Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Pernahkah kita diundang interview namun tidak dipanggil kembali? Apakah karena kita tidak bisa maksimal menjawab pertanyaan interview kerja? Bisa jadi Anda adalah kandidat yang dicari oleh perusahaan, namun karena kurangnya persiapan untuk tes wawancara jadi tidak lolos tes. Jadi apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut tips menjawab pertanyaan interview kerja.

Perbaiki Curriculum Vitae

menjawab pertanyaan interview

Saya selalu menyesuaikan CV dengan update pekerjaan paling akhir. Pernah suatu ketika saya malas print CV terbaru, hasilnya CV yang saya berikan ke bagian HRD pada saat wawancara awal adalah CV tahun lalu. Hal ini menyulitkan saya ketika menjawab pertanyaan, karena ada informasi yang belum update. Pastikan menulis CV singkat dan jelas.  Misalnya saja, bekerja dimana dan jabatannya apa, lalu apa saja yang dikerjakan. Jangan memberikan CV lebih dari 2 lembar. CV ini yang akan jadi acuan HRD atau user saat melakukan interview. Untuk lebih detail silahkan klik Tips membuat CV menarik.

Pelajari Lowongan Apa yang Dilamar

Menjawab pertanyaan interview

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Pengalaman saya pernah lupa menanyakan posisi apa yang dilamar saat diundang interview. Mungkin saking gugupnya jadi lupa. Ketika diwawancara, HRD nya bertanya, “Apakah kamu tahu pekerjaan yang kamu lamar?job description nya?”. Dengan polosnya saya menjawab tidak tahu. Ini cukup fatal sih, HRD nya langsung menegur saya. Ibaratnya bagaimana mau dipekerjakan kalau kita sendiri tidak tahu mau bekerja sebagai apa. Jujur saya saja lupa melamar posisi apa karena ada ratusan perusahaan yang saya lamar. Tips untuk Anda, selalu tanyakan kepada HRD saat dihubungi, untuk posisi apa interviewnya. Pelajari job description dari lowongan yang dilamar.

Pelajari Informasi Perusahaan

menjawab pertanyaan interview

Informasi mengenai produk atau jasa perusahaan, lokasi, dan company profile juga penting untuk kita ketahui. HRD yang melakukan interview akan mengetahui seberapa antusiaskah kita dengan pekerjaan ini. Setidaknya kita mengetahui gambaran besar mengenai perusahaan calon tempat kita bekerja nantinya.

Siapkan Dokumen Pelengkap

menjawab pertanyaan interview

Selain CV ada beberapa dokumen yang perlu dibawa antara lain fotokopi surat kelulusan/ ijazah, fotokopi transkrip nilai, fotokopi KTP, surat lamaran. Jangan sampai karena ketidaklengkapan dokumen mengurangi penilaian kita.

Berpakaian dan Berpenampilan Profesional

menjawab pertanyaan interview

Kesan pertama adalah penting. Gunakan pakaian formal seperti kemeja dan celana bahan ( bukan jeans) untuk pria, dan kemeja serta rok kerja/celana kerja untuk wanita. Rapihkan rambut. Bisa dengan menggunakan gel rambut bagi pria, atau mengikat rambut bagi wanita. Gunakan sepatu formal dan kaos kaki bagi pria. Untuk wanita, gunakan sepatu formal, seperti heels.

Perhatikan Bahasa Tubuh

menjawab pertanyaan interview

Bahasa tubuh dimulai saat kita berjabat tangan. Pastikan kita menjabat tangan dengan erat, menandakan kita antusias. Saat wawancara mata jangan jelalatan kemana-mana. Fokus ke orang yang sedang interview kita. Duduk jangan bersandar ke kursi, agak maju dan condong ke depan, menandakan kita antusias.

