag yang bisa kita pasang, namun ada batasan maksimum hashtag yang diinfokan oleh instagram. Maksimal hashtag di dalam sebuah postingan adalah 30 hashtag. Setiap postingan yang satu dengan yang lainnya tidak boleh sama karena bisa dianggap spamming hashtag oleh instagram. Gunakan hashtag yang relevan dengan postingan kita. Agar lebih rapih sebaiknya posting hashtag di kolom komentar pertama.

Baca juga : Cara Jualan di Instagram

Cara Riset Hashtag Instagram

Pikirkan hashtag yang relevan dengan postingan

Saya akan memberi contoh gambar, nanti akan kita bahas bersama ya kira-kira hashtag apa yang relevan dengan gambar tersebut.

travelling

Apa yang terlintas dengan gambar di atas? kalau saya sih yang terpikirkan adalah liburan, pegunungan, travelling, alam. Nah, maka kata-kata ini bisa menjadi ide untuk hashtag foto yang saya posting.

Bagaimana dengan akun instagram Anda? Ini langkah brainstormingnya.

Coba lihat dari sisi objek apa yang diposting, momennya apa, manfaat dari produk, siapa yang akan melihat. Hal ini perlu digali agar post dapat ditemukan oleh follower yang mencari suatu hashtag. Kira-kira kalau sebagai follower pas ingin cari foto itu kira-kira ngetik apa ya di kotak search instagram.

Baca juga : Contoh Caption Jualan Di Instagram

Riset di pencarian instagram

Saya akan mencontohkan bagaimana cara riset di kotak pencarian instagram. Jadi berdasarkan studi kasus di atas saya memutuskan untuk riset hashtag seputar travel.

riset instagram

Namun untuk #travel ada 499.337.522 post, banyak banget kan. Maka dari itu untuk hashtag dibedakan menjadi dua. High density dan low density.

High density itu adalah hashtag yang memiliki persaingan tinggi post nya. Untuk bisa dikategorikan sebagai high density post itu adalah hashtag dengan postingan lebih dari 500.000 post. Untuk low density postingan hashtag yang kurang dari 500.000 post.

Kita bisa memanfaatkan 30 hashtag untuk optimasi postingan kita. Kita bisa membagi hashtag postingan menjadi 50-30-20. Jadi 50% hashtag menggunakan hashtag high density, 30 % low density, dan 20 % branded hashtag.

Branded hashtag itu adalah hashtag yang khusus dibuat unik untuk kita. Misalnya saja nama brand kita, atau nama brand dan lokasi. Contoh : #helloinez #helloinezjakarta dsbg.

Jadi bila kita konversikan maka ada 15 hashtag high density, 9 hashtag low density, dan 6 hashtag branded. Menggunakan low density hashtag lebih mudah untuk dapat top post, sedangkan menggunakan high density hashtag untuk meningkatkan reach dari post.

Jenis Hashtag Yang Bisa Dipakai

Community Hashtag

Ada banyak sekali hashtag yang bisa dipakai berkaitan dengan komunitas

Contoh : #komunitasbisnis, #komunitasparenting, #komunitasstartup dsbg.

Hashtag Brand

Untuk hashtag brand bisa ambil dari brand-brand ternama, lalu bisa kita ambil contoh related hashtagnya untuk hashtag yang relevan dengan bisnis kita.

related hashtag

Descriptive Hashtag

Hashtag ini merupakan hashtag yang menjelaskan deskripsi kegiatan

Contoh: #Jalanjalan,#makanenak,#laripagi, #kulinerjakarta, #masak

Product Descriptive Hashtag

Hashtag ini merupakan hashtag yang menjelaskan produk

Contoh : #bajuwanita, #sendalanak, #kacamatahitam , #legginganak

Niche Hashtag

Hashtag ini merupakan hashtag yang menarget niche atau interest tertentu

Contoh : #penaribali, #penyanyicafe, #backpackerjakarta

Location Hashtag

Hashtag ini merupakan hashtag yang menarget lokasi atau destinasi tertentu

Contoh : #ancol #bali #monas

Kita juga bisa meniru hashtag yang digunakan oleh kompetitor ataupun selebgram selama hashtag itu masih relevan dengan bisnis kita. Selain itu kita juga bisa mengecek hashtag yang ada pada top post dan bisa menirunya dan tentunya disesuaikan dulu apakah hashtag itu relevan dengan bisnis kita atau tidak.

Instagram marketing merupakan salah satu bagian kecil dari digital marketing. Bila kita belum memiliki pengalaman yang mumpuni untuk beralih ke digital marketing, kita bisa menggunakan jasa best digital marketing agency. Misalnya saja dengan menggunakan jasa digital agency jakarta kita bisa mendapatkan konten yang menarik untuk instagram kita selama periode waktu tertentu sesuai kontrak. Selain itu digital agency juga membantu brand activation secara online bagi produk UMKM, tentunya dengan budget yang disesuaikan dengan kemampuan. Jadi daripada fokus untuk hal yang belum dikuasai, lebih baik serahkan kepada ahlinya, pemilik UMKM fokus pada bisnis dan operasional usahanya.

Semoga artikel cara riset hashtag instagram ini memberikan manfaat untuk teman-teman semua. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.