Pantai Mbawana, Pantai Terindah Di Sumba

Sungguh rugi jika ke Sumba tetapi tidak singgah di Pantai Mbawana Sumba. Pantai paling eksotis yang ada di pulau ini. Bahkan, jika sudah tiba di sini kalian pasti ketagihan dan tidak ingin beranjak pulang.

Di artikel pelesir berikut ini akan di-review singkat tentang Pantai Mbawana.

Harapannya semoga bisa menjadi alternatif pilihan bagi traveler yang sedang mencari destinasi wisata terbaik saat akan iku trip sumba:

Pesona Wisata Pantai Mbawana Sumba

pantai mbawana

Pantai Mbawana adalah pantai terbaik di Pulau Sumba. Sekalipun masih belum dianggap destinasi resmi, tetapi pengunjungnya sangat banyak. Terutama ketika tiba masa liburan sekolah.

Salah satu unggulan pantai ini adalah memiliki spot karang yang unik. Selain ukuran tingginya yang menjulang, di bagian dasar batu terdapat lubang yang cukup besar. Terkadang, traveler menjadikan lokasi tersebut sebagai spot foto selfie.

Tak hanya itu, ombak yang tenang dan air yang jernih juga menjadi pesona tersendiri. Ini yang membuat pengunjung tidak segan berjalan-jalan di pantai sekalipun cuaca cukup panas.

Mencari Sunset dan Sunrise di Pantai Mbawana

Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Mbawana adalah di pagi hari dan sore hari. Karena di dua waktu tersebut suasana pantai sungguh luar biasa. Terutama ketika menjelang matahari terbenam.

Letak kontur pantai yang pas membuat traveler leluasa melihat matahari terbenam di tengah laut. Latar ini begitu elegan jika digunakan sebagai background foto. Maka dari itu, jika pergi ke pantai ini jangan lupa untuk membawa kamera.

Jika sudah melihat sunsite di Pantai Mbawana, tidak terasa bibir akan bergumam mengucapkan syukur. Ini diakibatkan oleh suasana syahdu dan keindahan alam yang begitu luar biasa. Dijamin bikin hati terenyuh dan ingin kembali di lain waktu.

Fasilitas Wisata di Pantai Mbawana

Sampai sejauh ini masih belum ada fasilitas wisata yang disediakan oleh pemerintah. Sebab, pantai ini terbilang masih perawan sehingga masih belum tersentuh pengelolaan jenis apapun.

Sekalipun demikian, masyarakat sekitar sudah membangun beberapa gazebo sederhana tempat bernaung. Di sanalah traveler bisa beristirahat sembari menikmati panorama pantai yang asri.

Untuk bekal pun harus membawa dari rumah. Karena di sekitar pantai tidak ditemukan warung yang menjual makanan dan minuman. Sedangkan toko terdekat berada agak jauh ke wilayah ramai yaitu di kota kecamatan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Mbawana Sumba

Pantai Mbawana Sumba terletak di Kecamatan Kodi Batu Balaghar. Tepatnya di Kecamatan Kodi Batu Balaghar Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Sebuah lokasi tersembunyi tetapi banyak masyarakat yang mengetahui tempatnya.

Pantai ini berjarak 59 km dari bandara Tambolaka. Jika melalui jalur ini, jarak tempuh perjalanan hanya satu jam hingga dua jam saja dengan naik kendaraan darat. Untuk sampai ke lokasi tinggal bertanya saja ke masyarakat sekitar.

Jam Buka Pantai Mbawana

Untuk saat ini, jam kunjung pantai tidak dibatasi. Silakan didatangi kapanpun kalian ingin berwisata. Namun pastikan datang siang hari agar lebih nyaman dan tentunya juga aman terkendali.

Karena jika datang malam hari dikhawatirkan akan tersesat. Sebab pantai ini dikelilingi oleh tebing tinggi. Akses masuk ke pantai pun harus berjalan kaki. Risiko tersesat tentu sangat tinggi,. Apalagi penerangan juga tidak terlalu maksimal.

Karena itu silakan datangi di dua waktu saja yaitu menjelang matahari terbit atau saat matahari akan terbenam. Kalau tengah hari, cuaca di pantai sangat panas. Karena memang pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai tidak terlalu banyak.

Biaya Tiket Masuk Pantai Mbawana

Untuk berwisata ke Pantai Mbawana Sumba kalian tidak perlu membawa banyak uang. Sebab, pantai ini bisa dimasuki secara gratis karena masih belum ada tiket yang dibebankan.

Silakan budget dibelikan perlengkapan saja. Supaya aktivitas berwisata lebih nyaman dan tenang. Jika pun ingin membawa makanan dan dimakan di pinggir pantai, silakan asalkan tetap menjaga kebersihan.

Itulah review singkat tentang Pantai Mbawana Sumba. Tempat wisata masa depan Sumba yang dipastikan akan hits. Apalagi pengunjung perhari tidak pernah sedikit. Padahal untuk masuk ke pantai membutuhkan perjuangan yang melelahkan namun indah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.