Cara Memulai Bisnis Online di Shopee

Banyak sekali orang yang mulai beralih bisnis online di masa pandemi seperti sekarang ini. Apakah bisnis online masih legit? Tentu saja! Setiap hari selalu saja ada pembeli baru yang menggunakan internet untuk mencari barang. Di internet banyak sekali iklan marketplace yang bertebaran. Misalnya saja marketplace yang belum lama ini muncul yaitu Shopee. Kali ini saya akan membahas cara memulai bisnis online di shopee.

Shopee adalah salah satu marketplace yang cukup besar mengeluarkan biaya promosi. Banyak lagunya yang familiar di tv, billboard dimana-mana, iklan di internet, youtube dan sebagainya juga membuat banyak orang mulai ingat akan brand shopee. Apalagi ditambah lagi dengan program gratis ongkir yang membuat orang semakin tertarik untuk belanja di shopee.

Lakukan Riset Produk

Untuk memulai berjualan kita harus menentukan dulu produk apa yang mau dijual. Misalnya saja mau mulai di fashion pria, fashion wanita atau kecantikan. Coba dilihat-lihat di marketplace shopee atau marketplace tokopedia. Apakah produk tersebut laku? Jika laku produk yang seperti apa yang laku? Harganya ada di kisaran berapa?

Cara melakukan riset di shopee

Buka www.shopee.co.id lalu pilih kategori atau kata kunci yang diinginkan.riset produk laris shopee

Misalnya seperti gambar di atas saya mencari dengan kata kunci hijab, lalu urutkan berdasarkan pencarian. Maka produk yang muncul adalah produk-produk terlaris di shopee.

Jika memang ingin menjual produk sendiri maka bisa meniru model yang dikeluarkan kompetitor atau misalnya ingin menjadi reseller bisa gunakan data tersebut untuk menjadi referensi supplier. Pastikan harga harus kompetitif bila ingin bermain di niche fashion hijab seperti ini karena penjual yang ada di marketplace banyak sekali.

Untuk foto produk yang ada tulisan “iklan” di pojok kanan bawah sebaiknya diabaikan karena mereka hanyalah beriklan dengan kata kunci hijab. Jadi belum tentu produknya adalah produk terlaris.

Buat Akun Shopee

Untuk membuat akun shopee bisa install aplikasi dari playstore. Bisa diakses di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopee.id

cara daftar shopee

Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, klik daftar. Tampilan berikutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.