Mengetahui Keuntungan Asuransi, Pentingkah?

Sakit, Hal yang Tidak Bisa Diprediksi

mengetahui keuntungan asuransi

Beberapa tahun yang lalu, ayah saya memiliki benjolan di kelenjar tiroidnya. Hal ini cukup membuat beliau gelisah. Awalnya ketika diraba, seperti ada benjolan kecil. Setelah mulai googling di website ( dan mulai panik akan hasil pencariannya )akhirnya beliau memutuskan untuk memeriksakan diri. Dokter yang pertama beliau kunjungi adalah temannya. Dokter tersebut berusaha menenangkan hati ayah saya dengan mengatakan hanya infeksi saja lalu meresepkan antibiotik. Setelah selesai meminum obat tersebut, benjolan ini tidak hilang. Akhirnya ayah saya mengunjungi dokter lain dengan harapan mendapatkan diagnosa lain. Keputusan ayah saya tepat, karena dokter yang memeriksanya menganjurkan untuk mengangkat benjolan ini segera. Bila benjolan ini tidak diangkat, dikhawatirkan akan menjadi ganas dan lebih sulit lagi mengobatinya. Ayah saya pun masih ragu dan mengunjungi 2 dokter lain di rumah sakit yang berbeda. Kesimpulannya sama. Harus diangkat dengan segera mumpung kondisi tubuh dalam keadaan prima.

Asuransi Ada Di Saat Dibutuhkan

mengetahui keuntungan asuransi

Ayah saya akhirnya memutuskan untuk kalkulasi biaya operasi,obat dan biaya rawat inap di beberapa rumah sakit. Kurang lebih pasca operasi harus dirawat selama 4 hari menghabiskan dana 20 jutaan. Bisa dibayangkan, sakit datangnya tidak terduga. Di bulan itu tiba-tiba harus mengeluarkan dana minimal 20 jutaan. Kabar baiknya, asuransi mengcover seluruh biaya pengobatan dan operasi dengan cara cashless. Jadi biaya yang harus kami keluarkan adalah biaya transport ke rumah sakit dan makan di sana. Ini pun juga termasuk biaya tidak terduga, tapi tidak sebesar yang 20 juta tadi. Tidak sampai satu juta untuk makan selama beberapa hari menunggu ayah dirawat di sana. Setelah selesai operasi pun biaya rawat jalan masih ditanggung oleh asuransi.

Mengetahui keuntungan asuransi sedini mungkin dapat membantu kita untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga seperti yang dialami ayah saya tadi. Coba bayangkan, bila kami tidak punya uang tunai untuk membiayai operasi? uang 20 juta adalah nominal yang cukup besar. Pastinya bila ayah saya mengeluarkan uang sebesar itu, akan mengganggu cash flow bulanan keluarga kami. Untungnya ada asuransi yang bisa diklaim di saat kami membutuhkan. Lebih baik fix tiap bulan sisihkan sekian ratus ribu daripada mendadak keluarkan uang 20 juta.

Rencanakan Masa Depan Dengan Asuransi

mengetahui keuntungan asuransi

Asuransi juga dapat membantu kita merencanakan masa depan. Pernahkah kita membayangkan apakah uang kita untuk masa pensiun sudah cukup? Atau jangan-jangan belum ada gambaran bagaimana menjalankan masa pensiun nanti. Saran saya sih, selagi kita masih muda dan masih bisa menghasilkan uang, mulailah dari sekarang untuk merancang masa pensiun kita. Jangan sampai ketika di masa tua kita nanti malah menjadi beban biaya bagi anak dan cucu kita. Terutama nih untuk kamu yang masih kerja di swasta, beda sama yang kerja di negri. Kalau jadi PNS ada dana pensiun, yang dipotong tiap bulan dari gaji mereka. Lah kalo kamu ? Kalau diri sendiri nggak motong gaji untuk persiapan masa depan gimana? Ditambah lagi kalau sudah tua sakit-sakitan.

Di sinilah manfaat asuransi unit link. Kita menginvestasikan dana yang kita miliki di asuransi unitlink. Dananya nanti dibagi dua, sebagian untuk investasi dan sebagian untuk asuransi. Investasi ini nanti dikelola oleh fund manager yang kompeten di bidangnya. Yang namanya investasi itu kan untuk jangka panjang, jadi mindset kita untuk asuransi unitlink baru menghasilkan setelah lebih dari 5 tahun. Dana ini nanti bisa dicairkan di hari tua kita.

Cintai Keluarga Anda dengan Membeli Asuransi

Mengetahui keuntungan asuransi

Ada lagi jenis asuransi lain, yaitu asuransi jiwa. Mohon maaf nih, umur orang kan tidak ada yang tahu ya. Apalagi kita adalah kepala keluarga/ tulang punggung keluarga. Misal dalam sebulan kita memiliki penghasilan 20 juta untuk menghidupi keluarga. Andaikata kita meninggal mendadak, artinya keluarga kita kehilangan pendapatan 20 juta per bulan, sedangkan istri, anak, keluarga masih memiliki kebutuhan untuk bertahan hidup, untuk sekolah, dan lainnya. Hidup harus tetap berjalan. Dengan kita mengikuti asuransi jiwa, ketika terjadi kematian pada diri kita, keluarga mendapat santunan dari asuransi jiwa tersebut. Uang santunan ini nantinya bisa dipakai untuk menghidupi keluarga setelah kita tiada. Jangan sampai setelah kita meninggal anak, istri hidup susah.

Jadi menurut kamu mengetahui keuntungan asuransi, pentingkah? Penting dong! Lalu asuransi apa nih yang ingin kamu beli? Kembali lagi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing ya. Asuransi itu penting untuk proteksi diri kamu dan keluarga. Jangan sampai sudah sakit baru kebingungan cari uang untuk berobat. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Sumber gambar: pexels.com

17 comments

  1. dulu saya antisekali dengan asuransi, untuk apa diambil kalau ga sakit enak perusahaan asuransinya dong.. haha itu dulu sih mbak

    sekarang saya asuransi udah menuju tahun ke 3, saya ambil asuransi unitlink, kesehatan, jiwa dan investasi.

    saya yakin pasti akan bermanfaat suatu hari nanti, jika seandainya pun tak ada klaim, paling tidak nilai investasinya bisa diambil

  2. Setujuu mba. Aku sangat mentingin asuransi. karena aku dan suami boros banget. Kami berdua perlu jenis asuransi untuk berjaga2 kalo nanti salah satu dr kami kenapa2. Ngandelin tabungan doang ga bakal cukup.asuransi utk jangka panjang yg pasti. Kalo utk kesehatan keluarga, untungnya asuransi medical dari kantor lumayan tinggi plafonnya. Jd kita tercover dari sana. Walopun aku lg mikir2 utk nambah asuransi kesehatan dari budget Sendiri.

    1. betul kak asuransi itu penting. Bagus banget kalau kakak sudah aware sama asuransi, tinggal budgeting dan disiplin saja menyisihkan uang. 🙂

  3. Perencanaan asuransi penting banget ya. Pendidikan, investasi, ataupun kesehatan mungkin jadi pilihan terbanyak bagi pengguna asuransi. Biaya yg ditangguhkan tentunya tdk boleh memaksakan diri juga ya.

    1. hai kakak.
      Untuk pekerjaan freelance, sebaiknya minimal punya perlindungan bpjs.
      iuran bpjs termurah saat ini sekitar 30ribuan. Jadi untuk cover kesehatan bila sewaktu-waktu perlu dirawat, bisa menggunakan bpjs.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.