6 Alasan Kenapa Orang Tertarik Memakai Narkoba

Pernahkah kamu tahu ada berapa banyak orang di Indonesia yang memakai narkoba? per 2017 ada sekitar 1-5 juta orang di seluruh Indonesia yang menggunakan narkoba. Untuk wilayah Jakarta sendiri diperkirakan 600 ribu hingga 1,2 juta pemakai. Pengguna terbanyak narkoba berusia antara 25-30. Indonesia merupakan sasaran empuk bagi pengedar internasional karena permintaan di pasar tinggi.

jauhi narkoba

Indonesia dihebohkan dengan munculnya narkoba jenis baru. Jumlahnya tidak main-main. Menurut BNN dari rentang tahun 2017-2018 ada 71 narkoba jenis baru beredar di Indonesia. Sepanjang tahun 2017 saja BNN mengungkap 46.537 kasus narkoba di seluruh wilayah Indonesia. BNN menangkap 58.365 tersangka, 34 tersangka TPPU( Tindak Pidana Pencucian Uang ), dan 79 tersangka yang mencoba melawan petugas ditembak mati. Presiden Jokowi pun menyatakan perang terhadap narkoba.

Lalu kenapa sih orang-orang masih memakai narkoba, walaupun sudah tahu bahaya dari narkoba?

Ingin Merasa Eksis

Tidak dapat dipungkiri ketika kita ada di lingkaran pertemanan yang mayoritas pengguna narkoba, pasti ada perasaan ingin berbaur dan merasa diakui di lingkungan tersebut. Sama seperti merokok, yang tadinya ngumpul-ngumpul ga enak sendirian ngga ngerokok, eh akhirnya ikutan ngerokok juga. Eksis nggak harus pakai narkoba kok. Tunjukkin diri kamu dengan prestasi. Ikuti passion kamu, tekuni hobi kamu, dan ada satu hal lagi yang sangat penting. Bergaulah dengan orang-orang yang memberikan dampak positif ke kamu.

Ingin Melarikan Diri Dari Masalah Dengan Cepat

Banyak anak muda ingin secara cepat melarikan diri sesaat dari masalah. Entah itu masalah rumah tangga broken home, masalah pribadi, masalah apa saja deh. Memang efek narkotika bisa membuat senang sesaat, tapi setelah efeknya berakhir, yang ada kita akan dihantui perasaan depresi, paranoid, dan parahnya ketergantungan. Masalah itu harus dihadapi. Percaya deh, tiap masalah ada penyelesaiannya. Jangan pendam sendirian dan melarikan permasalahan kamu dengan konsumsi narkotika. Yang ada itu akan menambah masalah baru. Kalau memang butuh bantuan untuk konseling dan curhat, bisa menghubungi layanan psikolog profesional, baik berbayar atau gratis. Kalau malu untuk curhat tatap muka, bisa via online kok. Ada beberapa website yang bisa memberikan konseling secara online, seperti psyline.id, riliv.copijarpsikologi.org

Merasa Bosan Dengan Hidup

Ada loh, yang pakai narkoba karena hidupnya flat. Dia pengen sensasi yang berbeda. Ini salah besar. Yang ada narkoba akan membuat hidupmu jadi berantakan dan frustasi. Tips untuk kamu yang sedang bosan nih, lebih baik gabung komunitas baru yang positif, seperti misalnya saja komunitas backpacker Jakarta. Di komunitas ini kamu bisa travelling dengan biaya murah dan pastinya bisa jalan-jalan menikmati pemandangan alam Indonesia. Mulai dari gunung, pantai, wisata budaya, dan banyak banget. Tantangannya seru-seru loh. Kamu bisa menjelajahi gunung sama teman-teman baru. Pastinya tantangan baru dan berkenalan dengan orang baru membuat hidup kamu lebih berwarna. Dan siapa tahu juga kamu ketemu jodoh juga di sana. Hihihi.

Pengaruh Media

Banyak artis yang tertangkap menggunakan narkoba dan diekspos oleh media. Guys, walaupun dia public figure, kalau sudah pakai narkoba jangan ditiru ya. Pesta narkoba ala artis itu kriminal. Jauh dari kata keren. Mending pesta ayam bakar aja deh. Kenyang.

Ingin Memberontak

Banyak remaja sekarang ingin menunjukkan kepada orang tua kalau mereka ingin memberontak. Ini gue loh. Gue bisa gini. Serius deh, jangan memberontak dengan menggunakan narkoba. Masa depan kamu taruhannya. Ketika kita memakai narkoba, perlahan otak kita akan dirusak secara permanen oleh narkoba. Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki. Jangan rusak dirimu sendiri hanya untuk memberontak dengan memakai narkoba. Sekedar saran bila ingin menunjukkan eksistensi diri ke orang tua, berprestasi dan mandiri lah. Banggakan orang tua.

Ingin Coba-Coba

Tahukah kamu, kalau bandar narkoba memberikan gratis pada awalnya untuk kamu coba? Sekali kamu pakai, gratis. Dua kali, gratis. Sampai nantinya kamu sudah ketagihan, dikenakan biaya yang mahal untuk mendapatkan narkoba. Terus kamu gak punya uang, mulailah kamu menjual barang berharga kamu, mencuri uang keluargamu, atau bahkan mencuri uang teman kamu. Kalau ditawari gratis narkoba, segera tolak dengan cepat. Tinggalkan teman yang memberikan pengaruh buruk bagimu. Teman di luar masih banyak kok. Teman yang baik tidak akan menjatuhkanmu ke dalam lingkaran narkoba.

Untuk millenials yang belum pernah memakai narkoba. Tetap pertahankan ya. Jauhi narkoba, dekati dia. Apa yang dapat kita lakukan sebagai generasi millenial untuk membantu pemerintah melawan narkoba? Dari hal kecil terlebih dahulu, yaitu mensosialisasikan kepada orang terdekat, keluarga, saudara, teman mengenai bahaya narkoba. Selain itu, kita bisa menggunakan media sosial untuk mensosialisasikan ke masyarakat bahaya narkoba. Kita juga bisa berpartisipasi dengan mengirimkan konten ke www.stopnarkoba.com dan www.cegahnarkoba.bnn.go.id untuk mendukung pemerintah melawan narkoba. Jangan sampai informasi mengenai bahaya narkoba ini berhenti di kamu. Share ya di sosial media kalian!

Baca juga Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.