Bahasa Universal

Kali ini tema dari kubbu challenge adalah mengenai bahasa universal. Kalau menurut saya sih bahasa universal ada dua ya. Bisa dari gerak tubuh dan dari musik.

Pernah kah kamu berjumpa sama bule yang nggak fasih bahasa Inggris? Kebetulan saya pernah. Ceritanya saya kenalan bule dari Spanyol, yang satu asli Spanyol, yang satu lagi asli dari UK. Bule Spanyol ini kurang lancar bahasa inggrisnya. Jadi kadang kalau ngomong sama dia harus pakai gerakan tubuh.

Kami berkenalan via Facebook. Kira-kira sekitar 9 tahun yang lalu. Bule ini pasangan gitu. Berkunjung ke Indonesia buat liburan. Nah kebetulan doi lihat topeng monyet terus mulailah doi bercerita sebutlah namanya Rose…

Dia ngomong panjang lebar bahasa Inggris acak adut. Campur bahasa Spanyol. Saya yang denger cuma cengar-cengir. Nggak ngerti. Akhirnya dia menirukan gerakan kaya monyet gitu. Oh baru ngeh kalau dia ngomongin topeng monyet. Jadi ceritanya dia kasian kalau liat monyet diiket gitu trus disuruh kerja.

Pacarnya si Rose kocak banget. Dia niru-niru gerakan monyet terus di depan kita. Yah dari situlah, walaupun ga gitu ngerti dengan bahasa dia, lewat gerak tubuh kita jadi tahu dong apa maksud dia.

Bahasa universal kedua tuh musik ya. Saya tuh sering banget buka youtube, banyak komentar di box comment walaupun lagunya lagu bahasa asing tapi mereka suka dengan lagunya.

Contohnya nih, saya sendiri dengerin lagu blackpink. Walau nggak ngerti arti lagunya apa, tapi suka banget dengerinnya. Menurut saya baik dari musik, vokal, dance nya itu keren banget. Walaupun saya bukan penggila Kpop, namun untuk blackpink saya suka. Lagunya unik dan berkarakter. Brandingnya kuat banget. Nggak heran kalau fans nya dari berbagai penjuru dunia.

Jadi itu sharing saya soal bahasa universal. Semoga bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.