8 Tips Mencari Kost di Jakarta

Banyak sekali orang-orang dari luar daerah pasca Lebaran datang ke Jakarta untuk mencoba peruntungan di ibukota. Memang pekerjaan di Jakarta lebih banyak daripada daerah karena Jakarta merupakan pusat kota di Indonesia. Perusahaan nasional dan multinasional banyak yang memiliki kantor pusat di Jakarta. Buat kamu yang saat ini sedang mencari kost di Jakarta untuk tinggal selama bekerja di ibukota, saya akan berbagi beberapa tips untuk kalian.

Dekat Dengan Tempat Kerja

Kost di Jakarta terbilang cukup banyak. Apalagi bila kamu kerja di pusat-pusat bisnis maka banyak kost yang tersedia. Kost yang dekat tempat kerja menghemat budget pengeluaran untuk transportasi. Beruntung sekali bila kamu bisa mendapatkan kamar kost yang dekat tempat kerja dan hanya memerlukan jalan kaki untuk ke tempat kerja.

Dekat Dengan Transportasi Umum

Kadang di kawasan bisnis seperti Sudirman dan Kuningan harga kamar kost sudah lumayan tinggi, bila ingin menekan biaya bisa tinggal di tempat yang agak sedikit jauh dari kantor namun bisa disambung dengan transportasi umum seperti kereta Commuterline dan Trans Jakarta

Negosiasi Dengan Pemilik Kost

Bila harga sudah murah, lokasi strategis, pertimbangkan juga apakah pembayaran bisa dilakukan bulanan? Tinggal di kost itu pastinya kita bersebelahan dengan orang lain. Belum tentu kita nyaman dengan kamar sebelah kita. Kadang ada saja penghuni kost yang berisik banget sehingga mengganggu istirahat kita. Jadi sebaiknya pilih pembayaran bulanan. Bila sudah agak kerasan bisa melakukan pembayaran secara 3 bulanan.

Tanyakan Peraturan Kost

Seringkali banyak aturan yang diterapkan kost di Jakarta. Namun ada juga kost yang melonggarkan aturannya. Misalnya saja ada kost hanya khusus putra/putri. Ada kost yang tidak boleh menerima tamu sampai jam sekian. Ada kost yang tidak boleh menerima tamu lawan jenis. Ada kost yang tidak boleh ada tamu menginap. Tanyakan kepada pengurus kost aturan apa saja yang berlaku dan cek apakah aturan itu memberatkan kita.

Tempat Parkir

Nah, ini sering kali menjadi pertimbangan. Di Jakarta itu kalau bawa mobil sudah harus siap tempat parkir. Jangan sampai mobilnya diparkir di pinggir jalan dan menghalangi arus lalu lintas. Kost yang memiliki tempat parkir mobil memiliki harga yang lebih mahal. Jadi bila kamu memiliki mobil pastikan ada lahan parkir di tempat kost ya. Memiliki motor juga sama, minimal harus ada lahan parkir motornya. Jangan sampai motor diparkir di sembarangan tempat.

Fasilitas Kost

Saat memilih kost pastikan kamu survey fasilitasnya langsung. Misalnya kamu mau fasilitas kamar mandi di luar atau di dalam, pastinya beda harga. Fasilitas AC atau hanya kipas angin saja. Ventilasi udara kamar kost bagaimana? Apakah memungkinkan kamar mandi masuk? Apakah sudah termasuk free wifi atau kita harus berlangganan wifi dulu dengan provider tertentu? atau bisa sharing wifi namun bayar patungan. Kalau bisa semua fasilitas ini difoto ya jadi nggak lupa saat mau memilih.

Keamanan

Nah ini juga tidak kalah penting. Keamanan kost di Jakarta harus menjadi salah satu pertimbangan kita memilih kost. Sebaiknya tanyakan apakah ada CCTV yang mengawasi kost ini. Apakah ada penjaga kost nya?

Kost Murah Dekat Dengan Kampus

Untuk pekerja kantoran yang ingin berhemat bisa mencoba kost di dekat kampus. Biasanya kost di dekat kampus ini banyak sekali. Dekat dengan warung makan, minimarket, ATM, dan pastinya banyak transportasi umum yang melintas. Mungkin yang menjadi kekurangannya akses saat pagi hari macet sih, karena anak kuliah pagi-pagi berangkat kuliah juga.

Jika kamu mencari kost di Jakarta Selatan kamu bisa berkunjung ke website www.kostjakarta.com di sana banyak sekali informasi kost dengan harga terjangkau. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.