Kulineran Makanan Sehat di Jakarta Bersama Youvit

Kamu tahu gak sih ternyata banyak banget loh makanan sehat di Jakarta. Tanggal 19 Desember kemarin, saya dan teman-teman blogger diundang untuk kulineran makanan sehat. Sebelum pergi kulineran, kita diberikan pengetahuan nih soal nutrisi sama nutritionist dari Youvit yaitu Rachel Olsen.

Dengan mengangkat tema “Kuliner Lokal Buat Kamu Sehat” kita mendapatkan pengetahuan baru seputar gizi yang bisa didapat kalau kulineran makanan sehat di Jakarta.

Obesitas di Indonesia Meningkat

Menurut data yang dihimpun oleh Youvit, di Indonesia per tahun 2013 ada 14,8% yang mengalami obesitas, namun per tahun 2018 angka obesitas di Indonesia sudah ada di angka 21,8%. Angka ini naik signifikan dalam waktu 5 tahun. Terjadi pergeseran gaya hidup sejak adanya aplikasi online sehingga memudahkan memesan makanan. Bayangkan beberapa tahun yang lalu, tengah malam kelaparan. Butuh tenaga untuk keluar mencari makanan, atau butuh mengendarai kendaraan ke luar untuk mencari makanan yang buka saat tengah malam.

Sejak ada aplikasi ojek online, memesan tengah malam pun sangat mudah. Pelanggan dimanjakan dengan makanan siap saji yang diantar jam berapa pun. Makanan yang dipesan pun tinggi kalori dan lemak. Hal ini juga menyumbang kenaikan angka obesitas.

Mengenal Kebutuhan Kalori

Semua makanan yang kita makan mengandung kalori. Kebutuhan kalori masing-masing individu berbeda. Antara anak-anak, laki-laki dan perempuan dewasa pun berbeda. Untuk anak-anak kebutuhan kalori harian berkisar antara 1000-2000 kalori. Pria dewasa membutuhkan 2500 kalori. Kalau wanita membutuhkan 2000 kalori.

Nah, sekarang kamu sudah tahu nih takaran kalori ideal bagi tubuh kamu. Pernah gak kamu menghitung kalori yang kamu masukkan ke dalam tubuh kamu? Sebagai gambaran saja, ini adalah hitungan kalori per 100 gram dari makanan yang kamu makan. Untuk pisang 69 kcal, brokoli 34 kcal, daging sapi 250 kcal, ayam 110 kcal, mentega 717 kcal, nasi 130 kcal. Kebayang nggak sih kalau kita makan martabak manis? Dari tepung, telur, coklat, keju, kacang, mentega, dan susu kental manis. Itu semua tinggi kalori.  Kalau kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang kita bakar, pastinya nanti kalori itu akan menjadi lemak. Bila lemak ditumpuk secara terus-menerus bisa menjadi overweight dan obesitas.

Youvit Foodventure

Dalam foodventure kali ini saya dan teman-teman akan mencoba kuliner makanan sehat di Jakarta. Selain menikmati kulineran juga kita ada lomba food photography.

youvit foodventure

Seperti anak kekinian jaman now,kalau makan foto-foto dulu. Makanan sehat kali ini lumayan terkenal di daerah Jakarta Selatan.

Asinan Betawi Ibu Yenni

Asinan Ibu Yenni ini letaknya Jl. Lamandau IV No. 18, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebrang pasar burung Barito. Asinan ini udah lama banget. Dari sejak jaman saya kuliah sudah ada, tapi baru kali itu saya mencicipi asinan betawi Ibu Yenni. Asinan Betawi yang dihidangkan ini berbeda seperti asinan betawi pada umumnya, kuahnya asam segar tidak pakai kacang.

asinan betawi bu yenni

Asinan Betawi ini memiliki banyak nutrisi seperti tauge yang mengandung vitamin K, daun selada yang mengandung vitamin B3, kol yang mengandung vitamin C, wortel yang mengandung vitamin A dan kacang tanah yang mengandung vitamin E. Rasa asam, manis, dan pedasnya pas banget, jadi cocok banget buat bikin kamu seger lagi kalau ngantuk. Di atas asinan betawinya ditabur pakai kerupuk mie dan kerupuk merah.

asinan betawi bu yennie

Seger banget deh cocol kerupuknya ke kuah pedas asinan betawi. Ngetik ini sambil ngebayangin dan ngiler lagi nih. Sayur-sayuran yang ada di asinan betawi tersebut memberikan manfaat bagi lambung kita, yaitu menjaga kadar asam yang ada di dalam lambung. Untuk harganya murah aja. Cuma 18 ribu aja kok. Enak dan murah pokoknya!

