Cara Cepat Memanjangkan Rambut

Memiliki rambut yang panjang menjadi kepuasan tersendiri sebagai seorang wanita. Indahnya rambut panjang seperti bintang iklan produk shampoo banyak diidam-idamkan oleh wanita. Kali ini saya ingin berbagi tips cara cepat untuk memanjangkan rambut.

Untuk memanjangkan rambut dibutuhkan nutrisi yang baik. Nutrisi tersebut bukan saja dari serum rambut atau shampoo, tapi juga dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Berikut beberapa nutrisi yang bisa membantu mempercepat panjang rambut

Nutrisi Makanan

Asam Lemak Omega 3 dan Asam Lemak Omega 6

Nutrisi yang banyak mengandung asam omega 3 dan asam lemak omega 6 banyak terdapat pada makanan laut seperti ikan, tiram, biji chia dan biji rani. Asam lemak omega 3 ini memberikan protein dan nutrisi penting pada folikel rambut. Asam lemak omega 3 mencegah peradangan pada folikel rambut hingga kerontokan rambut bisa diminimalkan. Sirkulasi darah di area kepala lancar hingga semakin banyak anak rambut baru yang bertumbuh.

Zinc

Nutrisi seperti zinc juga sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Makanan yang mengandung zinc antara lain tiram, kacang-kacangan, telur dan roti gandum. Zinc mengandung antioksidan yang baik untuk folikel rambut dan kulit kepala.

Vitamin B5 ( Asam Pantotenat )

Vitamin B5 membantu pencegahan penuaan dini pada rambut secara efektif. Selain itu vitamin B5 merangsang pertumbuhan rambut. Makanan yang banyak mengandung vitamin B5 yaitu umbi-umbian, brokoli, kubis, kacang polong, biji bunga matahari, jamur, dan gandum.

Vitamin B7 ( Biotin )

Vitamin B7 atau biasa disebut biotin merupakan vitamin B kompleks yang terdapat di kacang-kacangan, kuning telur,ikan rasperberry, keju, alpukat dan kembang kol. Di dalam tubuh, biotin bereaksi dengan enzim khusus yang berfungsi memproduksi asam amino untuk memproduksi protein. Rambut terbuat dari keratin, yang merupakan protein. Itu sebabnya manfaat biotin dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

Vitamin C

Vitamin C mempengaruhi produksi kolagen yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Vitamin C dapat merangsang pertumbuhan rambut, mencegah uban dan kulit berketombe. Vitamin C juga mencegah kerusakan pada folikel rambut, melindungi rambut dari kebotakan dan kerontokan dini.

Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah-buahan seperti jeruk, lemon, anggur, jambu biji, stroberi.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Menurut penelitian vitamin D dapat menciptakan folikel baru. Folikel merupakan pori-pori di kulit kepala tempat rambut bertumbuh.

Nutrisi Rambut

Selain makanan yang bernutrisi, untuk mempercepat tumbuhnya rambut bisa dengan menutrisi rambut dari luar.

Rosemary Oil

Rosemary oil adalah essential oil yang membantu pertumbuhan rambut menjadi tebal dan lebat. Rosemary oil juga membantu mengatasi kulit kering dan kerontokan rambut. Cara untuk menggunakan rosemary oil ini bisa dicampur dengan olive oil masing-masing 5 tetes dan dipijat di kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk hangat dan diamkan sekitar 15 menit. Tunggu hingga 3-4 jam lalu bilas rambut dengan shampoo.

Peppermint Oil

Mengaplikasikan peppermint oil pada kulit kepala menurut jurnal Toxicological dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengaplikasikannya pada kulit kepala untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat cocok untuk semua jenis rambut. Minyak kelapa dapat mengembalikan kilau rambut, melembapkan, dan memperbaiki tekstur rambut. Minyak kelapa terbukti membantu memanjangkan rambut, mencegah kerontokan, dan menangani ketombe.

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai masker rambut. Caranya mudah sekali. Oleskan minyak kelapa dari batang rambut hingga ujung rambut. Diamkan selama 15-30 menit lalu bersihkan dengan shampoo. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari mengandung seng dan vitamin E sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Kedua zat tersebut mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan folikel rambut.

Castor Oil

Castor oil mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial omega 6 yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Kandungan castor oil menutrisi kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Castor oil juga dapat menumbuhkan serta menyuburkan rambut. Castor oil tidak hanya digunakan di rambut saja, namun dapat digunakan di bagian alis dan bulu mata.

Demikianlah cara cepat memanjangkan rambut yang dapat kamu lakukan. Semuanya membutuhkan konsistensi dalam perawatan dan proses. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.