Pengalaman Ambil Sertifikasi Associate Wealth Planner

Halo, apakabar semua? Semoga dalam keadaan baik ya semuanya. Kali ini saya ingin sharing pengalaman saya saat ambil sertifikasi Associate Wealth Planner. Sertifikasi ini ditujukan bagi masyarakat umum, agen asuransi, praktisi keuangan, dan siapapun yang ingin memperdalam ilmu tentang cash flow dalam perencanaan keuangan.

Kenapa Ambil Sertifikasi AWP?

Awalnya saya penasaran apa sih AWP itu karena beberapa rekan seprofesi saya memiliki gelar AWP, QWP, RFP, AEPP, ataupun CFP. Banyak gelar yang berderet ini membuat saya penasaran dong. Akhirnya setelah googling saya jadi tahu bahwa bila ingin mendalami dunia financial planning sebaiknya mengambil sertifikasi agar ilmunya lebih dalam lagi.

Di lapangan ada beberapa klien saya yang sering berkonsultasi mengenai masalah keuangan dia. Saya sering mengedukasi mereka dengan tips perencanaan keuangan sederhana. Membedah arus cash flow mereka lalu memberikan saran apa yang harus dilakukan ke depannya. Berapa dana yang harus disisihkan, dana yang harus dikeluarkan, dan dana yang harus diinvestasikan.

Melihat banyak klien yang membutuhkan edukasi, saya jadi ingin ambil sertifikasi AWP karena ada kalkulator keuangannya. Selama ini saya ngitung masih manual.

Belajar Apa Saat Ambil Sertifikasi AWP?

Di sertifikasi AWP kita belajar time value of money. Dimana kita belajar merencanakan keuangan untuk persiapan pensiun, beli rumah, pendidikan, asuransi, perencanaan anggaran, dan membuat laporan keuangan pribadi.

Sebenarnya untuk time value of money, saya sudah pernah mendapatkan materi ini saat kuliah. Kalau gak salah di mata kuliah manajemen keuangan. Jadi semacam flashback saja. Setelah belajar konsep, belajar cara bagaimana memakai kalkulator keuangan tersebut.

Bagaimana Trainingnya Saat Covid19?

Trainingnya sih awalnya tatap muka. Namun di tengah covid ini kan nggak boleh berkerumun jadi training via zoom. Lumayan bisa sambil tiduran di kamar saat training wkkw. Training dilakukan 2 hari, dari jam 1 sampai jam 4.

Berapa Biaya Ambil Sertifikasi Associate Wealth Planner?

Biaya sekitar 1,5 juta. Beda tempat beda biaya kayanya. Kebetulan pas saya ambil masih di harga 1,2 juta. Udah termasuk dapat sertifikat juga.

Dimana Ambil Sertifikasi Associate Wealth Planner?

Kebetulan ambil di ifac awp academy. Di oneshieldt juga ada sih cuma belom nanya-nanya kesana. Googling aja kalau penasaran.

Worth It Gak Ambil AWP?

Sebenernya kalo dibilang worth it atau nggak tergantung tujuan ambilnya sih. Kalau mau yang praktis buat ngitung-ngitung, bisa dapet kalkulatornya. Kalau QWP kalau nggak salah dapat kalkulatornya lagi tentang asset. Kalau RFP beda lagi, dia modul 1 dan 3, ini juga katanya ngga dapet kalkulatornya. Kalau CFP dia paket komplit modul 1-4,nggak dapet kalkulator keuangannya. Tapi untuk AWP dan QWP nggak pake bayar lagi perpanjang sertifikat. Tapi dari semuanya yang paling mahal itu CFP karena total ambil biaya pendidikan, ujian, sertifikat sekitar 18 jutaan. Mayan mahal.

Kalau belum ada dananya bisa belajar otodidak dulu kok seputar perencanaan keuangan. Nanti kalau udah ada dananya dan memang mau serius di dunia financial planning untuk edukasi klien bisa deh ambil program sertifikasi.

Semoga informasi ini berguna buat teman-teman yang lagi cari informasi seputar associate wealth planner.

14 comments

    1. kalo covid gini, ujiannya online. Hanya jawab soal yg diberikan sama trainer trus submit deh. Kalo pas offline sih katanya presentasi menyelesaikan case.

      1. Kak, pertanyaan yang diberikan oleh trainer nya itu seperti apa contohnya ya?
        Kemudian, apakah pertanyaannya cukup sulit sehingga kita harus belajar mempersiapkan diri sebelum mengikuti sertifikasi ini agar bisa lulus?
        Sebelumnya saya ucapkan terimakasih Kak…

  1. Kak saya pengen nanya nanya. Kepikiran mau ambil QWP atau AWP dulu. Status sekarang mahasiswa tingkat akhir. Pengen tau perbedaan QWP dan AWP. sulit sekali nyari informasi perbedaannya di google. masih belum puas bacanya

    1. halo adi, kayanya aku udah jawab di IG yah! tp aku akan jabarkan lagi di sini siapa tahu yg lain mau tau juga. Jadi AWP itu fokus sama cashflow, sedangkang QWP fokus dgn wealth. AWP dan QWP sama2 mendapatkan kalkulator keuangan yg praktikal, berbeda dgn ambil sertifikasi CFP yg belajar sangat detail dan diajarkan hitungannya.
      Dari sisi harga AWP ini 1,5 jt dan QWP sekitar 5 jt. Urutannya itu AWP-QWP-RFP-CFP. Tapi kalau mau langsung CFP juga bisa asal udah ada pengalaman kerja sebelumnya 3 th. Kalau untuk sekedar tahu saja, AWP saya rasa cukup. Namun kalau mau ditekuni sebagai pekerjaan profesional kamu bisa ambil semua sertifikasinya/ CFP saja.
      AWP dan QWP tidak ada biaya perpanjangan. Kalau RFP dan CFP ada biaya perpanjangan.

    1. hallo Rais, saya sudah balas di IG ya.
      Dengan ambil sertifikasi ini tentunya saya bisa lebih confident menjelaskan ke klien dan mengedukasi mereka.
      AWP kasih kita kalkulator finansial yg nantinya bisa kita pakai untuk memberitahu nasabah mengenai perencanaan keuangan mereka.

  2. Kak Test nya sulit tidak? Apakah kita harus belajar seperti persiapan Ujian Nasional terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan ini, agar tidak gagal dalam tahap sertifikasi nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.