Review Hotel Del Luna

Drama Korea itu kalau udah selesai satu judul, rasanya ingin icip drama lainnya. Kali ini saya mau review Hotel Del Luna yang saya tonton setelah selesai nonton What’s Wrong With Secretary Kim. Hotel Del Luna ini genre nya fiction dan ada sisi komedinya. Untuk film ini saya menonton di aplikasi Viu.

Pemeran Utama

IU

review hotel del luna

Untuk peran wanita utamanya adalah Lee Ji-eun yang biasa dikenal sebagai penyanyi IU ini memerankan Jang Man Wol. Man Wol adalah pemilik Hotel Del Luna, sebuah penginapan khusus untuk arwah. Selama 1300 tahun Man Wol menjadi pemilik hotel ini. Karakter Man Wol ini meledak-ledak. Sifatnya juga angkuh dan mata duitan. Namun semuanya berubah setelah Man Wol bertemu dengan Gu Chan Song. Man Wol yang tadinya arogan dan tidak peduli berubah menjadi peduli. Kadang pura-pura cuek, padahal sih sebenernya perhatian gitu. Tipikal cewek lah ya.

Yeo Jin Go

review hotel del luna

Untuk peran pria utamanya adalah Yeo Jin Go yang berperan sebagai Gu Chan Song. Chan Song merupakan anak yang telah diberikan oleh ayahnya kepada Man Wol. Saat itu ayah Man Wol mengalami kecelakaan sehingga tanpa disengaja mengunjungi Hotel Del Luna. Di sana akhirnya terjadi perjanjian bahwa ayah Chan Song diperbolehkan hidup asal ketika Chan Song dewasa dia diharuskan bekerja untuk Man Wol di Hotel Del Luna.

Pemeran Pendukung

Ada beberapa peran pendukung di Hotel Del Luna ini. Masing-masing memiliki karakter yang kuat dan membangun cerita Hotel Del Luna menjadi menarik untuk ditonton.

Seo Yi Sook

review hotel del luna

Seo Yi Sook memerankan Mago. Aktingnya keren menurutku. Dia bisa memerankan banyak karakter dewa Mago. Karena ini film fiksi, maka dewa di film ini digambarkan sebagai sosok manusia. Lucunya dewa Mago ini punya toko obat wkwkwkw. Mago adalah dewa yang mengatur kehidupan dan kematian. Mago juga merupakan dewa yang menentukan siapa yang akan menjadi pemilik hotel del luna selanjutnya. Mago dapat berubah wujud dalam berbagai bentuk. Agak aneh juga sih, seolah-olah dewa mago itu punya beberapa saudara dan mukanya sama semua. Tapi ya namanya juga cerita fiksi, dinikmati saja.

Shin Jung Geun

review hotel del luna

Shin Jung Geun di sini berperan sebagai bartender di Hotel Del Luna yang bernama Kim Shi Ik. Pak Kim ini merupakan lulusan sastra di dinasti Joseon. Pak Kim sudah bekerja di Hotel Del Luna selama 500 tahun. Selama 500 tahun Pak Kim belum menyebrang ke akhirat karena ada hal yang belum diselesaikan di dunia yaitu membersihkan nama baiknya.

Bae Hae Sun

review hotel del luna

Bae Hae Sun di Hotel Del Luna berperan sebagai Choi Seo Hee. Ibu Choi ini sudah 200 tahun bekerja di Hotel Del Luna. Sama seperti Pak Kim dia belum menyebrang ke akhirat karena masih menyimpan dendam. Dulu Ibu Kim menikah dengan keluarga bangsawan dan memiliki anak perempuan. Karena bukan anak laki-laki maka anak perempuan Ibu Kim diambil dan dibiarkan tanpa makan dan minum selama berhari-hari hingga meninggal. Setelah itu Ibu Kim sendiri dibunuh oleh orang suruhan suaminya. Setelah meninggal arwah Ibu Kim bersumpah bahwa dia tidak akan menyebrang ke akhirat sebelum menyaksikan seluruh garis keturunan keluarga suaminya itu habis.

Pyo Ji Hoon

review hotel del luna

Pyo Ji Hoon memerankan Ji Hyun Joong, resepsionis di Hotel Del Luna. Hyun Joong ini merupakan arwah yang paling muda menjadi pekerja di Hotel Del Luna. Dia belum menyebrang ke akhirat karena menunggu adiknya yang masih hidup.

Lee Do Hyun

review hotel del luna

Peran yang tidak kalah penting diperankan oleh Lee Do Hyun yang memainkan karakter Goo Chung Myung. Chung Myung adalah tentara pada era Goguryeo. Dia bertemu dengan Man Wol dan jatuh cinta dengannya. Namun sangat disayangkan, Chung Myung dijodohkan dengan putri Song Hwa. Naasnya Chung Myung mati di tangan Man Wol. Arwahnya pun belum berangkat ke akhirat karena merasa bersalah kepada Man Wol atas kematian temannya.

