Tetap Masak Enak Saat Pandemi Dengan Santan Kemasan KARA

Ketika kecil saat menemani masak masakan yang mengandung santan seperti lodeh, opor, soto dan sebagainya pasti ribet banget deh. Ribetnya tuh dimulai dari beli kelapa utuh di pasar. Antriannya panjang banget. Lalu diparut pakai parutan di rumah. Setelah diparut ada sesi memeras santan untuk diambil sarinya. Untuk melakukan ini saja bisa memakan waktu 30-45 menit.

Untungnya sekarang kalau mau pakai santan nggak perlu ribet kaya dulu lagi. Dengan santan KARA yang dikemas oleh Tetrapak bisa masak masakan bersantan nggak pakai ribet. Say goodbye untuk marut dan meras santan seperti jaman dulu.

santan kemasan kara

Saya menghadiri acara talkshow yang diadakan oleh KARA dan Tetrapak. Saya dapat banyak insight dari acara ini. Ternyata selama pandemi ini 49 % konsumen semakin giat masak di rumah. Bener juga sih, apalagi saat PSBB dilakukan. Orang takut pergi keluar rumah jadi lebih banyak menyempatkan memasak di rumah. Apalagi memasak untuk keluarga terkasih di rumah, meningkatkan bonding dengan keluarga banget pastinya.

santan kemasan kara

Menurut Ibu Sisca Soewitomo, saat pandemi ini bisa dimanfaatkan memasak bareng dengan anak atau cucu. Misalnya saja saat memasak, anak bisa membantu menuangkan santan kemasan ke dalam masakan. Menurut Ibu Sisca, banyak sekali kreasi santan KARA yang bisa dibuat masakan khas nusantara ataupun sebagai dessert.

santan kemasan

Ada juga chef Devina Hermawan yang ikut berbagi di acara talkshow ini. Menurut beliau santan itu bahan makanan wajib yang harus ada di dapur. Apalagi kemasan KARA itu praktis banget. Ada ukuran kecil, sedang, dan besar. Bisa disesuaikan dengan porsian yang ingin dihidangkan.

Santan KARA ini cocok juga loh buat yang vegetarian. Biasanya dipakai sebagai pengganti susu. Kalau misalnya alergi dengan susu bisa juga menggunakan santan dalam hidangannya. Santan KARA juga bisa dibuat whiped cream dan dessert yang sehat.

Ada tips yang diberikan oleh chef Devina agar santan tidak mudah pecah. Biasanya saat memasak dengan santan jangan gabungkan dengan bahan makanan yang asam seperti jeruk. Jadi misalnya kalau masak soto, jeruknya bisa diperas di akhir ketika ingin dimakan. Jadi tidak diproses pada saat memasak. santan kemasan tetrapak

Pak Panji Cakrasantana sebagai Marketing Manager Tetrapak Indonesia juga memberikan 3 tips untuk memilih makanan dan minuman dalam kemasan yang aman dikonsumsi. Yang pertama pastikan selalu mengecek tanggal kadaluarsa. Yang kedua pastikan kondisi kemasan sempurna, tidak rusak. Yang ketiga kalau udah ada logo tetrapak udah pasti aman dan higienis deh, karena teknologi yang dipakai UHT dan kemasannya aseptik. Sejalan pokoknya dengan visi perusahaan Tetrapak, melindungi yang baik.

kemasan tetrapak

Santan KARA ini nggak pakai bahan pengawet loh. Santan KARA pakai teknologi UHT dan dikemas secara aseptik oleh Tetrapak. UHT adalah ultra high temperature. Teknologi UHT itu memanaskan santan kelapa di suhu 140 derajat celcius selama 8-15 detik hingga steril. Teknologi UHT ini membunuh bakteri, mikroba Clostridum Botullinum dan mikroorganisme lainnya. Kemasan juga dikemas secara aseptik dan memiliki 6 lapisan sehingga kualitas tetap terjaga tanpa kehilangan rasa, nutrisi, dan tekstur dari santan alami.

talkshow santan kemasan

Santan KARA juga membuat challenge yang kreatif nih guys di era pandemi saat ini. Kita bisa ikutan lomba cooking from home. Lomba ini mengkreasikan masakan nusantara dan bisa diunggah di instagram masing-masing. Dengan tema wariskan resep juara, diharapkan banyak ibu rumah tangga atau siapa aja yang hobi masak bisa membagikan resep juara keluarganya atau resep turun-temurun agar bisa dilestarikan secara kreatif.

Kenedy Hermawan Brand Manager PT Kara Santan Pertama bocorin nih tips gimana supaya bisa menang cooking from home dari KARA. Ada tiga penilaian utama yang perlu diketahui. Yang pertama pastikan fotonya oke dan menggugah selera. Yang kedua keunikan resep. Yang ketiga pastinya ada uji masak dari tim KARA. Jadi kalau pengen ikutan dan menang jutaan rupiah dari kompetisi ini pastikan kalian memperhatikan ketiga hal di atas ya. Masih ada kesempatan untuk ikut Cooking From Home Challenge loh! Pengumuman pemenang bakalan dibagikan di instagram ibu Sisca, chef Devina, dan instagram official KARA.

soto daging

Nah ini hasil kreasi saya, soto daging sapi kuah santan yang dimasak dengan santan KARA. Rasanya enak deh. Tentunya masaknya pakai santan KARA.

500 gr Daging sapi yang sudah dipotong2 dan direbus sampai empuk
65 ml Santan KARA

Bumbu Halus
7 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
Seruas jahe, kunyit
Secukupnya merica dan ketumbar bubuk, jintan
1 butir kemiri

Bumbu Cemplung
Seruas lengkuas di geprek
3 batang serai di geprek
2 lembar Daun salam
2 lembar Daun Jeruk

Pelengkap
Emping goreng
Kentang goreng dadu
Potongan Tomat
Sambal rawit rebus
Bawang goreng untuk taburan

Cara masak :

  1. Rebus daging hingga empuk
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan ke panci rebusan daging
  3. Masukkan bumbu cemplung dan santan KARA ukuran 65ml. Rebus hingga meresap ke daging
  4. Masukkan penyedap rasa, gula, dan garam. Kira-kira saja dan koreksi rasa.
  5. Masukkan tomat,kentang, emping, bawang goreng dalam mangkok. Siram dengan kuah dan daging. Soto daging siap dihidangkan.

Mudah kan memasak soto daging kuah santannya. Pakai santan kemasan dari KARA memudahkan kita untuk memasak. Jangan lupa selalu sedia santan KARA di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.