Kenapa Memilih Nama Blog Helloinez.com?

Ketika mau buat blog helloinez ini, banyak sebenarnya nama-nama domain yang menjadi kandidat. Tapi pada akhirnya saya putuskan untuk membeli domain ini. Ketika coba cari di provider hosting, eh ada. Seneng banget rasanya. Helloinez ini sifatnya universal. Tema apapun bisa saya masukkan di dalam blog ini. Pertama Hello merupakan sapaan kepada orang saat berjumpa, baik di telepon, di dunia real life, dan juga dunia maya. Sapaan hangat ala inez lah, kira-kira seperti itu.

Nama Blog Yang Sangat Personal dan Mudah Diingat

Lalu kedua, saya menempatkan nama asli saya di belakang kata hello. Saya ingin website ini lebih personal dan saya banget, makanya saya tambahkan nama saya. Btw tahukah kalian arti nama dari Inez? Arti namanya bagus banget. Nama ini pemberian ayah saya. Inez memiliki arti nama lembut dan murni. Website ini diberi nama helloinez juga untuk branding diri saya.

Kenapa saya tidak membuat website dengan nama sendiri? Jawabannya adalah belum. Suatu saat bakalan buat kok. Nama saya soalnya panjang, jadi kalau mau buat sebagai nama website, agak susah diingat. Coba kalau helloinez. Gampang diingat kan? Pastinya dong!

Pentingkah Penamaan Domain Sesuai Niche?

Seberapa penting sih nama domain untuk suatu blog? Jadi gini, menurut pandangan saya pribadi loh ya. Kalau memang ingin serius di suatu niche, misalnya travel atau hobi, sebaiknya nama domain disesuaikan dengan kata yang terkait dengan niche tersebut. Lebih bagus lagi kalau sebelumnya melakukan riset untuk kata kunci tertentu, dicari volume pencariannya perbulan. Kalau ada 1000an yang cari, tandanya ada pasarnya. Lalu langsung beli deh domainnya. Misalnya saja kita punya bisnis wisata di pulau tidung, lebih bagus lagi kalau buat website dengan domain paketpulautidung dot com atau dot id dll. Hanya sekedar contoh saja ya.

Kalau mau blognya isi gado-gado bisa coba nama domain yang lebih general. Misalnya catatansijameladotcom dll. Pertanyaan berikutnya, yang sering ditanyakan. Bagusan dot com, dot net, dot id atau yang lain-lain? Jawaban pribadi saya sih sama aja. Disesuaikan sama budget aja. Untuk dot com harga di 100ribuan. Untuk dot id harga berkisar di 200ribuan. Memang sih orang familiar sama dot com, tapi belakangan dot id sudah mulai naik daun kok.

Konsistensi Menulis

Mau nama blognya cetar membahana, kalau kitanya tidak konsisten menulis,sama saja bohong. Coba deh kamu bayangin, dalam 1 hari ada 1-5 page view untuk 1 artikel hasil dari optimasi blog kamu. Terus artikel kamu ada 1000. Dalam 1 hari potensi page view kamu bisa 1000-5000. Kaliin aja 30. Dalam sebulan potensinya 30.000-150.000 post view. Makanya penting banget buat kamu untuk menerapkan kaidah-kaidah SEO dalam setiap blogpost. Supaya kenapa? Supaya keindeks di google dan membuka peluang artikel kamu keindeks di google. Join komunitas penting juga, karena dengan join komunitas kita bisa saling blogwalking.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.