Review Konsultasi Dokter Kulit Online di Halodoc

Kali ini saya mau mereview kembali bagaimana pengalaman saya konsultasi dokter kulit di halodoc. Sebelumnya saya sudah pernah memiliki masalah dengan kulit dan konsultasi di dokter spesialisasi kulit di RS Carolus. Antriannya lumayan panjang. Kira-kira 1 jam lebih saya nunggunya. Dokternya lumayan laris manis dan banyak pasiennya.

Flek Akibat Paparan Sinar Matahari

Waktu itu saya lupa pakai sarung tangan saat naik motor di siang hari sekitar jam 2 an. Panasnya terik banget. Akhirnya tangan saya sunburn dong! Merah merona dan perih. Saya coba oleskan aloevera. Sunburn membaik sih, tapi beberapa hari kemudian muncul bercah hitam lumayan luas di tangan kiri saya. Seperti luka bakar kena api, padahal luka bakar ini disebabkan sinar matahari.

Butuh waktu 3 bulan untuk menyembuhkan luka bakar ini. Walau tidak sepenuhnya hilang, bekas lukanya sudah memudar dan hampir sama dengan warna kulit saya. Dokternya mewanti-wanti saya untuk selalu memakai sunscreen ketika berada di luar ruangan, terutama pada saat siang hari. Beliau juga bercanda agar saya naik mobil saja jangan naik motor. Ya kali dok… beli mobil dulu supaya gak kebakar kulitnya.

Baca juga : Konsultasi gizi online

Sunburn Karena Tidak Pakai Jaket

Kejadian luka bakar terkena sinar matahari terulang kembali. Saat hari Sabtu saya pergi ke rumah teman jam 10.30 pagi, lalu balik jam 12.00 tanpa menggunakan jaket. Saya naik motor kira-kira 30 menit berangkat dan 30 menit balik. Selama 1 jam saya terpapar sinar matahari langsung.

Hasilnya lengan kiri dan kanan saya yang menghadap matahari terkena sunburn. Saya lalu mengompresnya dengan aloevera untuk sunburn nya. Kulit saya merah sekali saat itu. Beberapa hari kemudian, mungkin sekitar 2 atau 3 hari. Kulit saya ada bercak merah banyak sekali seperti campak. Tapi gatal banget! Anehnya hanya kulit lengan sebelah kanan, yang kiri tidak.

Konsultasi Dokter Kulit Halodoc

Setelah saya tunggu 2 hari dan tidak membaik akhirnya saya kontak halodoc. Di aplikasi halodoc ada dokter kulit yang bisa saya tanya-tanya untuk masalah kulit saya. Sebenarnya sih saya udah tahu kayanya bakalan didiagnosa karena terbakar matahari. Namun untuk menegakkan diagnosa mending langsung tanya sama dokter aja.

Baca juga : Konsultasi psikolog halodoc

Konsultasi dokter kulit di halodoc cukup cepat. Kira-kira gak sampai 1 menit udah dapet dokter spesialis yang jawabin chat kita. Dokternya udah bapak-bapak kalo dari fotonya sih. Dia nanya badan panas gak. Gatal gak. Terus saya cerita deh abis sunburn, sambil nunjukkin foto. Akhirnya dia kasih tahu kalo itu flek karena paparan sinar matahari. Saya dikasih resep salep yang bisa langsung diorder dari aplikasi.

Semudah itu konsultasi dokter kulit. Bayarnya juga murah, cuma Rp 30.000 saja! Kalau dibandingin saya ke rumah sakit ngantri panjang, bayarnya lebih mahal ya oke sih. Dokternya kasih notes sih, kalau 10 hari gak membaik disuruh ke RS konsul dokter spesialis.

Ya kalau masalahnya yang ringan-ringan kayanya oke sih pakai aplikasi telemedicine kaya gini. Apalagi pas covid-19 ini orang juga suka serem sendiri pergi ke rumah sakit.

Sekian dulu review saya konsultasi dokter kulit di halodoc. Semoga informasi ini membantu teman-teman semua!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.