Tutorial Membuat Sabun Batang Motif Pelangi

Kali ini saya mau share nih mengenai tutorial bagaimana membuat sabun batang motif pelangi. Tutorial ini saya dapat dari video di pinterest bluprint. Pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Saya lumayan suka mencari inspirasi ide dari video dan foto yang ada di pinterest.

Ada banyak sekali tutorial di Youtube mengenai cara membuat sabun. Saya lumayan lama juga melakukan riset untuk membuat tulisan ini. Namun tutorial yang saya temukan di Youtube lumayan kompleks juga jadi saya mencoba mencari tutorial yang lebih mudah saya jalankan. Iseng-iseng saya membuka Pinterest, ketemu deh tutorial cara membuat sabun batang motif pelangi ini.

Kenapa sih harus sabun batang? sabun batang ini tidak membutuhkan botol untuk menjadi wadahnya. Hanya butuh kertas atau plastik pembungkus untuk menempatkan sabun batang ini. Pastinya ramah lingkungan ya.

Sabun batang masih banyak dicari oleh orang-orang. Buktinya, di supermarket atau minimarket, sabun batang masih dijual. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau daripada sabun cair, sabun batang ini juga lebih ringkas dan tidak memakan tempat. Di banyak toko oleh-oleh khas Bali, sabun batang menjadi cenderamata khas Bali yang diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kalau kamu pergi ke Bali, pasti menemukan sabun batang dengan wangi sereh,kopi, buah-buahan seperti pepaya, dan lainnya. Harga sabun batang yang sudah dibranding dan dikemas di toko oleh-oleh khas Bali ini bisa mahal loh. Antara 10-30 ribu rupiah.

Untuk sabun batang motif pelangi ini kita bisa gunakan untuk dipakai sendiri dan juga bisa dijadikan usaha untuk bisnis souvenir pernikahan. Namun bila ingin membuat bisnis yang lebih menarik bisa membuat bisnis sabun aromatherapy yang menjanjikan.

Yuk kita mulai tutorial membuat sabun batang motif pelangi ini. Bahan-bahan apa saja yang perlu kita persiapkan:

  1. Bahan dasar sabun secukupnya
  2. Pewarna makanan sesuai warna pelangi yaitu merah,jingga,kuning,hijau,biru,ungu
  3. Esential oil seperti wangi bunga,buah, mint
  4. Wadah untuk mencetak sabun
  5. Kompor
  6. Wadah untuk memanaskan bahan dasar sabun
  7. Pisau
  8. Talenan
  9. Wadah untuk menampung bahan dasar sabun

Pertama

Siapkan bahan dasar sabun. Kamu bisa beli secara online di market place atau di toko bahan kimia.

sabun batang

Kedua

Masukan sabun ke dalam wadah yang nanti akan dipanaskan. Bisa ditambahkan esential oil wangi seperti lavender, mint, rose, atau apapun yang kamu suka.

sabun batang

Ketiga

Lelehkan sabun sehingga menjadi cair. Sabun yang sudah cair ini nantinya bisa diberikan berbagai macam warna.

sabun batang

Keempat

Teteskan pewarna untuk sabun, bisa menggunakan pewarna makanan. Aduk pewarna dan sabun cair hingga warnanya tercampur merata.

sabun batang

Kelima

Tuangkan sabun cair yang sudah diberikan pewarna ke dalam wadah.

sabun batangKeenam

Tunggu hingga kering, mulai tuangkan warna lain ke dalam wadah. Karena kita akan membuat sabun pelangi, maka warna-warna yang akan digunakan yaitu merah,jingga,kuning,hijau, biru, ungu

sabun batang

Ketujuh

Potong sabun pelangi yang sudah kering, lalu masukan ke dalam wadah lagi. Potongan boleh asimetris, karena kali ini sabun pelanginya akan dicampur dengan bahan dasar sabun putih.

sabun batang

Kedelapan

Tunggu hingga sabun mengeras. Potong sabun ukuran kotak. Sabun pelangi siap dipakai.

sabun batang

Sabun motif pelangi ini memiliki corak yang unik. Sangat cocok bila ingin memberikan sabun ini sebagai hadiah.

Demikianlah tutorial membuat sabun batang motif pelangi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. Bila kalian sudah membuatnya, yuk share di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.