Stockbit Adalah Aplikasi Jual Beli Saham Paling User Friendly

Stockbit adalah aplikasi untuk jual beli saham yang menurut saya keren banget. Pertemuan saya dengan aplikasi stockbit ini berawal dari aplikasi bibit, salah satu fintech yang bergerak di jual beli reksadana. Ternyata selain bibit, perusahaan tersebut juga punya produk lain seperti stockbit. Akhirnya saya instal deh aplikasi stockbit.

Saya sudah install beberapa aplikasi yang berkaitan dengan jual beli saham. Dari keseluruhannya yang paling enak dilihat user interface nya adalah stockbit. Aplikasi stockbit ini mirip-mirip dengan aplikasi investr dari US sana. Dulu saya sering simulasi bitcoin dan jual beli perusahaan US dengan aplikasi investr. Bahkan untuk fitur komen dan real time harga sahamnya juga mirip-mirip. Dulu sebelum kenal stockbit saya selalu berharap ada aplikasi mirip investr di Indonesia. Eh ternyata udah ada duluan ahahah!

Pengalaman Investasi Virtual Stockbit

Awal pertama mencoba simulasi investasi saya mulai di bulan September atau Oktober. Kita bisa menggunakan akun trial dan diberikan uang virtual sebanyak Rp 100.000.000. Saat itu saya membeli 13 saham yang berbeda-beda. Namanya juga masih belajar. Saya memilih saham yang masih ada di LQ45. Sebenarnya banyak teori-teori yang mengatakan sebaiknya pilih saham maksimal 3-4 saja bila ingin fokus. Tapi saat itu saya membeli saham berbagai industri. Saya ingin diversifikasi portofolio dulu sebanyak mungkin. Lalu mengecek mana yang bagus. Baru setelah beberapa bulan saya akan putuskan membeli saham yang beneran.

Ternyata dari bulan Oktober hingga Desember saham yang saya beli mengalami reli berturut-turut. Walau ada 2 atau 3 saham yang saya cut loss karena sudah melampaui batas toleransi saya untuk merugi. Biasanya di angka 9-10% saya akan cut loss. Saham yang saya beli secara virtual antara lain HRUM profit 0.11%, SMRA profit 45.25% , WIKA profit 63.76% , WSKT profit 136.78% , EXCL 49.57% , CPIN 19.93%, PWON 54.32%, PTBA 61.41% , ICBP loss -3.41%, ASII profit 32.89%, KLBF profit 3.83%, ANTM profit 151.58%, BBRI profit 41.36%. Secara keseluruhan profit rata-rata adalah 46.46% dengan virtual profit Rp 45.833.620!

Beli Saham Sesungguhnya

Melihat untung yang konsisten, saya memutuskan untuk membeli saham beneran. Kali ini saya memilih saham ANTM. Saya tertarik dengan saham pertambangan ini, rencananya juga saya ingin membeli saham perbankan seperti BBRI atau BRIS, INCO.

Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Pembukaan rekening Sinarmas Sekuritas di akun stockbit terbilang lumayan lama, sekitar 2-3 mingguan karena antriannya cukup panjang. Namun penantian itu layak ditunggu karena bertransaksi pakai stockbit gampang.

Rencana saya menabung saham yaitu agar saya bisa menikmati masa pensiun saya nanti tanpa perlu khawatir. Saya berencana menabung saham hingga umur 60 an lalu sisanya saya ingin pindahkan sebagian ke instrumen investasi yang resikonya lebih rendah, deposito misalnya.

Bekerja di industri keuangan membuat saya menjadi lebih aware akan personal finance dan menyiapkan dana untuk hari tua nanti. Stockbit adalah solusi buat kamu yang baru belajar investasi saham. It’s worth to try! Gratis kok nyoba virtual !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.