5 Inspirasi Bisnis UKM Kekinian yang Bisa Membuatmu Sukses

Zaman sekarang, generasi Z dan millenials sama-sama berlomba-lomba membuka usaha sendiri dan menjadi mandiri. Mereka tampaknya tak terlalu tertarik untuk menjadi karyawan melainkan lebih kepada pebisnis. Ada banyak inspirasi bisnis UKM yang bisa mereka coba. Kalau kamu juga termasuk ke dalamnya, ini dia inspirasi bisnis yang bisa kamu coba!

Penyedia Jasa Antar Barang dan Makanan

Salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan adalah menyediakan jasa antar barang dan makanan. Hal ini bisa kamu lakukan bila kamu memiliki kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Jasa ini memang sangat populer apalagi di tengah munculnya berbagai macam online shop yang membuat semua orang ingin mendapatkan barang dengan cepat.

Bisnis Minuman Thai Tea

Siapa sih yang tak tahu minuman Thai Tea? Minuman yang berasal dari Thailand ini sangat populer di Indonesia akhir-akhir ini. Kepopuleran ini memicu banyak pebisnis kreatif untuk memadukan rasa teh Thailand yang unik dengan rasa manis gula dan ditambahkan berbagai topping yang menarik.

Ini jugalah yang bisa jadi inspirasi bagimu yang mau mulai bisnis UKM dengan modal kecil dan omset besar. Tingginya minat pembeli membuat ini jadi peluang bisnis menjanjikan. Kamu tak perlu repot membuat semua sendiri. Kamu bisa membeli franchise Thai Tea dengan harga tak terlalu mahal.

Bisnis Ayam Gepuk

Masih di sektor makanan, kamu bisa coba jualan ayam gepuk saja. Makanan yang satu ini masuk dalam kategori jajanan populer di Indonesia akhir-akhir ini. Dari jalanan ibu kota sampai perumahan, ada saja yang menjual ayam gepuk ini. Masalah rasa, kamu tak perlu khawatir.

Bila dilihat sekilas, ayam gepuk ini mirip dengan ayam penyet atau nasi bebek. Namun, tentu ada yang membedakan keduanya. Modal bisnis yang satu ini memang cukup besar, bisa puluhan juta rupiah bila kamu membeli franchise. Namun, omset yang bisa kamu dapatkan dalam sehari pun sangat besar.

Jualan Baju Online

Bisnis dengan skala UKM lain yang bisa kamu coba adalah berjualan baju daring. Bisnis yang satu ini sudah menjadi tren sejak beberapa tahun lalu dan masih diminati sampai sekarang. Hal ini tak terlepas dari berbagai kemudahan teknologi untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Untuk memulai usaha ini, kamu bahkan tak perlu memiliki modal. Cukup jadi reseller atau distributor saja sudah cukup. Bisnis ini juga bisa dijalankan dari rumah. Hal yang utama dalam berjualan baju online ini adalah kamu harus memanfaatkan jaringan dan kenalan sebaik mungkin. Pasalnya, merekalah pangsa utama pasar penjualanmu.

Menjual Aneka Kue

Bila kamu pandai memasak, tak ada salahnya memanfaatkan kemampuanmu itu untuk memulai bisnis skala UKM. Kamu bisa membuat berbagai macam kue seperti brownies kukus, bika Ambon, dadar gulung, banana cake, bolu cokelat dan masih banyak lagi. Kue kering pun bisa kamu jadikan pilihan.

Variasi kuenya sangat banyak dan kamu bisa memilih yang mana saja sesuai kesukaan. Tak perlu modal besar untuk memulai berjualan kue ini. Paling, kamu hanya membutuhkan modal maksimal 10 juta saja untuk membeli bahan dan alat memasak kue. Setelah itu, tak terlalu banyak lagi,

Itulah beberapa inspirasi bisnis UKM yang bisa dilakukan kaum millenial atau generasi Z yang senang berbisnis dan mandiri. Paling penting dalam memulai bisnis ini, kamu harus konsisten dalam menjalankannya. Jangan setengah-setengah karena kamu sendiri yang tak akan mendapatkan hasilnya nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.