Kang Mi Na

review hotel del luna

Mi Na memerankan peran sebagai Kim Yoo Na, seorang arwah( Jung Soo Jung ) yang mendiami jasad Kim Yoo Na, pembunuhnya. Ini rumit sih, tapi bisa dimaklumi karena ini fiksi. Wkwkwkw.

Lee Tae Sun

review hotel del luna

Lee Tae Sun memerankan Yeon Wo, teman Man Wol yang sudah dianggap sebagai kakak oleh Man Wol. Naas dia harus mati karena terlibat kasus pemberontakan. Dia ditangkap oleh pasukan Chung Myung dan dihukum mati. 1300 tahun kemudian Yeon Woo bereinkarnasi menjadi Polisi bernama Park Young So.

Park Yoona

review hotel del luna

Park Yoo Na berperan sebagai putri Song Hwa yang dijodohkan dengan Chung Myung. Dia memiliki andil atas kematian Yeon Wo. Di hari pernikahannya Man Wol membunuhnya. Di kehidupan berikutnya Putri Song Hwa bereinkarnasi menjadi mantan kekasih Gu Chan Song yang bernama Lee Mi Ra.

Jalan Cerita

Man Wol adalah pemilik penginapan bulan, seiring berjalannya waktu penginapan itu berubah menjadi hotel yang bernama Hotel Del Luna. Hotel ini hanya bisa dilihat oleh orang-orang di malam tertentu atau orang yang memiliki bakat melihat hantu.

Dirinya dihukum oleh Mago menjadi terikat di hotel tersebut. Kemanapun Man Wol pergi hotel itu akan mengikutinya. Man Wol belum pergi ke akhirat karena ada hal yang belum terselesaikan di dunia. Di dalam penginapan tersebut ada pohon bulan yang nantinya apabila pohon itu berbunga dan gugur maka saat itulah waktu Man Wol untuk pergi.

Awalnya Gu Chan Song dipaksa untuk bekerja di Hotel Del Luna karena ayahnya diselamatkan oleh Man Wol. Sebagai gantinya Gu Chan Song harus bekerja kepada Man Wol bila dia sudah dewasa. Berkali-kali Gu Chan Song ingin pergi dan tidak menghiraukan janji itu, namun pada akhirnya Man Wol datang dan menagih janji Gu Chan Song agar bisa bekerja di Hotel Del Luna.

Singkat cerita Gu Chan Song bekerja di Hotel Del Luna dan diberikan kemampuan oleh Man Wol untuk melihat hantu. Tugas Gu Chan Song adalah melayani tamu hantu di Hotel Del Luna dan mengurusi perijinan serta pajak yang berkaitan dengan Hotel Del Luna.

Banyak sekali kisah yang terjadi saat Chan Song menjadi manager hotel. Arwah yang datang ke hotel memiliki banyak sekali permasalahan yang belum selesai di dunia, hingga akhirnya Chan Song membantu arwah tersebut agar bisa menyebrang ke akhirat tanpa penyesalan.

Pohon bulan pun mulai tumbuh dan bermekaran. Sikap Man Wol yang awalnya ketus dengan Chan Song berubah sedikit demi sedikit. Timbul rasa cinta di antara mereka berdua namun Man Wol tidak ingin mengakuinya. Sikapnya masih terlihat gengsi dan tak acuh.

Gu Chan Song mendapatkan mimpi-mimpi mengenai masa lalu Man Wol. Sejak kedatangan Chan Song, keberangkatan Man Wol semakin dekat karena dia bertemu dengan orang di masa lalunya satu persatu. Jadi bagaimana kisah cinta Gu San Chong dan Man Wol? Nonton sendiri dulu ya gaes ga mau spoiler akutu wkwkwk.

Kesimpulan Review Hotel Del Luna

Drama korea Hotel Del Luna ini awalnya sangat membosankan. Saya membutuhkan waktu 2mingguan untuk menyelesaikan 7 episode awal. Namun setelah episode 10 ke atas Hotel Del Luna mulai menarik bagi saya. Banyak cerita yang membuat penasaran sehingga membuat saya menyelesaikan sisa episode hanya dalam waktu 2 hari.

Untuk akting yang menonjol menurut saya adalah IU. Yang lain biasa saja. Saya sangat gemes sama poni lempar yang dimiliki Chan Song. Poninya lagi ngetren di Korea Selatan modelnya gitu kali ya?

Hotel Del Luna memiliki banyak nilai moral yang sangat baik. Misalnya saja, kita tidak boleh menyimpan dendam yang terlalu lama, belajar memaafkan orang lain, belajar menerima kenyataan, berdamai dengan kematian dan berdamai dengan diri sendiri. Hotel Del Luna memiliki plot twist yang unik, banyak kejutan di episode akhir yang sama sekali tidak pernah kita duga.

Demikianlah review drama korea Hotel Del Luna. Penilaian saya untuk drama ini 7.5/10. Saya menyukai drama ini namun kurang begitu suka dengan episode-episode awal. Memang agak sedikit membingungkan karena film ini memiliki waktu yang maju dan mundur. Jadi harus benar-benar menonton dari awal agar paham jalan ceritanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.