Investasi Pendanaan yang Aman dengan P2P Lending Akseleran

Perencanaan keuangan merupakan keahlian  yang dibutuhkan saat ini. Bagaimana tidak, seluruh pendapatan yang kita peroleh apabila tidak dikelola dengan baik maka akan habis begitu saja. Sering sekali saya mendengar keluhan dari orang-orang bahwa gaji mereka habis sebelum akhir bulan. Ada juga teman yang bingung uang yang dimiliki ingin diapakan. Ingin investasi aman di properti, diputar di bisnis, disimpan di deposito, ataupun investasi lainnya.

Langkah Awal Memulai Perencanaan Keuangan

Sebenarnya sangat mudah untuk memulai perencanaan keuangan. Bila kita ingin memulainya, pertama kita harus mencatat seluruh pengeluaran yang kita keluarkan selama satu bulan penuh. Nanti setelah dicatat maka kita bisa mendapatkan gambaran besar pengeluaran kita setiap bulan. Setelah itu, kita akan mengevaluasi dan mengelompokkan pos-pos belanja bulanan.

Pos Pengeluaran Bulanan

Perencanaan keuangan paling mudah bisa menggunakan prinsip 50-30-20. Dengan sistem ini 50% gaji yang masuk dianggarkan untuk biaya hidup (living), 30% untuk menabung (saving), dan 20% untuk gaya hidup dan hiburan (entertain). Namun semuanya kembali lagi ke tujuan finansial yang akan dicapai ingin seperti apa. Misalnya saja, orang yang ingin menikah, orang yang ingin mempersiapkan membeli rumah, dan persiapan pensiun pasti beda instrumen investasi yang dipilih dan proporsi investasinya pun bisa berbeda.

Apa saja yang masuk ke biaya hidup? Biaya untuk makan, ongkos transportasi, listrik, air, telepon, asuransi kesehatan, hutang bila ada. Biaya-biaya ini adalah biaya yang tiap bulan kita wajib keluarkan. Gambaran dana ini bisa kita peroleh ketika kita mencatat pengeluaran bulanan sebelumnya. Maksimal pengeluaran untuk biaya hidup ini 50% maka bila memiliki penghasilan Rp10 juta, untuk biaya hidup maksimal di angka Rp5 juta.

Apa saja yang masuk ke biaya untuk menabung dan investasi? Misalnya saja mulai menyisihkan sebagian uang untuk mempersiapkan dana darurat. Kapan sih dana darurat ini diperlukan? Misalnya ada keluarga yang meninggal, handphone rusak, rumah bocor mendadak, di PHK mendadak dan hal-hal lainnya yang di luar anggaran bulanan kita. Besaran dana darurat bila kita masih single bisa disiapkan sebesar 3-4 kali pengeluaran bulanan. Untuk yang sudah berkeluarga bisa mempersiapkan dana darurat 12-24 kali pengeluaran bulanan.

Selain mengumpulkan dana darurat, ada lagi yang harus kita persiapkan. Misalnya saja persiapan pendidikan anak, persiapan pensiun, persiapan untuk menikah, investasi pengetahuan seperti membeli buku dan mengikuti seminar, dan sebagainya. Alokasi untuk menabung ini sebesar 30% jadi bila penghasilan kita Rp10 juta maka ada anggaran Rp3 juta yang bisa kita alokasikan untuk menabung dana darurat dan investasi.

Yang terakhir adalah biaya untuk hiburan. Setelah kita bekerja, tentunya kita ingin menikmati hasil jerih payah dari kita bekerja. Misalnya saja kita bisa menganggarkan biaya untuk jalan-jalan ke mall saat weekend, membeli baju, dan keperluan gaya hidup lainnya, isi saldo dompet online untuk belanja. Biaya untuk hiburan ini besarnya 20% dari pendapatan kita. Misalnya saja pendapatan Rp10 juta, maka biaya untuk hiburan bisa di angka Rp2 juta. Bila ingin liburan, kita bisa mengambil dari dana ini. Perencanaan untuk liburan bisa direncanakan sekali dalam setahun atau dua kali dalam setahun.

