Strategi Sederhana Memasarkan Produk dari Bisnis UKM

Membuka usaha atau bisnis UKM itu sederhana saja. Asalkan ada kemauan dan usaha, kamu bisa melakukannya. Hal yang sulit dalam memulai usaha itu sebenarnya adalah memasarkannya. Banyak strategi sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk UKM ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut!

Tentukan Segmentasi Pasar Bisnis UKM Anda

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika berniat memulai usaha adalah segmentasi pasar yang dituju. Kamu harus menempatkan konsumen dalam sub kelompok di pasar produk sehingga kamu memiliki target produk yang tepat. Kamu harus mengevaluasi berbagai segmen pasar dan menentukan target pasar mana yang sesuai dengan penjualan kamu.

Selain itu, kamu juga harus menentukan posisi produk tersebut. Kamu bisa mengombinasikan kegiatan pemasaran yang dilakukan manajemen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pemasaran yang pas.

Promosi Efektif dan Terukur

Selain itu, untuk memasarkan produk dari bisnis yang kamu jalani, kamu juga harus melakukan promosi yang efektif dan terukur. Kalau target pasar sudah jelas, hal ini tentunya akan lebih mudah dilakukan. Kamu bisa memilih beberapa dari aneka promosi yang ada. Setelah itu, lakukan perencanaan periode promosinya.

Kamu juga harus memperkirakan besaran anggaran yang diperlukan dan media apa yang akan digunakan. Setelah itu selesai, nantinya kamu juga harus mencatat hasilnya dengan jelas dan lengkap. Hal ini berguna untuk mengukur efektivitas promosi yang kamu lakukan. Kamu juga bisa memberi kuesioner pada setiap pelanggan yang datang.

Nantinya, dari sini kamu bisa mengetahui mengenai jenis usaha kamu. Tak ada salahnya juga kamu memberi hadiah kecil bagi mereka yang bersedia mengisi kuesioner dengan lengkap. Data itu nantinya akan mempermudah kamu dalam menentukan jenis dan model promosi yang akan dilakukan.

Manfaatkan E-Commerce dan Media Sosial

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar bisnis UKM dan pemasarannya berjalan sejalan adalah dengan melakukan penjualan melalui ecommerce dan media sosial. Kamu harus tahu bahwa ecommerce dalam dunia bisnis akan sangat mendukung pemotongan rantai distribusi sehingga konsumen bisa memperoleh harga barang yang lebih murah dari biasanya.

Tak hanya itu saja, dengan memanfaatkan e-commerce dan media sosial dalam pemasaran juga memiliki beberapa manfaat lain. Manfaat yang dimaksud adalah lebih murah dan efisien, memiliki akses tanpa batas untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli yang lebih banyak dan kamu bisa memperpendek jarak distribusi sehingga menguntungkan kamu dan pembeli..

Lakukan Variasi dan Pengembangan Produk

Kamu juga bisa memilih untuk melakukan variasi dan pengembangan produk. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan segmentasi pasar yang lebih luas dan konsumen juga bisa lebih mudah memilih produk mana yang mereka inginkan. Kamu bisa memvariasikannya dalam bentuk ukuran yang berbeda, fitur yang berbeda hingga jenisnya.

Konsistensi

Paling penting dalam usaha memasarkan produk UKM ini adalah konsistensi. Bukan hal mustahil kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar bila terus melakukan strategis pemasaran yang kamu pilih. Hal ini berguna karena ia bisa membantumu membangun kepercayaan konsumen di bidang yang kamu geluti.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam strategi pemasaran bisnis UKM. Kamu bisa lebih maju dan mendapatkan keuntungan yang besar dengan menerapkan sistem ini. Kuncinya, jangan ragu untuk memulai. Semua bisa kamu dapatkan asal kamu mau berusaha dan tak pantang menyerah. Tentu saja, kamu harus konsisten dalam menjalaninya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.