11 Tips Staycation Saat Pandemi

Di saat pandemi seperti saat ini rasanya untuk pergi liburan ke luar kota was-was dengan covid. Ada liburan yang menjadi pilihan di saat pandemi ini yaitu staycation. Dengan staycation kita tidak perlu pergi ke luar kota, tapi bisa menikmati liburan di hotel atau apartemen pilihan.

Dengan staycation liburan lebih aman karena tidak terlalu banyak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Diam di hotel dan menikmati waktu “me time”. Kita tidak perlu ribet memikirkan itinery mau pergi kemana saja.

Berikut beberapa tips bila ingin staycation di saat pandemi:

Pastikan Diri Dalam Keadaan Sehat

Sebaiknya sebelum berangkat staycation pastikan diri dalam keadaan sehat. Bila ada gejala seperti batuk, pilek, demam sebaiknya berobat dulu tunggu hingga sembuh. Jika gejala covid berlangsung selama berhari-hari bahkan sampai kehilangan indera penciuman dan perasa sebaiknya tidak berangkat staycation demi kebaikan bersama.

Selalu Sedia Hand Sanitizer

Ketika pergi staycation sebaiknya selalu membawa hand sanitizer karena tangan kita seringkali bersentuhan dengan benda-benda yang disentuh oleh banyak orang, seperti misalnya tombol lift, gagang pintu, dan lain-lain.

Membawa Perlengkapan Perlindungan Diri

Selalu membawa masker dan cadangannya. Kalau memang diperlukan, bisa membawa face shield. Bisa juga membawa sarung tangan bila ingin keluar ruangan.

Jangan Melakukan Kontak Fisik Saat Check In

Jika check in di hotel dan perlu membubuhkan tanda tangan sebaiknya menyiapkan bolpen pribadi. Tidak ada yang tahu bolpen yang digunakan oleh resepsionis sudah digunakan oleh siapa saja dan apakah orang tersebut terjangkit covid atau tidak. Jadi untuk amannya lebih baik siapkan sendiri bolpennya.

Memilih Room Service Untuk Sarapan

Di saat pandemi seperti saat ini sebaiknya gunakan room service untuk memesan makanan. Jadi sarapan diantar ke kamar kita oleh petugas hotel dan kita bisa dengan tenang menikmatinya. Namun bila tidak ada room service untuk sarapan, kita bisa mengambilnya di buffet dan membawanya ke kamar untuk dinikmati di dalam kamar.

Tidak Berenang Atau Menggunakan Fasilitas Gym

Kolam renang dan gym merupakan fasilitas umum yang disediakan di hotel. Namun di situasi pandemi seperti saat ini sebaiknya hindari menggunakan fasilitas umum karena kita tidak tahu apakah orang yang sudah menggunakan fasilitas tersebut terinfeksi covid atau tidak. Berdekatan di kolam renang juga tidak baik di pandemi seperti ini. Untuk mengurangi resiko penularan sebaiknya tidak berenang atau menggunakan fasilitas gym terlebih dahulu.

Selalu Sedia Vitamin

Daya tahan tubuh yang baik membuat benteng pertahanan tubuh menjadi kuat menghadapi virus. Sebaiknya selalu mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus.

Gunakan Peralatan Makan Sendiri

Jika kamu khawatir peralatan makanan yang digunakan tidak higienis, sebaiknya bawa sendok dan garpu sendiri agar hati dan pikiran tenang.

Memilih Kamar Yang Ada Balkon Atau Jendela

Berada di ruangan yang tertutup dan ber ac kurang baik karena sirkulasi udaranya tidak ada. Sebaiknya bila memungkinkan pilihlah hotel yang memiliki balkon atau jendela agar ada sirkulasi udara masuk.

Berjemur dan Olahraga Pagi

Jangan lupa untuk selalu berjemur di pagi hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa berjalan-jalan di pinggir kolam renang untuk mendapatkan sinar matahari pagi sambil olah raga pagi.

Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan

Selalu terapkan protokol kesehatan saat staycation di hotel. Misalnya tidak berkerumun saat mengambil sarapan. Selalu gunakan masker dan alat pelindung diri lainnya. Selalu cuci tangan menggunakan sabun setelah beraktivitas. Jangan lupa untuk tidak menyentuh area hidung dan mata sebelum mencuci tangan.

Demikian tips staycation selama pandemi ini. Memang terlihat agak sedikit rumit namun ini demi kebaikan bersama. Kita harus saling menjaga agar penularan tidak meluas, namun tetap bisa menikmati liburan bersama keluarga tercinta. Semoga tips staycation ini bermanfaat untuk teman-teman semua!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.