Bila dilihat dari rentang waktunya, tujuan keuangan ada jangka waktunya, misalnya tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek misalnya saja persiapan pernikahan. Jangka menengah misalnya menyiapkan Down Payment (DP) rumah. Untuk jangka panjang misalnya persiapan dana pendidikan anak kuliah atau persiapan pensiun.

Investasi Pendanaan Aman dengan Akseleran

Saya akan membahas contoh investasi untuk jangka pendek dan instrumen apa yang bisa menjadi alternatif pilihannya. Untuk persiapan pernikahan saya memilih instrumen investasi Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran. Apa sih yang dimaksud dengan P2P Lending? Jadi saya memiliki uang untuk dikembangkan untuk persiapan pernikahan, sedangkan ada orang di luar sana membutuhkan uang untuk diputar di bisnisnya. Akseleran merupakan wadah yang mempertemukan antara saya yang memberikan uang (lender) dan si peminjam uang (borrower). Tentunya yang sudah bekerja sama dengan Akseleran adalah badan usaha/pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sudah memenuhi standar dari Akseleran, dicek dari sisi kelayakan dan risiko pinjaman.

Bunga yang diberikan oleh Akseleran sangat kompetitif bila dibandingkan kita menginvestasikan ke deposito. Per tahunnya kita bisa mendapatkan bunga 21% per tahun. Bunga ini bergantung dari analisis risiko dan pinjaman yang dilakukan tim Akseleran terhadap calon peminjam dana (borrower). Di Akseleran ini kita bisa melihat banyak sekali bisnis yang membutuhkan pinjaman uang untuk mengembangkan usahanya. Kita bisa menaruh uang kita di banyak bisnis. Dimulai dari uang Rp100 ribu saja kita bisa mulai berinvestasi pendanaan atau mengembangkan dana di Akseleran.

Akseleran ini merupakan alternatif investasi pendanaan yang aman dengan tingkat risiko yang terukur. Saat ini Akseleran telah mengimplementasi perlindungan asuransi kredit atas beberapa pinjaman yang beragunan invoice (tagihan) dan seluruh pinjaman Online Merchant.

Premi asuransi ini dikompensasikan dalam bentuk tingkat imbal hasil yang telah disesuaikan kepada lender/pemberi pinjaman. Asuransi kredit akan memberikan pengembalian 85% dari total pokok pinjaman beragunan invoice (tagihan) dan 80% dari total pokok pinjaman Online Merchant yang masih terhutang pada hari ke-90 sejak tanggal jatuh tempo pinjaman. Intinya walaupun memberikan imbal hasil yang tinggi, Akseleran ada asuransinya.

TKB (Tingkat Keberhasilan) Akseleran secara atau TKB90 ada di angka 96,18% per 31 Maret 2020. TKB menunjukan keberhasilan Akseleran dalam menjaga tingkat kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) agar tetap rendah. Semakin tinggi angka TKB, semakin baik performa platform dalam menekan angka NPL.

Cara Investasi Pendanaan yang Aman di Akseleran

1.Buka https://www.Akseleran.co.id/ klik daftar

investasi aman

2. Lengkapi data

investasi aman

3. Baca dan pelajari kebijakan privasinya, setuju bila sudah selesai membacanya.

investasi aman

4. Masukkan kode referal AKSLINEZ328752 maka akan mendapatkan free saldo senilai Rp100 ribu.

investasi aman

5. Cek email verifikasi.

investasi aman

Review Jujur Menggunakan Aplikasi Akseleran

Saya merupakan pengguna baru di Akseleran. Saya puas menggunakan Akseleran dan berhasil meminjamkan uang kepada salah satu pemilik usaha kontraktor.

investasi aman

Investasi pendanaan yang saya pilih ada di grade B, dengan tenor 4 bulan dan bunga efektif sebesar 18%. Bila saya memiliki uang Rp1 juta saya bisa membagi risiko pinjaman ke 10 bisnis dengan nilai Rp100 ribu per bisnisnya. Jadi bila ingin merencanakan pernikahan, kalian bisa investasi pendanaan yang aman di Akseleran  dengan imbal hasil yang menjanjikan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.