Jangan Anggap Sepele Penyakit Diare

Diare adalah penyakit yang sering dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Namun seringkali banyak orang yang menganggap sepele penyakit diare ini. Padahal ketika diare banyak cairan tubuh yang keluar. Bila sudah berhari-hari diare bisa terjadi dehidrasi dan membahayakan keselamatan. Mengatasi diare yang parah perlu menjalani rawat inap, misalnya saja dirawat di Mitra Keluarga Surabaya.

Pengalaman Diare

Saya pernah mengalami diare parah beberapa tahun yang lalu. Saat itu nampaknya saya keracunan makanan setelah selesai dari resepsi pernikahan. Kemungkinan makanan yang disediakan tidak higienis jadi kami sekeluarga muntah dan diare.

Saat itu saya diare lebih dari 10 kali. Badan terasa lemas dan kepala pusing. Akhirnya saya pergi ke dokter untuk berobat. Dokter saat itu meresepkan beberapa obat yaitu obat untuk memadatkan feses, antibiotik untuk pencernaan dan obat untuk mulas perut.

Bayangkan saja dalam sehari saya diare lebih dari 10 kali. Untungnya ketika diare saya minum cairan yang cukup, jadi tidak dehidrasi. Banyak cairan tubuh saya yang terbuang karena diare dan muntah.

Penyebab Diare

Alergi Makanan

Penyebab Diare bermacam-macam. Misalnya saja ada alergi dengan makanan. Saya pernah nih mengalaminya. Jadi ada makanan yang tidak cocok lalu saya diare.

Makanan Tercemar Bakteri atau Virus

Penyebab diare berikutnya karena makanan yang dikonsumsi itu kotor. Kalau makan di luar seringkali kita tidak tahu apakah makanan tersebut higienis tidak. Peralatan memasak dan piring dicuciĀ  dengan baik tidak? Dihinggapi lalat kah? Kebayang kan kalau makanan dihinggapi lalat trus lalatnya habis mampir ke tong sampah. Bakteri ikut terbawa ke kaki lalat dan hinggap di makanan.

Intoleransi Zat Makanan

Maksudnya intoleransi ini tubuh kita kadang ada aja yang gak cocok sama makanan yang mengandung laktosa atau fruktosa.

Infeksi Usus

Bila terjadi infeksi usus maka bisa menimbulkan diare. Usus yang tidak bekerja dengan baik tidak dapat menyerap makanan dengan optimal sehingga feses yang dikeluarkan berupa cairan.

Efek Samping Obat

Kadang ada efek samping obat tertentu yang menyebabkan diare. Tentunya efek samping ini berbeda-beda tiap individu. Konsultasikan ke dokter bila obat yang dikonsumsi menimbulkan diare.

Penyakit Lainnya

Diare juga bisa jadi disebabkan oleh penyakit lain. Misalnya saja sakit maag bisa membuat jadi diare, dan penyakit lainnya. Dokter memerlukan observasi untuk menegakkan diagnosa.

Baca juga : Konsultasi Gizi Online Lewat halodoc

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Diare?

1. Meminum obat seperti diatabs atau norit. Jika diare lebih dari 3 kali bisa segera ke dokter. Jangan meminum obat antibiotik sembarangan tanpa resep dokter.

2. Meminum cairan secara berkala setiap buang air. Bisa minum seperti pocari sweat atau larutan oralit.

3. Tidak makan sayuran, hanya konsumsi bubur. Usus sedang tidak berfungsi dengan baik, jadi untuk mengurangi kerja usus makan bubur dulu.

Bila terjadi dehidrasi parah yang mengakibatkan pingsan tidak sadarkan diri serta kejang-kejang sebaiknya segera bawa ke rumah sakit. Di rumah sakit penanganan bisa dilakukan secara komprehensif.

RS Mitra Keluarga Surabaya

Saya merekomendasikan bagi teman-teman yang ada dalam situasi gawat darurat bisa langsung berobat ke RS Mitra Keluarga Surabaya. Di RS Mitra Keluarga Surabaya penanganan sangat baik dan memiliki peralatan yang lengkap.

RS Mitra Surabaya berdiri sejak 2 Oktober 1988. RS Mitra Surabaya terletak di Jl. Satelit Indah II, Tanjungsari, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY, Jawa Timur. RS Mitra Surabaya merupakan bagian dari Mitra Keluarga Grup.