Gado-Gado Boplo Panglima Polim

Beralih ke kuliner sehat berikutnya, letaknya nggak jauh dari lokasi pertama. Gado-gado Boplo ini udah ngehits banget dari dulu. Di dekat rumah sendiri pun ada yang jual gado-gado Boplo ini, tapi jujur sama sekali belum pernah beli. Karena di pemikiran saya, ah sama saja dimana-mana rasa gado-gado ya begitu saja. Akhirnya nyobain gado-gado Boplo dan memang rasanya enggak biasa. Bener-bener beda karena bumbu kacangnya ini dari kacang mete. Rasa kacangnya mirip seperti tekstur kacang tanah, tapi lebih enak. Rasa gado-gadonya pun pas, tidak terlalu manis.

Gado-gado boplo

Gado-gado ini banyak mengandung serat, bagus banget untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus kita. Sayuran yang ada di dalam gado-gado seperti kacang panjang juga mengandung vit K, jagung mengandung vit B kompleks, tempe mengandung kalsium, tahu mengandung zinc, kangkung mengandung zat besi, saos kacang mete mengandung vitamin E. Untuk harganya sekitar 40 ribu ++ ya.

Kembang Tahu

Sebagai penutup makanan, kita makan kembang tahu di Grand Lucky SCBD Kuningan. Saya udah lama banget nggak makan kembang tahu, mungkin terakhir kali makan waktu SD. Buat kalian yang nggak tahu kembang tahu itu apa, kembang tahu itu makanan yang dibuat dari kedelai. Teksturnya kaya puding tapi rasa kedelai. Kembang tahu ini biasanya dihidangkan dengan kuah jahe dan gula. Kembang tahu ini ngangenin, apalagi kalau lagi dingin karena hujan terus makan kembang tahu. Hangat banget di tenggorokan dan perut.

kembang tahu grand lucky

Kembang tahu sendiri ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu zat mangan. Untuk kuah jahenya, mengandung antioksidan dan antipasmodic. Jadi, kalau misalnya kita pegel-pegel karena habis berolahraga, asam laktat yang dihasilkan di otot itu yang menyebabkan pegel-pegel. Zat antipasmodic ini yang membantu tubuh untuk mengeluarkan asam laktat. Keren kan manfaat jahe!

Youvit Multivitamin Praktis

Apakah sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari? Belum tentu. Karena variasi sayur dan buah-buahan yang kita konsumsi belum tentu memenuhi seluruh kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh. Kita membutuhkan tambahan asupan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang kurang. Youvit merupakan multivitamin yang terdiri dari vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12,C, D, E dan 2 zat mineral penting yaitu Selenium dan Iodium. Untuk mengkonsumsi Youvit ini sangat praktis, tidak membutuhkan air. Cukup dikunyah karena bentuknya seperti permen kenyal. Saya suka banget rasanya yang mix berries. Youvit ini ada yang untuk anak-anak dan orang dewasa.

Bila ingin membeli Youvit, sekarang sudah tersedia di drugstore atau supermarket besar. Youvit juga bisa dibeli secara online di watson.co.id, bukalapak, elevania, lazada, dan blibli.com. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 15.900 untuk 1 sachet yang dapat dikonsumsi selama 7 hari. Dalam 1 gummy Youvit sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kita setiap hari. Yuk mulai konsumsi Youvit #1GummySetiapHari supaya kebutuhan vitamin dan mineralmu terpenuhi setiap hari.

 

 

6 comments

  1. Enak-enak banget makanannya mba, kepo ama kembang tahunya, soalnya saya belum pernah rasain sih hihihi.
    Gado-gadonya juga menarik, bikin lapar hehehe

    Btw, saya baru tau loh kalau Youvit itu bagus banget ya, banyak kandungan vitaminnya.
    Boleh nih kapan-kapan nyobain multivitamin ini 🙂

  2. Ooh Youvit ini dikunyah kayak permen ya. Ada untuk dewasa dan anak2. Terjangkau juga seminggu 1 strip harganya kisaran 16K. Jadi antara pria dan wanita kebutuhan kalorinya beda 500 ya, lebih banyak pria 😊

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.