Jenis Investasi Apa Yang Harus Kita Pilih Untuk Persiapan Pensiun?

Pernahkah kalian memikirkan, kira-kira apa sih jenis investasi yang perlu kita miliki untuk mempersiapkan hari tua nanti? Di industri keuangan ada banyak sekali produk investasi yang bisa kita pilih. Namun kembali lagi ke tujuan keuangan kita masing-masing. Apakah tujuan keuangan kita itu dalam jangka waktu pendek, menengah, atau pun jangka panjang.

Bila kita memiliki tujuan investasi untuk menyiapkan dana darurat, maka jenis investasi yang bisa kita pilih adalah investasi yang mudah dicairkan. Seperti misalnya bila ingin mencairkan dana dengan mudah dan cepat bisa memilih jenis investasi seperti emas atau reksadana pasar uang.

Mengapa Perlu Mempersiapkan Dana Pensiun?

Setiap orang pasti akan memiliki beberapa fase kehidupan. Di usia 0-20 an tahun, pada umumnya mereka masih bergantung kepada orang tua. Belum memiliki kebebasan finansial dan belum bekerja. Sedangkan usia 21-60 adalah usia dimana kita produktif sebagai pekerja dan mengumpulkan dana untuk membiayai kehidupan kita. Namun seringkali kita tidak kalkulasi mengenai apa yang akan terjadi kelak bila kita sudah tua nanti. Apakah di usia senja seperti usia 60 tahun masih diberikan kesempatan untuk bekerja? Belum tentu. Oleh sebab itu, sebelum diberhentikan secara sepihak oleh manajemen perusahaan, sebaiknya kita mulai merencanakan tujuan-tujuan apa saja yang ingin kita capai.

Dana pensiun ini dikelola oleh perusahaan dengan diambil dari sebagian gaji kita, namun dana pensiun yang diberikan oleh perusahaan belum tentu mencukupi kebutuhan finansial kita sampai kita tutup usia. Oleh sebab itu memiliki perencanaan pensiun merupakan suatu langkah awal untuk mempersiapkan hari tua kita.

Generasi Sandwhich, Dampak Dari Perencanaan Keuangan Yang Buruk

Mungkin beberapa di antara kita banyak yang mengalami di usia produktifnya masih membiayai orang tua dan sekaligus membiayai anaknya. Generasi seperti ini yang disebut generasi sandwhich. Generasi ini harus membiayai generasi di atas dan di bawahnya sehingga generasi ini lumayan terkuras finansialnya. Bila kita pribadi sudah memiliki tanggungan maka sebaiknya kita memiliki pekerjaan tambahan. Menambah pemasukan adalah salah satu cara untuk membantu keuangan keluarga. Selain itu membelikan asuransi kesehatan, minimal BPJS kesehatan untuk jaga-jaga. Bila orang tua harus dirawat pun, ada dana kesehatan dari asuransi tersebut.

Bagaimana supaya generasi sandwhich tidak terulang di hari tua kita? Pastinya dengan mempersiapkannya dari sekarang saat kita aktif dan produktif bekerja. Uang yang disisihkan tadi ini nantinya akan diinvestasikan untuk memenuhi tujuan keuangan yang kita inginkan.

Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Pensiun

Persiapan pensiun adalah persiapan jangka panjang. Oleh sebab itu jenis investasi yang kita pilih harusnya yang memberikan hasil yang bagus di jangka panjang. Beberapa jenis investasi yang saya rekomendasikan adalah saham dan reksadana saham.

Namun bila ingin serius berinvestasi di saham, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai saham. Kenapa kita harus belajar? Membeli saham sama seperti kita membeli bisnis suatu perusahaan. Kita memerlukan informasi yang detail untuk memutuskan kapan harus beli atau jual. Bila kita tidak memiliki waktu untuk mempelajari lebih lanjut, bisa mengalokasikan dana yang dimiliki ke reksadana saham. Pastinya yang mengelola investasi kita adalah orang yang memiliki pengetahuan baik di bidang tersebut, sehingga portofolio investasi kita dikelola dengan baik oleh manajer investasi

Berhati-hati Dengan Investasi Bodong

Imbal hasil yang tinggi dari investasi berbanding lurus dengan resiko. Semakin tinggi imbal hasilnya, semakin tinggi resiko yang didapat. Kita harus waspada bila ada orang yang menawarkan keuntungan yang tidak masuk di akal. Misalnya saja menjanjikan tiap bulan mendapatkan untung 10%. Bila dihitung secara gamblang, selama setahun sudah bisa mendapatkan 120% keuntungan. Ini sangat tidak masuk akal. Sebaiknya berhati-hati bila menemukan investasi jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.