Mengenal Beberapa Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

Bayi perlu mendapatkan perhatian yang sangat ekstra dari orang tua. Hal tersebut karena bayi tentunya belum bisa melakukan berbagai hal sendiri. Sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Mulai dari makan, minum, mandi, dan juga berbagai hal lainnya. Oleh karena itulah orang tua dan juga keluarga harus telaten dan sabar untuk mengurus bayi. Kulit bayi juga masih sangat sensitif sehingga biasanya akan membuatnya mengalami masalah seperti ruam popok.

Masalah ruam popok akan membuat orang tua khawatir. Karena bisa membuat kulitnya kemerahan hingga juga menimbulkan alergi. Oleh karena itulah bisa untuk mengatasi ruam popok tersebut agar kondisinya tidak bertambah parah. Sebelum mengatasinya, orang tua juga perlu mengetahui mengenai penyebab terjadinya ruam popok pada bayi.

Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

Berikut ini beberapa penyebab ruam popok pada bayi yang sering terjadi.

Popok yang Lembab

Penyebab pertama adalah karena popok yang lembab. Popok harus sering diganti terutama untuk bayi yang baru lahir. Oleh karena itulah pastikan untuk mengganti popok dengan sering tergantung dari usia bayi. Karena apabila popok lembab yang sudah terisi penuh akan rentan membuat bayi mengalami ruam pada kulitnya.

Popok Terlalu Ketat

Penyebab selanjutnya adalah karena pemakaian popok yang terlalu ketat. Apabila memakai popok yang sering bergesekan dengan kulit bayi juga akan membuat ruam. Hal ini akan membuat iritasi, lecet, dan juga ruam pada kulit bayi.

Infeksi Bakteri dan Jamur

Penyebab ketiga adalah karena infeksi bakteri dan juga jamur karena pemakaian popok yang kurang tepat.

Menu MPASI

Penyebab terakhir adalah menu MPASI 6 bulan yang membuat bayi lebih mudah mengalami iritasi. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk mengetahui ruam pada kulit bayi

Dimana berdasarkan penyebabnya maka cara mengatasi ruam popok adalah:

  1. Pertama adalah dengan memilih popok yang tepat. Pilihlah popok yang mempunyai permukaan lembut dan karet elastis seperti dari produk Merries.
  2. Selanjutnya adalah dengan mengganti popok dengan rutin sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit.
  3. Terakhir adalah dengan memilih makanan pendamping yang berbeda agar membuat tinja lebih sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.