Jalani Hidup Apa Adanya Dan Jadilah Inspirasi Banyak Orang

Kapankah terakhir kali kita jalani hidup apa adanya? Hidup yang tanpa beban. Hidup yang
tidak perlu memikirkan apa kata orang lain. Hidup yang memberikan diri kita kebebasan untuk
menjadi diri kita sendiri. Hidup seperti ini adalah yang diimpikan oleh setiap orang. Termasuk
juga saya sendiri.

Masa Kecil Yang Menyenangkan

tanpa syarat ketentuan

Saya masih ingat, masa kecil adalah masa yang paling membahagiakan. Tidak ada hal rumit yang perlu saya pikirkan. Berbeda seperti orang dewasa sekarang, banyak hal yang harus dipikirkan. Saya berteman dengan teman-teman tanpa kepura-puraan. Pertemanan kami begitu tulus. Siang hari marah, mungkin sore harinya sudah baikan dan sudah bermain kembali. Kalau marah pun tanpa basa-basi langsung marah ke teman. Berbeda dengan jaman sekarang. Banyak orang yang berteman karena memiliki niat dan tujuan tertentu.

Waktu kecil ketika bermain kami benar-benar fokus bermain. Apalagi saat liburan sekolah, bermain dari pagi hingga malam. Sesekali balik ke rumah karena lapar. Apa saja dimainkan. Mulai dari bermain congklak, galaksin, petak umpet, bulutangkis, nenek gerondong, cap cip cup, bulutangkis, kartu, bola bekel, bermain sepeda, bermain karet, wah banyak pokoknya. Semua terasa menyenangkan.

Teknologi Menjauhkan Yang Dekat, Mendekatkan Yang Jauh

tanpa syarat ketentuan

Menjadi orang dewasa di jaman sekarang, berbeda dengan masa dulu. Sekarang ketika bertemu dengan teman, semua fokus membuka handphone. Entah itu senyam senyum melihat balasan whatsapp, sibuk buka instagram, sibuk main game, sibuk buka online shop marketplace. Pokoknya semua sibuk padahal ada teman di sampingnya. 

Lucunya lagi, ketika makanan datang, bukannya langsung dimakan makanannya. Banyak yang foto dulu lalu segera upload di sosial media. Sambil makan masih sibuk mainan handphone. Setelah makan baru deh foto-foto bersama, lalu kembali lagi upload di sosial media. Miris kan, di saat bersama malah masing-masing sibuk dengan handphonenya. Di sosial media fotonya seolah-olah pertemuan mereka sangat hangat dan dekat. Padahal masing-masing sibuk sendiri.

Sosial Media Ajang Eksistensi Anak Muda

tanpa syarat ketentuan

Sejak ada sosial media, banyak orang mulai berubah perilakunya. Sosial media menjadi ajang untuk eksistensi diri. Menunjukkan kepada orang lain bahwa saya seperti ini, saya sudah pernah ke sini, saya ini kaya loh. Intinya butuh pengakuan dari orang lain, lewat sosial media. Pengakuan seperti apa? Pengakuan seperti likes di instagram,youtube dan sosial media lainnya. Banyak-banyakan jumlah followers. Bagi mereka, followers yang banyak menunjukkan kalau mereka memiliki basis fans. Padahal bisa saja beli followers. Kalau saya sendiri tanpa followers palsu pastinya.

Bujet Pas-Pasan Jiwa Sosialita

tanpa syarat ketentuan

Ada juga anak muda yang demi membuat feed instagram dan sosial medianya terlihat selalu up to date menggunakan program cicilan untuk traveling ke berbagai tempat. Semua hanya demi pencitraan palsu dan terlihat hidupnya tampak menyenangkan. Padahal kalau dipikir-pikir belum tentu hidupnya seperti apa yang ditampilkan feed instagram dan sosial media lainnya. Bisa jadi dia sedih, kesepian, dan butuh uang untuk membiayai gaya hidupnya namun uangnya tidak sebanding dengan gaya hidupnya. Semua hanya untuk memanipulasi persepsi orang lain terhadapnya hanya bermodal sosial media.

Penuh kepalsuan ya? Bisa dibilang begitu. Makanya lebih baik jalani hidup apa adanya. Tidak perlu pamer di sosial media agar dipuji oleh orang lain. Tidak perlu pencitraan. Tanpa modus upload barang mewah di sosial media hanya untuk dianggap sebagai orang mampu. Semakin kita haus akan komen pujian, jumlah likes, jumlah follower, semakin kita merasa ingin lagi dan lagi.

Berpestasi dan Menginspirasi Di Sosial Media

tanpa syarat ketentuan

Kita bisa fokuskan diri untuk menunjukkan prestasi di sosial media. Selama itu positif membangun dan memotivasi orang lain. Saya rasa itu lebih bermanfaat. Apalagi bila kita memiliki basis follower yang banyak. Kita bisa menginspirasi orang lain untuk membantu yang sedang kesulitan. 

Saya sangat salut dengan Najwa Shihab. Di tengah pandemic corona seperti sekarang, beliau menjadi sosok yang memanfaatkan sosial media untuk melakukan banyak kegiatan amal dan mempengaruhi banyak orang untuk berkontribusi melawan covid-19. Jadikan sosial media menjadi sarana untuk memberikan pengaruh positif bagi orang lain. Jangan menjadikan sosial media sebagai tempat menyebarkan hoax dan ujaran kebencian.

IM3 Ooredoo Internetan Tanpa Syarat dan Ketentuan

tanpa syarat ketentuan

Untuk mendukung kita supaya tetap berkarya dan menyebarkan energi positif di sosial media, IM3 Ooredoo jawabannya. Tanpa tipu-tipu IM3 Ooredoo memberikan kebebasan berinternet dengan paket freedom internet. Selama 14 tahun terakhir saya merupakan pelanggan setia IM3 Ooredoo dan sangat puas dengan layanannya. Kuota yang diberika full tanpa tipu-tipu. Pokoknya internet persembahan IM3 Ooredoo tanpa tedeng aling-aling. Tanpa syarat dan ketentuan juga jadi bisa puas menikmati internet cepat dari IM3 Ooredoo.

Di tengah maraknya pencitraan palsu yang ada di sosial media saya jadi diingatkan lagi untuk menjalani hidup apa adanya. Kembali seperti anak-anak yang tulus. Fokus berkarya dan menunjukkan diri tanpa tipu-tipu. Mengekspresikan diri tanpa kepura-puraan. Yang paling penting menjadikan diri kita bermanfaat dan memberikan pengaruh positif ke teman-teman lewat sosial media. Jadi tunggu apalagi? Internetan dengan jaringan cepat, luas,simple, #TanpaSyaratKetentuan seperti Freedom Internet.untuk menebarkan energi positif di sosial media.

6 comments

  1. Betul banget, teknologi malah membuat kita semakin berjauhan padahal posisinya bersebelahan saat itu, semua sibuk memposting di sosial media bahkan ada beberapa yang penuh pencitraan, padahal jalani hidup apa adanya lebih seru

  2. Aku pengguna setia sejak jaman STM dulu sampai sekarang belum ganti nomor

    sempat mengecewakan beberapa kali karena S&K yg ribet dan ada aneh ada paketan ala Batman yg cuma gede di tengah malam

    Tapi sekarang sepertinya lebih baik pelayanan dan paket yg ditawarkan cukup masuk akal buat penggunaan sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.