Pengalaman Belajar Digital Marketing Dari Agency

Akhirnya masuk juga bulan Februari. Nggak berasa banget satu bulan sudah berlalu. Tahun ini saya mulai mendalami digital marketing. Sebelumnya sih saya itu belajar digital marketing dari diskusi dengan teman, nonton video tutorial, baca-baca buku dan praktek. Rugi? Duh udah jutaan rupiah sih rugi saya wkwkwk. Tapi namanya proses belajar, anggap saja itu ongkos saya belajar!

Well, saya akhirnya memutuskan untuk ambil course mengenai digital marketing dari sisi agency. Sekitar 3 bulan pembelajaran. Sekarang sih baru 1 bulan berjalan ya. Bener-bener membuka wawasan banget sih. Praktek di lapangannya seperti apa. Kebayang kan belajar digital marketing sama orang yang udah handle spending ads ratusan hingga milyaran rupiah. Banyak insight pastinya.

Dunia digital marketing itu nggak cuma tentang social media ads. Google ads. Tapi luas banget… Semakin saya belajar semakin banyak nggak tahunya. Menggarap digital marketing sekelas online shop sangat berbeda dengan menggarap perusahaan besar.

Bedanya dimana? Tentu pertama di budget pasti ya. Dari sisi tim juga, kalau di perusahaan mereka ada tim branding sendiri. Terus ada orang creatives juga yang supply konten. Jadi kalau ingin mengadakan online activity ya tinggal hire orang agency. Bahas soal branding ini panjang banget nget nget.

Kenapa panjang? Karena ini adalah soul nya produk perusahaan tersebut sih menurut saya. Dari branding ini sendiri pun nantinya bisa diturunkan jadi creatives ads, targeting, dan lain-lain.

Jadi apa saja yang saya pelajari di digital marketing course ini? Di minggu pertama saya belajar branding dan marketing strategy. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya ini adalah fundamental yang harus dikuasai sebelum masuk ke ads yang teknikal banget berupa data, angka.

Lalu saya belajar tentang content marketing. Masih berkaitan dengan branding. Di sini diajarkan bagaimana menerjemahkan branding strategy yang sudah dirancang menjadi konten.

Minggu kedua saya belajar mengenai digital marketing fundamental. Kita diajak untuk melihat bisnis secara “helicopter view”. Ngoprek lean canvas dan merumuskan funneling strategy. Menarik banget sih.

Minggu ketiga belajar landing page dan social media ads. Boleh dibilang materi ini saya lumayan menguasai karena sudah beberapa kali buat landing page dan bikin iklan di social media. Tapi ada satu materi yang menurut saya ribet banget. Google tag manager bikin saya bingung wkwkwk. Perlu pendalaman lebih sih karena ga bakalan kelar google tag manager dibahas 1 jam doang. Harus coba-coba sendiri juga.

Minggu keempat belajar google ads dan youtube ads. Ini menarik sih, karena saya sama sekali belum pernah coba google ads. Perlu 14 creatives kalau mau pasang iklan di google ads. Ukurannya beda-beda, thanks God ada canva yang bisa memudahkan membuat creatives.

Oke sekian dulu. Nanti kalau ada update lanjut deh hehe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.