Manajemen Binus Bagus Ga?

Sebelumnya disclaimer dulu nih ya. Saya nggak diendorse oleh BINUS. Ini murni pendapat saya pribadi. Jadi ada beberapa orang yang bertanya ke saya, manajemen BINUS University bagus gak? Sebagai alumni BINUS saya bisa bilang bagus. Kenapa bagus? Sejauh ini BINUS adalah universitas swasta yang punya visi dan misi yang konsisten. Saya ingat ketika tahun 2007 saya masuk BINUS, walaupun saya jurusan manajemen namun BINUS menerapkan online learning di seluruh jurusan.

Online learning BINUS sudah ada jauh sebelum saya kuliah di situ. Kita bisa download materi kuliah, submit tugas, dan seluruh kegiatan administrasi hingga cek nilai dan absensi dari binusmaya( sistem e-learning yang dibuat BINUS ).

Kalau masalah nilai juga BINUS beda nih ya sama kampus lain. Nilai C itu nggak bisa ngulang. Jadi yang bisa ngulang itu ya kalau nilai D,E,F. Beda sama kampus lain yang bisa “cuci nilai” kalau punya nilai C dengan mengulang mata kuliah tersebut untuk dapat nilai A atau B. Di BINUS ga ada sob yang kaya gitu. wkwkkwk.

Kualitas dosen sih oke ya. Pas jaman saya sih untuk dosen ga ada masalah. Nilai objektif dan ga subyektif. Yang penting kerjain tugas kuliah, karena itu ada bobotnya. Kalau ujian emang kadang suka ada kisi-kisi tapi ga selalu kisi-kisinya keluar. Kadang ga ada sama sekali yang keluar.

Sebenernya si anak kuliah itu pada dasarnya harus mandiri gak dicekokin mulu sama dosen. Jadi kebanyakan belajar sendiri, baca-baca aja buku referensi, rangkuman slide kuliah dan kalau ada yang nggak ngerti bisa ditanyakan di kelas saat tatap muka. Tipe-tipe dosen banyak ya. Ada dosen yang manjain mahasiswanya dengan ngajarin terus. Ada dosen yang kepengen mahasiswanya aktif dan eksplorasi sendiri.

Saya ingat pernah disuruh presentasi di kelas tentang materi yang saya sama sekali nggak pernah tahu. Kebetulan tiap kelompok diberikan kesempatan untuk presentasi materi yang bakal jadi bahan kuliah. Jadi mau nggak mau harus belajar, baca buku, cari referensi di internet atau jurnal. Pas presentasi kalau ada kesalahan, dosen bantu menjelaskan. Nanti ada sesi tanya jawab, kalau nggak bisa jawab, dosen bantu untuk jawab.

Terus di BINUS seluruh mahasiswanya dikasih fasilitas jurnal internasional gratis. Jadi kalau mau nyari bahan buat skripsian atau thesis banyak lah ya. Nggak usah khawatir pokoknya wkwkwk.

Oh ya nyinggung tentang visi misi BINUS, rektor saya saat itu masih menjabat sampai sekarang. Beliau memiliki visi misi saat itu menjadikan tahun 2020 BINUS sebagai world class university. Beliau mensosialisasikan visi misinya itu kepada mahasiswanya. Setelah saya lulus dari BINUS pun saya melihat apa yang menjadi visi misi beliau menjadi kenyataan. BINUS sudah memiliki kerjasama dengan universitas di luar negeri. Jadi kurang lebih selama 13 tahun ini saya melihat progress BINUS luar biasa sih. Gedung kampusnya nambah banyak.

Lalu ada jurusan-jurusan baru saat saya kuliah seperti jurusan Business Management, Hotel Management ( D3 ), Marketing Communication, Jurusan baru yang muncul setelah saya lulus ada Food Technology, Cyber Security, Business Analytics, Data Science, Mobile Application & Technology, Game Application & Technology, Business Information & Technology. Lalu untuk jurusan desain muncul jurusan baru yaitu film. BINUS juga buat jurusan khusus engineering, BINUS ASO namanya.

Di dunia kerja pun nama BINUS masih jadi salah satu kampus swasta yang dikenal oleh perusahaan. Baik jurusan IT ataupun jurusan manajemennya. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.