Scylla Family : Solusi Teknologi Untuk Distribution Management System Fast Moving Consumer Goods

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan kunjungan ke kantor Pratesis. Di kantor Pratesis ini saya mendapatkan penjelasan mengenai produk IT yang ditawarkan oleh Pratesis. Seperti flashback ke masa-masa kuliah, produk-produk Pratesis ini mengingatkan saya mengenai mata kuliah ERP ( Enterprise Resource Planning ) yang saya pelajari lebih dari 6sks.

Kantor Pratesis

Di masa kuliah itu, saya mempelajari mulai dari supply chain management system, distribution management system, CRM ( Customer Relationship Management ), HRIS( Human Resource Information System ), Business Intelligence dan ERP. Saat kuliah informasi yang saya dapatkan hanya berdasarkan text book, penjelasan dosen, serta membaca jurnal. Ketika sampai di kantor Pratesis dijelaskan dari sisi industri dan pengenalan produknya. Sesi sharing ini memberikan insight baru bagi saya. Ternyata real di industri sangatlah kompleks. Data yang dikumpulkan dari tiap proses bisnis ini diproses dan dianalisa untuk nantinya menjadi acuan manager perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Keunikan Market Indonesia

Proses rantai distribusi di industri FMCG ( Fast Moving Consumer Goods ) boleh dibilang rumit dan sangat panjang. Perusahaan distribusi harus mengatur proses dimulai dari mengecek ketersediaan barang oleh supplier, ketersediaan barang di gudang, ketersediaan barang di gudang penyimpanan, pengiriman barang ke toko, hingga ketersediaan barang di toko. Proses distribusi di Indonesia juga terbilang unik dengan adanya diskon berjenjang, ataupun cashback. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk.

Diperlukan suatu sistem untuk mengelola saluran distribusi tersebut sehingga proses distribusi dapat berjalan lancar, efektif dan efisien. Nantinya hal ini berpengaruh kepada efisiensi biaya proses distribusi. Memang untuk investasi sistem butuh biaya yang cukup besar, namun hal ini sebanding dengan penghematan biaya, data yang didapatkan, serta laporan untuk dianalisa.

Salah Memilih Sistem Rugi Waktu dan Biaya

Perlu digarisbawahi, bahwa untuk mengimplementasi sistem baru di perusahaan dibutuhkan kajian yang mendalam. Jangan sampai tergiur dengan harga murah namun sistem tidak sesuai dengan proses bisnis yang ada sehingga membuat sistem yang sudah ada menjadi berantakan. Selain rugi dari sisi biaya, rugi dari sisi waktu adalah hal yang tidak dapat diganti dengan uang.

Sharing pengalaman oleh Account Manager Business Architecht dari PT Pratesis, Bapak Ichrom Machfud, suatu ketika ada client dari PT Pratesis yang sudah menggunakan produk Scylla selama beberapa tahun. Namun karena tidak terjadi kesepakatan harga, client tersebut mengganti sistemnya secara keseluruhan dengan sistem yang baru. Selang setahun kemudian client tersebut kembali menggunakan produk Scylla dari PT Pratesis karena sistem yang disediakan oleh PT Pratesis lebih baik dari produk sebelumnya.

Pengenalan PT Pratesis

PT Pratesis merupakan salah satu unit bisnis dari Gunung Sewu Group yang fokus di business technology. Kalau kamu masih awam dengan Gunung Sewu Group, mungkin kamu pernah dengan beberapa brand yang dikelola oleh Gunung Sewu Grup. Misalnya saja di industri agrobisnis ada brand Sun Pride, Green Giant Pineaple. Di industri consumer goods ada brand Re Juve, Bellfoods, Yupi, Sepatu Mas Idaman, National Label, Indo Porcelain. Di industri asuransi ada Sequis Life. Di industri properti ada Far Point. Di industri resources ada Baramutiara Prima. Di industri media ada MLIN.

PT Pratesis sudah berdiri sejak tahun 1987. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun ini kualitas dari produk Pratesis di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. PT Pratesis fokus pada industri yang bergerak di bidang retail, penjualan serta distribusi. PT Pratesis menyediakan solusi dari hulu ke hilir dengan produk unggulannya yaitu Scylla family dan aplikasi Pronto. Beberapa perusahaan FMCG seperti Sosro, Unilever, Mondelez, Khong Guan, Sinde, Khing Guan, Pinus Merah Abadi, Sejaya Grup, Lestari Alam, PT Senangjaya Mitra Sukses dan banyak industri FMCG lainnya sudah menggunakan produk dari PT Pratesis.