Percaya diri

menjawab pertanyaan interview

Sebelum wawancara, pastikan kalau kita percaya diri menghadapi interview hari itu. Saat berbicara dengan HRD atau user, bicara dengan mantap, tidak ada emmmm ehhhh. Jangan menggoyang-goyangkan tangan atau kaki. Sebisa mungkin rileks. Dunia kerja adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia sekolah/kuliah. Seringkali kita pada saat di sekolah ketika ingin menunjukkan kelebihan yang kita miliki takut dibilang sombong oleh teman. Di dunia kerja Anda boleh dan sangat dianjurkan menunjukkan pencapaian apa saja yang sudah Anda peroleh. Pernah ketika saya masih di semester akhir, saya menghadiri interview yang langsung diwawancara oleh CEO perusahaan konsultan internasional. Di dalam interview tersebut seluruh calon peserta magang dikumpulkan. Kebetulan saya ikut melamar posisi itu dengan teman sekelas, jadi kami diinterview bersamaan di ruangan yang sama. Beliau bertanya, “Siapakah dari kalian yang menurut kalian paling kompeten untuk diterima bekerja di sini?”. Seluruh peserta yang hadir di ruangan itu saling mereferensikan orang lain, bukan diri sendiri. Karena kami masih memiliki mindset, orang lain lebih baik daripada kami. Setelah selesai, CEO tersebut menjelaskan, sebenarnya dia mengharapkan kami menjawab bahwa diri kamilah yang paling pantas untuk posisi tersebut. Di dunia kerja kita harus optimis dan percaya akan kemampuan diri sendiri.

Datang Tepat Waktu

menjawab pertanyaan interview

Jika dijadwalkan untuk datang pagi, datanglah tepat waktu. HRD tidak akan peduli dengan segala macam alasan kenapa kita datang terlambat. Jika daerahmu macet, berangkatlah lebih awal 1-2 jam sebelumnya.

Buatlah Daftar Kekurangan dan Kelebihan Anda

menjawab pertanyaan interview

Hal yang paling umum ketika ditanyakan oleh HRD/ user adalah mengenai kelebihan dan kekurangan Anda. Mereka ingin tahu apakah kamu percaya diri dengan kelebihan yang kamu miliki. Apakah kelebihan yang kamu miliki sesuai dengan kualifikasi yang dicari perusahaan. Tidak apa-apa bila kita memiliki kekurangan, manusia tidak ada yang sempurna. Yang ingin diketahui perusahaan adalah bagaimana cara kita menutupi kekurangan yang kita miliki. Misalnya, saya memiliki kekurangan yaitu gampang lupa. Cara saya untuk meminimalisir kekurangan saya adalah dengan membuat catatan setiap hari apa saja yang harus saya lakukan.

Jangan Menjelekkan Perusahaan Lama Anda

menjawab pertanyaan interview

Hal yang sering ditanyakan adalah kenapa Anda resign dari perusahaan sebelumnya. Mungkin alasan Anda sebenarnya resign karena bos lama Anda tidak menyenangkan, manajemen buruk, politik di kantor dan lain sebagainya. Bila kita menceritakan keburukan perusahaan lama kepada HRD, bisa jadi ke depannya kita akan berlaku sama apabila kita resign. Contoh jawaban yang bisa digunakan, “Saya resign dari perusahaan lama karena ingin mendapatkan tantangan baru di perusahaan yang lebih besar sehingga saya bisa lebih berkembang daripada sebelumnya. Saya yakin perusahaan ini bisa membantu saya untuk berkembang dalam hal karir karena perusahaan ini adalah salah satu perusahaan multinasional terbaik di Indonesia. ”

Respon Terhadap Masalah

Menjawab pertanyaan interview

Ada kalanya HRD/user akan bertanya seputar bagaimana cara kita menghadapi konflik yang terjadi dan cara menyelesaikannya. Misalnya saja bagaimana bila terjadi kesalahan pada anak buah dan bagaimana bersikap? Jawablah dengan contoh kasus yang pernah dihadapi di perusahaan sebelumnya. Jangan mengarang/mengada-ada. Apabila kita berbohong, akan menimbulkan pertanyaan lainnya dari HRD/ user.

