Tokoh Yang Memberikan Inspirasi

Ketika hari ini topik mengenai siapakah tokoh yang memberikan inspirasi, saya langsung teringat ibu Sri Mulyani yang merupakan menteri keuangan Republik Indonesia.

Sejak di bangku kuliah saya sudah mengagumi ibu Sri Mulyani. Apalagi ketika saya belajar ekonomi makro, ilmu tersebut sangatlah kompleks. Kebijakan-kebijakan yang diambil sangat menentukan arah pertumbuhan ekonomi secara nasional. Kadang pengen jadi seperti beliau, ngimpi kali ya wkwk.

Beliau merupakan anak bangsa yang sangat berdedikasi kepada negeri. Srikandi Indonesia yang melakukan reformasi di kementrian keuangan yang beliau pilih.

Tak sampai di situ, di saat Indonesia di ambang krisis 2008, bertepatan dengan berpulangnya ibunda beliau. Saat itu sosok beliau dengan tegar tetap memimpin rapat. Saya sangat salut dengan beliau.

Dengan tangan dingin beliau Indonesia mampu mengalami pertumbuhan ekonomi di saat negara lain sedang mengalami masa krisis. Beliau juga mendapatkan penghargaan menteri keuangan terbaik dan diakui oleh negara lain.

Kebijakan lain yang tak kalah menggegerkan yang dibuat beliau adalah tax amnesty. Akhirnya dengan kebijakan beliau banyak konglomerat yang ikut melaporkan kekayaannya. Hal ini membuat kalang kabut negara sekitar karena banyak konglomerat Indonesia yang mengendapkan hartanya di negara lain.

Lalu di era Sri Mulyani juga Google dan Facebook bisa dikenakan pajak. Keren kan? Pajak ini nantinya akan kembali ke rakyat Indonesia dengan infrastruktur yang semakin berkembang.

Kebijakan lainnya yang dibuat beliau adalah dengan menginventariskan kekayaan yang dimiliki negara. Banyak sekali tanah-tanah milik negara yang tidak terdata dengan baik secara administrasi malah akhirnya diambil alih oleh swasta. Negara harus mengeluarkan uang cukup banyak di pengadilan untuk menggugat perusahaan swasta tersebut. Reformasi dalam administrasi inilah yang nantinya akan menjaga aset-aset milik negara ke depannya.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.