Apa Itu Stroke Ringan

Ketika bulan Maret 2020 om saya yang di Lampung meninggal karena stroke. Hal ini menjadi warning buat saya untuk mengenal lebih dalam apa itu stroke. Ditambah lagi seminggu sebelum om saya meninggal dunia, kakak sepupu saya mengalami stroke ringan. Apa itu stroke ringan? Akan saya ceritakan ya.

Pengalaman Kakak Sepupu Stroke Ringan

Hari itu usai melayat dari Bandung, dalam perjalanan pulang kakak sepupu saya bercerita bahwa dia terkena stroke ringan seminggu sebelum Om yang di Lampung meninggal. Jadi ceritanya dia lagi mau naik motor kakinya tiba-tiba lemas dan tidak bisa digerakkan. Usianya kalau tidak salah sudah 50 an. Kebetulan ada orang di dekat dia, langsung segera ditanyakan apakah di muka ada keanehan? Seperti misalnya wajah tidak simetris, salah satu bagian muka turun. Dan jawabannya ya, ada bentuk muka yang tidak simetris.

Tanpa berpikir panjang, sepupu saya langsung meminta orang tersebut untuk segera membawanya ke rumah sakit. Sampai di sana langsung dirawat inap selama seminggu. Hasil dari observasi dokter bahwa kakak sepupu saya mengalami stroke ringan.

Puji Tuhan stroke ringan ini bisa segera diobati dan kakak sepupu saya kembali seperti normal. Namun yang menjadi sorotan dari dokter adalah rokoknya harus berhenti. Saya tidak tahu pasti berapa bungkus rokok kakak sepupu saya ini konsumsi tiap harinya. Rokok memiliki kontribusi dari stroke ringan yang dia hadapi.

Baca juga : CERDIK mencegah penyakit ginjal

Pengalaman Teman Kena Stroke Ringan

Saya juga memiliki seorang teman yang mengalami pengalaman stroke ringan. Suatu ketika dia membeli bakso sapi, namun minta tetelan sapi yang banyak. Dia bercerita kalau dia dapat semangkuk tetelan sapi dan habis sama dia. Tidak lama setelah mengkonsumsi tetelan sapi tersebut dia mendapat serangan stroke ringan. Lehernya tidak bisa digerakkan dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk diobati. Badannya saat itu memang gemuk dan kurang menjaga pola makan, sehingga makanan dengan kolesterol tinggi dikonsumsi. Lemak sapi memiliki kolesterol yang tinggi, apalagi satu mangkok dihabiskan sendirian.

Apa Itu Stroke Ringan

Dalam bahasa medis stroke ringan disebut sebagai serangan iskemik sesaat. Kalau dalam bahasa inggrisnya disebut Transient Ischaemic Attack. Penyebabnya karena ada halangan aliran darah ke otak sehingga menyebabkan stroke ringan.

Gejala Stroke Ringan

Apa yang dialami oleh kakak sepupu saya merupakan gejala stroke ringan, yaitu terjadi kelemahan otot wajah, muka terlihat tidak simetris karena ada yang turun, tidak bisa senyum, mengerutkan dahi, mata atau mulut yang turun.

Anggota gerak tubuh yang terasa lemas atau mati rasa pada salah satu sisi. Kemampuan bicara yang cadel atau tidak terdengar dengan jelas. Pandangan mata yang kurang jelas, bisa salah satu atau keduanya.

Bisa juga gejalanya seperti kesemutan pada bagian tubuh yang terganggu. Seperti pada wajah, lengan, tungkai. Sakit kepala atau pusing juga merupakan gejala stroke ringan.

Faktor Resiko Stroke Ringan

Stroke ringan merupakan penyakit tidak menular. Namun ada faktor resiko yang membuat stroke ringan ini bisa menyerang seseorang. Misalnya saja orang tersebut memiliki penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes. Orang yang memiliki kolesterol tinggi juga berpotensi mengalami stroke ringan. Hindari rokok dan minuman beralkohol karena keduanya bisa meningkatkan faktor resiko terkena stroke ringan.

Baca juga : CERDIK mencegah penyakit tidak menular

Bila sekiranya kita mengalami gejala seperti demikian segera hubungi orang terdekat di lokasi atau keluarga untuk membawa ke rumah sakit. Sebaiknya tidak mendiagnosa diri sendiri, namun tidak menganggap sepele stroke ringan.

Olahraga teratur, tidur yang cukup, mengelola stress, makan yang bergizi dan menghindari gorengan serta makanan berlemak bisa membantu untuk menurunkan resiko terkena stroke ringan.

Demikianlah pengalaman dari keluarga dan teman saya seputar apa itu stroke ringan. Semoga bisa menjadi pelajaran dan bahan refleksi bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.