Penyebab Kulit Siku dan Lutut Berwarna Hitam

Apakah warna kulit siku dan lutut Anda lebih gelap dibandingkan bagian tubuh lainnya? Jika iya, Anda tidak sendirian karena kondisi ini juga terjadi pada sebagian besar orang.

Kondisi kulit siku dan lutut berwarna hitam sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri karena merasa penampilannya terganggu. Yuk, kenali penyebab siku dan lutut berwarna hitam dan cara mengatasinya di artikel berikut.

Penyebab Siku dan Lutut Berwarna Hitam

Terkena sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung merupakan salah satu penyebab kulit siku dan lutut berwarna hitam. Jika Anda sering menggunakan baju, celana, atau rok pendek, jangan lupa gunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terlindungi.

Terjadi gesekan pada area lipatan kulit

Kebiasaan menopang dagu tanpa disadari dapat membuat kulit siku berwarna hitam. Hal ini disebabkan oleh gesekan yang terjadi di area lipatan kulit anda. Sama halnya dengan lutut, menggunakan pakaian yang terlalu ketat akan menimbulkan gesekan terhadap kulit lutut Anda. Gesekan tersebut akan membuat kulit menjadi tebal dan mengakibatkan kulit siku dan lutut Anda berubah warna menjadi hitam dan terlihat lebih gelap.

Kondisi kulit kering

Menjaga kelembapan kulit merupakan salah satu hal penting untuk mencegah kulit siku dan lutut menghitam. Kulit yang kering akan membuat sel-sel kulit lebih cepat mati dan menyebabkan penumpukan sel yang akhirnya membuat kulit menghitam.

Sebenarnya, kondisi kulit berwarna hitam di area lipatan tubuh, seperti siku, lutut, dan leher merupakan hal yang wajar dan tak dapat dihindari karena bagian kulit tersebut lebih sering bergesekan dengan pakaian yang Anda gunakan. Namun, jika ingin mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa cara memutihkan siku dan lutut dan siku di bawah ini.

Tips Memutihkan Lutut dan Siku

 Lakukan scrubbing secara teratur

Melakukan scrubbing secara teratur akan mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Tak hanya kulit wajah, melakukan eksfoliasi kulit tubuh juga penting untuk Anda lakukan. Hal ini akan mendukung terjadinya regenerasi sel kulit baru yang menjadikan kulit Anda tampak lebih cerah dan halus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan scrub setiap 2-3 kali dalam seminggu.

Pakai lotion dengan kandungan pencerah

Pemakaian lotion secara rutin juga dapat membantu mencerahkan kembali kulit siku dan lutut yang menghitam. Selain menggunakan produk yang dapat menjaga kelembapan kulit Anda, pilihlah lotion dengan kandungan yang dapat mencerahkan kulit.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat lulur alami untuk memutihkan kulit lutut dan siku Anda. Mengutip laman Momslyfe, ini bahan alami yang bisa Anda gunakan:

  • teh hijau,
  • lidah buaya,
  • kunyit,
  • lemon,
  • minyak kelapa,
  • dan soda kue.

Gunakan sabun dengan kandungan susu kambing

Hal lain yang dapat Anda coba untuk mencerahkan kulit siku dan lutut, yaitu menggunakan sabun yang mengandung susu kambing. Kandungan alpha hydroxy acid atau AHA yang terdapat dalam susu kambing dapat membantu proses eksfoliasi sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit Anda. Tak hanya membuat kulit tampak lebih bersih, sabun dengan kandungan susu kambing juga dapat mencerahkan area yang menghitam di bagian tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.