Refleksi Ulang Tahun

Akhirnya, saya secara sah menginjak umur 30. Umur yang tidak lagi bisa dibilang muda. Bagi seorang wanita, umur 30 seperti awal yang baru. Banyak hal-hal yang sudah terjadi selama 30 tahun belakangan ini. Saya ingin mengenang ulang tahun saya ini dalam tulisan. Ya, mungkin bila saya masih diberi kesempatan tahun depan untuk berulang tahun ke-31, saya ingin membaca ulang tulisan ini.

Apa yang saya pelajari selama 1 tahun ini? Banyak sekali. Dari sisi pertumbuhan secara psikologis maupun secara fisik lumayan banget perkembangannya. Saya mengalami penurunan berat badan drastis dan naik juga drastis. Dari sisi psikologis, wah ini panjang banget diceritakan. Intinya, saya selama setahun belakangan ini mulai membuka hati untuk pria baru.

Pekerjaan

Sejak dari jaman kuliah saya sangat tertarik dengan dunia keuangan. Saya dulu memutuskan magang di salah satu perusahaan Indeks. Di situ saya belajar banyak hal seputar fundamental & teknikal analisis. Menyenangkan. Penuh logika dan saya tertarik. Lokasinya persis di gedung kantor yang akan saya tempati sekarang. Hingga suatu ketika saya mendapatkan kesempatan untuk mulai berkarir lagi di industri keuangan. Awal Mei, saya melamar di sebuah perusahaan asuransi, dan diterima.

Puji Tuhan. Selama saya bekerja, cukup banyak pelajaran yang saya dapat. Terutama dalam hal profesionalitas pekerjaan. Saya belajar bagaimana cara branding diri sendiri. Branding di industri ini sangatlah penting. Saya belajar bagaimana membantu klien untuk merencanakan keuangannya. It’s fun.

Setelah 11 bulan berkarir, saya memutuskan untuk resign dari kantor saya yang lama. Saya bergabung di kantor yang baru, masih sejenis industrinya. Hanya saja statusnya bukan sebagai karyawan, tapi sebagai agent. Saya merasakan atmosfer yang berbeda dari kantor yang sebelumnya. Penuh dengan orang-orang yang bersemangat dan positif. Semoga saya bisa berkarya dan membantu klien lebih banyak lagi nantinya.

Komunitas

Selama 1 tahun belakangan ini banyak hal yang saya dapatkan dari komunitas yang saya ikuti. Saya belajar bagaimana mengatur waktu, mengatur orang, dan mengatur acara. Saya banyak belajar bagaimana mengelompokkan masalah dan mencari solusi dari masalah yang sudah ada. Dari sini saya belajar panjang sabar dan memaafkan.

Dari komunitas, saya belajar bagaimana membuat sebuah seminar. Paket komplit pokoknya. Saya belajar menjadi negosiator, MC dadakan, Event organizer, dan mengurus hal-hal administratif dari pendaftaran sampai surat-menyurat ke sponsor. Capek? Jangan ditanya. Hari H saja saya baru bisa tidur jam 3.30 pagi. Acara jam 9 pagi, saya kesiangan bangun jam 8.30 nggak pake mandi langsung pergi ke lokasi. Untungnya, saya memiliki tim yang support banget.

Di dalam komunitas, kedewasaan saya diuji. Ketika harus dihadapkan dengan konflik, masalah, dan deadline, saya dituntut untuk berpikir jernih. Bagaimana tidak, bila sedikit saja saya bersikap emosional dan mementingkan ego pribadi. Pastinya tugas tidak akan selesai.

Saya belajar bagaimana harus bersikap dalam menghadapi masing-masing individu. Sekali lagi. Terimakasih untuk teman-teman komunitas karena sudah memberikan saya pembelajaran untuk menuju fase kehidupan saya yang selanjutnya.

Cinta

Untuk pertama kalinya setelah sekian tahun, saya kembali merasakan deg-degan ketemu cowok. Saya bingung menggambarkannya. Apakah itu rasa suka, kagum,atau penasaran. Setelah bertemu dia, saya merasa senang, seperti re-charge. Ada energi positif yang masuk. He is my mood booster. Saya banyak belajar dari dia. Terutama tentang profesionalitas dalam pekerjaan.

Pernah dikecewakan olehnya? Sering. Mungkin dia pun pernah kecewa kepada saya tanpa saya sadari. Saya tidak tahu apakah dia menyukai saya atau tidak. Beberapa teman saya yang pernah bertemu dengan kami berdua selalu menduga kalau kami adalah pasangan. Ada yang berbeda dari tatapan mata kami dan body language nya. Perasaan saya sih biasa aja, tapi orang lain beranggapan demikian.

Jika dia memang jodoh yang Tuhan berikan, pasti Tuhan akan berikan jalan untuk kami bersatu. Jika tidak, saya berdoa Tuhan memberikan pasangan hidup yang sungguh mengasihi dia dengan tulus sampai maut memisahkan.

Kesehatan

Saya memulai fitness di awal Februari 2019. Saya berhasil turun 7 kg per Mei 2019. Excited banget pastinya. Sebelumnya pun saya sempat turun 7 kg. Namun naiknya lebih dari 7 kg. Saya juga mulai belajar puasa untuk kesehatan. Sebenarnya motivasi saya ingin menurunkan berat badan adalah untuk hidup sehat. Cantik adalah bonus.

Website

Saya membuat 2 buah website baru tahun kemarin yaitu perencanaan keuangan dan koranviral, namun koranviral saya hapus. Sisa 1 web niche keuangan yang akan saya seriusin. Semoga bisa konsisten untuk membuat materi di web itu. Web ini pada dasarnya adalah blog pribadi saya berisi tentang ilmu yang saya miliki. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak juga tawaran content placement atau event yang saya ikuti. Lumayan buat bayar biaya hosting dan domain 🙂

Harapan

Semoga selama 1 tahun ke depan ini saya bisa berkarir di perusahaan yang baru dan mendapatkan income lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Saya akan mulai membangun portfolio investasi saya. Saya akan mengambil sertifikasi CFP ( Certified Financial Planer ). Saya akan melanjutkan S2 saya di UI jurusan marketing. Saya akan membahagiakan kedua orang tua saya dengan mengajak mereka wisata rohani ke Israel, dan tentunya menikah serta memberikan cucu bagi mereka 🙂 Pastinya, pasangan yang menjadi pasangan hidup saya adalah pasangan yang sepadan, seperti yang Tuhan kehendaki.

Semoga semuanya tercapai. Amin.

Demikianlah refleksi ulang tahun ke-30 saya kali ini. Semoga Tuhan masih memberikan rahmat dan anugrah supaya saya bisa menulis refleksi ulang tahun ke-31 di tahun yang akan datang!

3 comments

  1. ayo tambah semangat lagi… menjadi sesuatu itu bahagia banget… apalagi kalau kita sadar semua itu dari kemandirian kita. jadi pribadi yang mau belajar sendiri itu luar biasa. bantuan hanya bonus. btw… boleh dong kasih tahu komunitasnya apa… pengen gabung nih..

  2. Pencapaian kak Inez luar biasa. 1 tahun terakhir tampak begitu menggelora dengan banyaknya hal2 baru. Baik untuk komunitas maupun untuk diri sendiri. Salut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.