Cara Mendaftar Keanggotaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Kali ini aku mau bahas tentang cara mendaftar keanggotaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sebelumnya perpustakaan ini ada di Salemba, tapi sekarang pindah ke Jl Merdeka Selatan no 11 Gambir. Kalau kamu tahu balai kota tempat kantor Pak Gubernur, nah ini perpustakaannya sederetan situ deh, ada akses bis transJakarta, bisa turun di halte Balai Kota. Pendaftaran keanggotaan perpustakaan gratis.Awal masuk kagum lihat langit-langit lobi utama. Ada gambar kepulauan Indonesia yang bisa berubah warna-warni.

Awal masuk nanti akan diarahkan sama satpam,kemana untuk daftar. Untuk pendaftaran bisa langsung menuju ke lantai 2. Di sana ada banyak komputer untuk isi biodata lengkap, lalu ambil nomer antrian. Setelah kamu mengambil nomer antrian nanti akan duduk untuk menunggu nomer antrian dipanggil.

Setelah nomer antrian dipanggil maka petugas akan menginput data lalu meminta kita untuk berpose menghadap kamera yang ada di atas meja. Kalau pengen rapih sih usahakan dandan dulu supaya ga pucat saat kartu keanggotaan dicetak.

Tips Untuk Mendaftar Keanggotaan Perpustakaan Nasional

1. Datang sepagi mungkin.

Semakin siang kita datang maka semakin panjang antriannya.

2. Hindari datang saat weekend.

Kalau memang terpaksa datang saat weekend ya usahakan datang lebih pagi. Saat weekend antrian pendaftaran di perpustakaan nasional untuk keanggotaan baru sangatlah panjang. Banyak orang yang tidak sempat mendaftar saat weekday mendaftar saat weekend.

Fasilitas Yang Bisa Didapatkan Anggota Perpustakaan Nasional

Pastinya di perpustakaan nasional ini saat sudah resmi menjadi anggota kita bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas.

1. Ruang Diskusi

Di lantai 19 ada ruangan kaca seperti ruang meeting kecil dengan kapasitas 5-10 orang yang bisa digunakan untuk diskusi. Namun untuk memakai ruangan ini harus mengajukan ijin dulu dan minimal orang yang akan berdiskusi 5 atau 8 orang tergantung ukuran ruangan yang dipilih.

2. Ruang theatre

Kita juga bisa menonton film di ruang theatre bila ingin menonton film koleksi yang ada di Perpustakaan Nasional. Untuk menonton harus mengajukan ijin terlebih dahulu ke petugas yang ada di meja depan ruang theatre.

3. Ruang multimedia

Kita bisa memanfaatkan fasilitas komputer dan internetan gratis di lantai 19 ruang multimedia. Di sini ada banyak sekali komputer yang memiliki internet kecepatan tinggi. Jika kita memiliki laptop maka bisa memanfaatkan ruangan multimedia yang seperti coworking space di samping kiri. Ruangannya cukup luas dan ada 2 pilihan tempat. Ingin duduk lesehan leyeh leyeh di bean bag atau duduk di kursi seperti coworking space. Di sini juga ada free wifi.

4. Membaca buku di seluruh lantai Perpustakaan Nasional

Setelah memiliki kartu keanggotaan kita bisa membaca buku di seluruh lantai perpustakaan nasional. Di sini juga ada wifi di tiap lantainya. Ada meja dan kursi untuk membaca. Banyak anak muda mengerjakan tugas di sini sambil mencari buku referensi mengerjakan tugas.

5. Bisa Mengakses Jurnal Internasional

Di Perpustakaan Nasional kita bisa mengakses jurnal internasional yang sudah didaftarkan. Bila mengalami kesulitan bisa bertanya kepada pustakawan untuk mengakses jurnal yang tersedia.

6. Penitipan Tas

Untuk memasuki ruangan perpustakaan nasional yang ada koleksi buku kita harus menitipkan tas kita di lantai 1. Tidak diperkenankan membawa tas ke ruang koleksi kecuali kita membawa laptop. Bila membawa laptop maka akan diberikan tas tembus pandang dari perpustakaan.

Di perpustakaan nasional Jakarta ini lift penumpang hanya ada 4. Jika kamu hanya ingin mengakses lantai dari lantai 1 sampai dengan 4 pakai eskalator saja. Menunggu antrian lift terbilang lumayan lama karena banyak orang yang menggunakan. Apalagi saat menjelang tutup perpustakaan dan kamu ada di lantai atas, pasti lift sudah penuh saat ingin turun.

7. Parkir gratis

Di perpustakaan nasional ini parkir gratis. Jangan lupa untuk membawa stnk motor karena ketika keluar stnk akan dicek.

Demikianlah informasi seputar cara mendaftar keanggotaan perpustakaan nasional. Semua gratis dan tidak dipungut biaya. Untuk teman-teman yang ada di luar kota Jakarta tetap bisa membaca buku secara online dengan mendownload aplikasi ipusnas. Buku yang ada di ipusnas cukup banyak dan gratis untuk dibaca.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.