10 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat buah pir sudah dikenal sejak dahulu kala. Sejarah mencatat buah pir adalah buah ajaib untuk penyembuhan pada sebuah tablet lempung di Sumer, Mesopotamia kuno pada 2750 B.C. Catatan sejarah lain juga mencatat kehadiran buah pir dalam monarki kerajaan di seluruh Persia, Cina, dan Roma. Ketika peradaban menyebar buah pir juga dibudidayakan di Eropa sehingga banyak varietas buah pir yang bermunculan.

Manfaat apa saja dari buah pir? Mari kita bahas satu-persatu.

manfaat buah pir

1. Mengandung Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Sebuah penelitian dari University of Innsbruck, Austria menyebutkan bahwa kandungan klorofil yang matang dalam buat pir mengandung antioksidan tinggi. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik untuk melawan radikal bebas.

2. Membantu Memperkuat Sistem Imun di Dalam Tubuh

Buah pir sendiri kaya akan vitamin C dan vitamin K. Vitamin C sendiri bagus untuk menguatkan sistem imun yang ada di dalam tubuh.

3. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Buah pir mengandung vitamin K. Dalam satu buah pir mengandung 8% asupan vitamin K harian yang bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker sebesar 45%.

4. Membantu Menyehatkan Otak

Manfaat buah pir lainnya adalah dapat membantu menyehatkan otak. Hasil penelitian dari University of school Medicine Missouri, Amerika menyebutkan bahwa kandungan copper dapat memperbaiki kekuatan sistem saraf dan meningkatkan kinerja otak. Kandungan copper dalam buah pir sebesar 15% dari kebutuhan harian kita.

5. Membantu Program Diet

Manfaat buah pir selanjutnya adalah buah pir ini sangat baik untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Kandungan seratnya yang tinggi membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu buah pir juga tinggi serat sehingga bagus untuk orang yang sedang program diet.

6. Membantu Melancarkan Saluran Pencernaan

Dalam satu buah pir terdapat kurang lebih 5gr serat atau sekitar 20% kebutuhan serat harian dari tubuh kita. Seperti yang kita ketahui, serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

7. Membantu Mengatasi Penyakit Kardiovaskular & Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan menaikkan 10 gr serat per hari dalam asupan serat dapat menurunkan LDL ( Low Density Lipoprotein ) atau kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Makan buah pir sangat baik untuk menurunkan berat badan karena buahnya tinggi serat. Dengan rutin mengkonsumsi buah, gula darah dalam darah jadi lebih stabil.

9. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Dengan diet tinggi serat dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan racun di dalam tubuh.

10. Membantu Mengurangi Peradangan

Buah pir memiliki sifat anti inflamasi alami sehingga membantu proses penyembuhan pada peradangan.

Hari Buah Pear Sedunia

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari Buah Pir Sedunia. Hari buah pear ini akan serentak diadakan di 23 negara di dunia. Untuk Indonesia sendiri perayaan ini akan diadakan pada pk 11.00-13.00. Buah pear sendiri ini ada 2 jenis. Asian pear dan Northwest Pasific. Buah Pear yang dari Northwest Pasific ini lebih kaya rasa dan eksotik.

Supear Pesta Buah Pear Bersama Sembutopia

Rata-rata penduduk Indonesia hanya mengkonsumsi 180 gr serat per hari. Sedangkan menurut standard WHO sebaiknya mengkonsumsi 400gr serat per hari. Berdasarkan data tersebut, sangat miris karena Indonesia memproduksi buah banyak, namun penyaluran distribusi tidak merata pada saat panen raya. Jadi buah yang sudah dipanen tidak termakan dan terbuang sia-sia.

Dalam rangka untuk mensosialisasikan gerakan makan buah dan hidup sehat, sembutopia membuat gerakan supear yang merupakan plesetan dari super. Kreatif banget kan! Nantinya di setiap supermarket akan ada SuPear yang akan mempromosikan buah pir agar masyarakat mengkonsumsi buah-buahan.

supear

Mengenal Lebih Dekat Sembutopia

Sembutopia sendiri organisasi yang diprakarsai oleh Bapak Kafi Kurnia untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk memberdayakan kemampuan diri sendiri dan menyembuhkan diri masing-masing dengan alami.

manfaat buah pir

Selama tahun 2018 Sembutopia sendiri sudah memiliki 2 apotik dan 1 sekolah catur. Penasaran banget kan kenapa sekolah catur? Alasan didirikan sekolah catur adalah supaya anak-anak tidak ketergantungan dengan gadget dan aktivitas yang lebih baik, misalnya saja bermain catur. Untuk membiayai kegiatan positif dari sembutopia maka dibuatlah unit usaha yang dinamakan penyembuhan lingkungan. Unit usaha ini bekerja di bidang cleaning service dan sudah mempekerjakan 100 karyawan.

Banyak banget kan manfaat buah pir untuk kesehatan kamu. Tunggu apalagi? ayo konsumsi buah pir setiap hari. Sehat secara alami dengan buah-buahan 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.