Arti PO Dalam Bisnis Online

Sering kali kita menemukan beberapa istilah asing ketika memulai bisnis online. Istilah tersebut sering diucapkan oleh pelaku bisnis online. Misalnya arti PO dalam bisnis online, tidak semua orang memahaminya. Untuk PO sendiri ada beberapa arti tergantung konteks pembicaraannya.

Bisnis online sendiri pun sudah semakin berkembang dari tahun ke tahun. Namun istilah PO ini sudah ada sejak saya memulai bisnis online tahun 2010. Saya pernah membeli barang PO, mendapatkan PO, ataupun melakukan PO. Pusing kan karena semua PO! Semuanya ini karena istilah PO memiliki konteks yang digunakan untuk singkatan tertentu.

Pre Order

Pre order ini adalah bisnis yang dimulai dengan pemesanan terlebih dahulu. Kenapa sih dibuat pemesanan dulu? Ada berbagai macam alasan. Biasanya penjual ini ingin sekalian kerjanya. Misalnya si penjual adalah pengusaha makanan. Maka untuk menekan biaya produksi, dia menerapkan sistem pre order agar sekali produksi menghasilkan banyak makanan.

Berapa lama sih pre order itu? Ini kembali ke si penjual, berapa lama dia mau buka orderan. Biasanya dia memberikan batasan waktu 1-7 hari.

Selain makanan, biasanya penjual online menggunakan pre order ini untuk menjual barang yang dia beli dari luar negri. Jadi si pembeli memesan dulu dan membayar sejumlah uang, lalu barang akan dikirimkan setelah barang dari luar negri sudah sampai di Indonesia. Ada beberapa marketplace menerapkan sistem pre order ini misalnya tokopedia.

Contoh lainnya juga misalnya ada orang yang sedang liburan ke Thailand, lalu dia membuka PO Bangkok di akun sosial medianya. Jadi dia menjual barang-barang dari Thailand yang nantinya akan dibuat sistem pre order lalu nanti akan ada pembeli yang akan memesan. Jika sudah sampai di Indonesia akan dikirimkan ke masing-masing alamat pembeli.

PO yang seperti ini pernah saya lakukan ketika ada seseorang yang rutin bolak-balik ke Jakarta Singapura. Kebetulan saya membutuhkan obat oles yang tidak dijual di Indonesia. Saya membayar terlebih dahulu barangnya lalu menambah ongkos kirim dari rumah penjual ke Jakarta.

Contoh lain misalnya dari brand ternama handphone yang akan rilis, untuk membelinya harus menggunakan pre order agar bisa mendapatkan bonus menarik dan mendaftar di cabang resmi.

Sebaiknya berhati-hati untuk membeli barang pre order. Gunakan marketplace untuk transaksi yang lebih aman. Jika ingin membeli di sosial media pastikan akun tersebut memiliki rekam jejak yang baik dan testimoni real.

Purchase Order

Di dalam dunia bisnis online, purchase itu adalah nomer pembelian. Jadi misalnya kita membeli di marketplace sebuah barang maka apabila kita sudah membayar maka otomatis akan mendapatkan purchase order. Purchase order ini biasanya digunakan untuk bertanya kepada penjual mengenai transaksi. Karena pengiriman ada banyak maka no pembelian ini akan sangat membantu penjual untuk melacak pembelian yang dilakukan oleh pembeli. Sebaiknya simpan baik-baik no pembelian ini sebelum transaksi selesai. Jadi andaikan ada barang yang ingin ditukar, komplain, maka pembeli bisa merujuk ke nomer pembelian kepada penjual.

Pay Out

Pay out sendiri bila diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia adalah pembayaran. Nah pembayaran apa sih yang dimaksud. Kalau dalam konteks bisnis online adalah pembayaran yang dilakukan oleh marketplace kepada si penjual. Seperti yang kita ketahui sistem berjualan di marketplace adalah pembeli membayar ke market place untuk barang yang dibeli. Penjual mengirimkan barang. Setelah barang sampai ke pembeli dan tidak ada komplain maka pembeli bisa konfirmasi selesai atau transaksi selesai dalam batas waktu 2-3 hari. Uang yang dari pembeli ini akan diteruskan ke penjual yang disebut payout. Uang ini bisa ditarik sewaktu-waktu oleh penjual dan diproses pada hari kerja.

Saya pun mengerti istilah-istilah ini ketika terjun langsung dalam bisnis online. Baik sebaik pembeli maupun sebagai penjual. Umumnya istilah PO sendiri biasanya dipakai pada transaksi online.

Semoga informasi mengenai PO ini bisa menambah wawasan teman-teman mengenai bisnis online. Arti PO dalam bisnis online memiliki konteks yang berbeda-beda. Apabila sudah mengerti bagaimana menggunakannya maka akan lebih mudah bagi kita untuk memahami artinya. Selalu gunakan metode transaksi yang aman untuk melakukan transaksi online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.