Poliklinik RS Mitra Keluarga Surabaya

RS Mitra Keluarga Surabaya memiliki banyak poliklinik di antaranya :

1. Poliklinik Bedah

2. Poliklinik Jantung dan Pembuluh darah

3. Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin

4. Poliklinik Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi ( Paru )

5. Poliklinik Syaraf

6. Dokter Umum

7. Poliklinik Anak

8. Poliklinik Andrologi

9. Poliklinik Gizi

10. Poliklinik Mata

11. Poliklinik Penyakit Dalam

12. Poliklinik Kedokteran Jiwa atau Psikiatri

13. Poliklinik Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

14. Poliklinik Telinga, Hidung dan Tenggorokan

15. Poliklinik Kandungan dan Kebidanan ( Obgyn )

Layanan Unggulan RS Mitra Keluarga Surabaya

Ada beberapa layanan unggulan RS Mitra Keluarga Surabaya antara lain:

1. Bonedensinometeri

2. MRI

3. CT Scan

4. Mammografi

5. Angiografi

6. Brain & Spine Center

7. Endoskopi

8. USD 4 G

Fasilitas RS Mitra Keluarga Surabaya

1. Farmasi

2. Instalasi Gizi

3. Ambulans

4. Instalasi bedah

5. Instalasi rawat inap

6. Instalasi fisioterapi

7. ATM

8. Instalasi Laboratorium

9. Area Parkir

10. Unit Perawatan intensif

11. Bank darah

12. Instalasi bersalin

13. Instalasi endoskopi

14. Instalasi rawat jalan

15. Kantin

16. Mushola

17. Medical Checkup

18. Unit Gawat Darurat

19. Instalasi Gawat Darurat

20. Home Care

Halodoc Aplikasi Telemedicine Indonesia

Di tengah situasi pandemic Covid-19 seperti sekarang ini rasanya untuk pergi ke rumah sakit sangatlah beresiko. Bila ingin konsultasi ringan mengenai keluhan yang dialami kita bisa chat dengan dokter di aplikasi halodoc ini.

Chat bersama dokter di Halodoc sangatlah membantu ketenangan hati dan pikiran. Kita pun tidak perlu jauh-jauh pergi ke RS bila keluhannya tidak terlalu parah. Misalnya saja ingin bertanya singkat seputar mengatasi diare, tentu dokter di Halodoc menjawab dengan senang hati. Namun sekali lagi, ini hanya keluhan dan konsultasi ringan. Bila ada permasalahan yang membutuhkan penanganan lebih serius, tetap harus ke rumah sakit untuk observasi lebih lanjut lagi.

 

 

 

10 comments

  1. Alhamdulillah, kalau kena diare saya suka minum teh pait, sepait yang bisa dibikin. “Bocor”-nya cepet berhenti ^_^
    Untuk recovery sama, makan bubur.

  2. Kalo anak-anak diare, selain air kelapa saya suka juga memberi zinc buat mereka mba Inez. Biasanya lumayan ampuh memadatkan feses.

    1. Kalau anak anak diare biasanya tak kasi minum yang banyak dan makan pisang untuk memadatkan fesesnya.
      Biasanya sih ampuh ya.
      Kalau dah lebih dari tiga kali ada stok obat diare untuk anak yang direkomendasiin dokter anak langganan.
      Tapi kalo emaknya diare, malah seneng, bayangannya ‘wah jadi kurus nih’ kwkwkwkwkwkwk

  3. Bener banget, Mba. Efek diare itu luar biasa. Pas saya hamil anak kedua kayaknya keracunan makanan karena langsung diare habis makan mie dari kantin. Itu efeknya luar biasa. Lemes, ga enak makan, terasa pahit dll

  4. Saya pernah diarenya memang parah dan terpaksa ke RS, beberapa jam di UGD. Stelah dapat infus dan terhidrasi dibolehkan pulang. memang kita enggak boleh anggap sepele diare

  5. Masalah diare ini memang sering saya alami, Mbak. Dan itu sering, bila saya melanggar makan makanan terlalu pedas, di atas level standar keepdasan saya hehehe. Selain itu, kalau masuk angin, saya otomatis juga mules. Tapi saya pernah dalam suatu ketika itu mengalami diare yang laur biasa. Dalam sehari itu saya ke kamar mandi 25 kali mungkin. Sebabnya saya habis ngebolang naik motor, Kayaknya masuk angin dan salah makan juga.

  6. Kelihatannya sepele,,tapi diare ini bisa mengancam jiwa. Apalagi jika penderita masih anak-anak dan mengalami dehidrasi. Kalau saya pertolongan pertama adalah oralit. Kalau tidak membaik baru ke dokter. Untung di masa pandemi ini ada layanan halodoc ya. Jadi bisa konsultasi dan pesan obat dari rumah saja

  7. Kalau udah diare badan saya jadi lemes dan paling malesnya udah bolak balik kamar mandi. Makanya skrng karena usia udh ga muda lagi saya mesti hati-hati kalau jajan di luar. sebisa mungkin cari yang higienis

  8. Bener banget Kak, meski diare katanya penyakit desa, tapi kalau udah menyerang bikin repot semua orang. Mending jaga kesehatan saja daripada diare.

  9. Halodoc ini rekomen sih ya kak. Soalnya pilihannya juga banyak, konsul dengan dokter juga enak, realtime bisa langsung dan pilih sendiri dokternya.
    Btw, ternyata kalo lagi diare malah tidak disarankan makan sayuran yaaa… Aku baru tahu hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.