Rencana Masa Depan

menjawab pertanyaan interview

Pernahkah HRD / user bertanya akan jadi apakah kita dalam jangka pendek, menengah dan panjang? Misalnya saja dalam waktu 2 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun ke depan. Seringkali saya mendengar jawaban, ingin sukses. Sukses itu sendiri maknanya luas. Kita sendiri harus mendefinisikan sukses itu seperti apa. Contohnya dalam jangka waktu  5 tahun ke depan saya ingin menjadi area sales manager di perusahaan ini. Jawablah dengan jawaban yang realistis.

Tanyakan Kembali Di Akhir Sesi

menjawab pertanyaan interview

Pada penutupan wawancara, pada umumnya HRD/user akan menanyakan apakah ada pertanyaan lain yang ingin diajukan. Jangan diam saja, tapi tanyakan sesuatu misalnya saja kapan hasilnya akan diumumkan. Apakah pencapaian terbaru di perusahaan ini. Bagaimana lingkungan kerja di perusahaan. Bagaimana jenjang karir di perusahaan. Bertanya menunjukkan Anda antusias dengan pekerjaan ini. Jangan lupa mengucapkan terimakasih dan menjabat tangan HRD/user.

Berdoa dan Minta Restu Orangtua

menjawab pertanyaan interview

Doa dan restu dari ayah dan ibu kita sangatlah luar biasa. Banyak teman-teman saya ketika melamar suatu pekerjaan dan saingannya berat dengan doa dan restu dari ayah dan ibu bisa memenangkan persaingan dan diterima di pekerjaan. Jadi jangan lupa ya sebelum berangkat interview meminta restu orang tua dan berdoa.

Demikianlah tips menjawab pertanyaan interview kerja. Semoga artikel ini berguna bagi teman-teman yang akan melakukan interview. Share bila informasi ini berguna.

23 comments

    1. sebelum interview,afirmasi positif kak. Berdiri depan kaca, ucapkan kalimat positif berulang-ulang. Saya percaya diri. Saya bisa menjawab wawancara dengan baik. Saya rileks dst. Cukup membantu kak dengan afirmasi.

  1. Kalo aku pribadi pas diinterview gak mikir, “gimana caranya gw harus masuk ni perusahaan” krn malah bakalan bikin tegang dan ngeblank. Jadi yauda wawancara aja… Dan dua kali spt itu di perusahaan berbeda keterima. Dan pada saat interview di bbrp perusahaan semuanya keterima. Mungkin pertolongan Tuhan dan kekuatan doa jg kali yaa hrhe

  2. wah terima kasih untik tips dan triknya terkait interview kerja mba, pas banget memang berniat untuk move on dari kemyamanan yg sudau luar biasa lama ini. Lagi ngerjain tips no #1 nya: UPDATE CV, hehhe.. ga boleh lebih dari 2 lembar yah berarti.

    Salak Inspirasi,
    sesuapnaso.com

  3. Berguna banget nih.

    Jadi ingat awal lulus kuliah lalu menyebarkan banyak lamaran, lalu dipanggil interview lalu gak dipanggil lagi hahaha.

    10 tahun kemudian, giliran saya yang mewawancara pelamar kerja.

  4. Saya pernah gagal nih lolos di akhir yaitu pas intrrview, padahal psikotestnya lolos. Poin-poin di atas bener semua terutama harus tau pelerjaan APA yang ingin dilamar. pelajaran yg saya ambil dari tidak lolos interview salah satunya adalah memang harus percaya diri. Tks sharing nya.. insha Allah mau melamar kerja lagi Kalo udh siap 😊

  5. Aku termasuk orang yang baru sedikit mengalami proses interview, secara dari lulus sampai saat ini masih di kantor yang sama tapi sekarang pengen move on. Baca artikel ini jadi dapet asupan baru, thanks Kak Inez.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.