Tutorial Cek Ranking Website Dengan WhatsMySerp Terbaru

Apakah kamu masih manual cek ranking website dengan mengetik langsung di google? Apabila kita sudah mempelajari SEO on page dan SEO off page, pastinya penasaran dong apakah artikel kita sudah muncul di search engine google dengan keyword yang kita bidik? Apakah ada perkembangan ranking dari bulan per bulan? Kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara cek ranking website dengan whatsmyserp.

Apa sih whatsmyserp itu? whatsmyserp adalah situs gratis untuk cek ranking website kita untuk kata kunci tertentu. Bayangin aja kalau kamu punya ratusan artikel dengan membidik ratusan kata kunci dan mengecek manual satu-persatu. Pastinya repot dan capek ya. Nanti kalau sudah tahu website kita ada di halaman berapa, bisa kita optimasi untuk meningkatkan rankingnya.

Daftar Gratis Cek Ranking Website Dengan Whatsmyserp

Untuk menikmati fitur whatsmyserp kita bisa melakukan registrasi di www.whatsmyserp.com

cek ranking website dengan whatsmyserp

Setelah klik sign up maka kita akan diminta untuk mengisi data seperti ini.

cek ranking website dengan whatsmyserp

Nanti akan muncul konfirmasi ke email untuk verifikasi. Klik saja link nya.

Melacak Kata Kunci Ke Website Dengan Google Search Console

Berdasarkan data dari google webmaster tools ada kata kunci tertentu yang sudah saya bidik mendapat banyak diklik. Kemungkinan kata kunci ini muncul di halaman awal google. Tapi saya tidak tahu ada di urutan berapakah kata kunci tersebut. Oleh sebab itu, saya membutuhkan tools lagi untuk mengeceknya dengan whatsmyserp ini. Untuk google webmaster tools sendiri nanti akan saya bahas di artikel lainnya ya. Stay tuned!

Mengetahu Jumlah Traffic Ke Website Dengan Google Search Console

Dari gambar di atas saya ingin cek kata kunci “cara menggunakan uber suggest”, “manse tanjung duren”,”review manse korean grill”.

Cek Ranking Website

Sebelumnya saya pernah mengecek kata kunci tertentu, dan masih tersimpan di akun saya.

cek ranking website dengan whatsmyserp

Jadi kalau kalian mau cek websitenya, tinggal ketik nama domainnya, lalu pilih region mana. Karena website saya berbahasa Indonesia maka saya pilih Indonesia. Perhatikan yang di kotak merah. Itu adalah ranking awal beberapa bulan yang lalu. Kalau ingin cek sekaligus, bisa klik tombol check all.

cek ranking website dengan whatsmyserp

Berikut hasil terupdate per Desember 2018 untuk kata kunci “cara menggunakan uber suggest” dari halaman ke-2 google sudah jadi halaman ke-1. Untuk kata kunci “manse tanjung duren” dari halaman ke-39 menjadi halaman ke-7. Untuk kata kunci “review manse korean grill” dari halaman ke-3 menjadi halaman ke-1. Terjadi peningkatan dari waktu ke waktu.

Baca juga : Tutorialย Riset Keyword Menggunakan Ubersuggest

Untuk mencapai halaman ke-1 membutuhkan waktu, bahkan menurut teman saya yang bekerja di agency, kadang bisa membutuhkan waktu 6 bulan sampai 1 tahun untuk kata kunci yang pesaingnya banyak.

Demikianlah tutorial cek ranking website dengan whatsmyserp. Semoga tutorial ini membantu teman-teman dalam mengoptimasikan websitenya ya!

23 comments

  1. Salut untuk tulisan2 Kak Inez yang praktis dan jelas bermanfaat untuk pembacanya seperti whatsmyserp ini. Next time boleh ya, belajar langsung dari Kak Inez

  2. Wow, butuh 6 bulan s.d 1 tahun ya ternyata untuk nangkring di halaman pertama.

    Saya kagum dengan situs tr*bunnews.com, karena posting artikelnya dari berita apapun selalu saja ada di halaman pertama.

  3. Thanks Infonya Mba Inez. Membantu sekali untuk optimasi artikel yang terindex Google.

    Pernah ngecek juga ku di situ. Ternyata seneng ya kalau artikel Kita tuh bisa ada dihalaman Satu Google.

    #kunorak ๐Ÿ™‚

  4. Makasih kak inez.. selalu nulis info2 bermanfaat terkait optimasi blog.. walaupun saya orangnya suka bodo amat sama kata kunci.. wkwkwk.. suka males dasar.. ahahha

  5. wah keren nih nambah ilmu jadinya
    terima kasih sudah berbagi dan lanjut berkarya terus!!

    mampir juga ke blog saya ya kak, trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.