Sumber : Dokumen Pratesis

Scylla Family untuk Distribution Management System

Aplikasi Scylla memiliki 3 jenis produk. Yang pertama adalah Scylla Enterprise, Scylla Pro dan Scylla mobile. Ketiga produk ini lebih dikenal dengan Scylla family. Scylla enterprise ini membantu principal mengelola distributornya. Baik dari sisi proses transaksional atau operasional di tingkat cabang atau distributor – mulai dari manajemen penjualan, persediaan, penagihan, utang-piutang, kas hingga kepada GL (General Ledger). Aplikasi Scylla dapat mengkonsolidasikan data atas kegiatan cabang atau distributor. Dengan sistem yang ada pada aplikasi Scylla maka kita dapat mengetahui kegiatan distribusi, cakupan distribusi, efektivitas promosi, kinerja penjualan, kinerja tim sales, inventory,hutang dan piutang, cash di bank.

Istilah yang sering digunakan

Seperti diagram yang kita lihat di atas, aplikasi Scylla mengelola dari proses bisnis yang terjadi di principal, distributor, sales, hingga ke point of sales.Scylla mobile adalah aplikasi yang dipakai oleh tim sales force ketika mencatat order dari pelanggan secara canvassing. Aplikasi ini nantinya akan mengecek apakah sales sudah mengunjungi lokasi yang perlu didatangi, performa penjualan sales masing-masing wilayah, serta analisa penjualan.

Scylla Family

Dengan adanya aplikasi Scylla maka pergerakan dari setiap barang yang didistribusikan oleh perusahaan dapat dimonitor. Perusahaan juga mengetahui respon pasar atas kebijakan harga dan promosi yang diterapkan. Dengan adanya data ini nantinya diproses oleh aplikasi Scylla sehingga diketahui minat produk selama periode tertentu. Informasi ini sangat penting karena mempengaruhi biaya produksi, pergudangan dan inventori barang.

Scylla Business Solution

ERP Solusi Untuk Manufaktur

Apabila perusahaan ingin memiliki sistem yang juga bisa mengelola sisi produksi, maka PT Pratesis memiliki solusi sistem ERP yaitu Pronto. PT Pratesis bekerja sama dengan perusahaan ERP asal Australia yang sudah berdiri selama 40 tahun. Pastinya ERP yang disediakan sudah best practices dari industri yang masih memiliki keterkaitan dengan FMCG dan Mining.

Aplikasi Scylla merupakan aplikasi distribution management system yang cocok dipakai oleh perusahaan dengan skala kecil ( single distributor ), menengah ( multi distributor ), regional, maupun prinsipal. Produk Scylla sudah dipakai lebih dari 1400 industri FCMG dan Mining di Indonesia. Untuk after sales service PT Pratesis menyediakan support yang luar biasa. Dengan tagline “National Coverage with Local Culture” PT Pratesis mempekerjakan penduduk lokal untuk L1 support.

Sumber : Dokumen PRATESIS

Keunggulan Produk Scyla

Beberapa keunggulan Scylla antara lain

  • Scylla dapat membuat analisa laporan hingga 150 laporan. Nantinya format laporan ini disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Tim support Scylla tersebar di seluruh Indnesia.
  • Ada tim untuk implementasi.
  • Ada konsolidasi dengan distribusi
  • Berdiri sejak tahun 1987, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. Sistem Scylla sudah best practice dan disesuaikan dengan market lokal Indonesia.
  • Beli bukan per nama namun per license ( concurrent )
  • Untuk produk Pronto sendiri lebih simple daripada produk ERP lainnya.

Demikianlah sharing yang bisa saya bagikan setelah berkunjung ke kantor PT Pratesis. Semoga kalian mendapatkan insight baru ya seputar distribution management system dan ERP. Kalau ingin mendapatkan informasi seputar produk PT Pratesis, bisa langsung datang ke kantornya di Wisma Mampang Lt 5 Jl Mampang Prapatan Raya no 1 tlp 021-7974688 atau bisa mengunjungi website PT Pratesis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.