Insecure Adalah Hal Yang Normal Kok, Tapi Nggak Boleh Kelamaan Ya

Pernah gak kamu ngerasa insecure? Saya pun pernah mengalaminya. Insecure adalah perasaan yang wajar. Namun kita tidak boleh berlarut-larut kelamaan insecure. Insecure merupakan perasaan tidak aman yang membuat seseorang gelisah, tidak percaya diri, malu dan takut.

Insecure Dari Eksternal

Rasa insecure bisa datang dari luar maupun diri dalam. Insecure dari luar misalnya banyak orang-orang toxic yang selalu menjatuhkan dalam hal negatif ya. Selalu mengkritisi tanpa memberi solusi. Apalagi untuk anak muda jaman sekarang ini rentan banget insecure karena standard ganteng dan cantiknya tinggi banget. Yang cantik harus putih, mancung, wajah glowing, tinggi semampai bak model.

Saya pun pernah mengalami insecure karena ada beberapa orang toxic di sekitar saya. Mereka selalu mengkritisi mengenai bentuk tubuh yang saya miliki dan menjadikannya sebagai bahan hinaan atau bercanda. Hal ini membuat saya seringkali tidak percaya diri dan malu.

Orang-orang toxic seperti ini tidak hanya orang yang ada di sekeliling kita, tapi sekarang banyak sekali netizen yang toxic menghakimi dan menjelekkan orang lain di sosial media. Mereka merasa dirinya sempurna dan berhak untuk mengkritisi orang lain tanpa bercermin ke diri sendiri.

Insecure Dari Internal

Insecure yang datang dari internal misalnya rasa kesepian dan sikap perfeksionis yang dimiliki oleh seseorang. Jujur saya termasuk orang yang perfeksionis dan sering banget mengalami insecure. Selalu ingin all out dalam mengerjakan segala sesuatu sampai ke detail-detailnya. Kadang ketika merasa kurang sempurna dalam mengerjakan suatu hal, seringkali menyalahkan diri sendiri.

Ketika merasakan kesepian, saya menjadi cemas dan gelisah. Saya tahu ini insecure yang tidak baik. Bila saya terus-menerus dalam perasaan yang insecure hal ini akan membawa saya kedalam stress dan depresi. Saya berusaha untuk mencari kegiatan positif agar tidak lagi merasa kesepian. Saya bergabung dengan komunitas, berkenalan dengan orang baru. Bersosialisasi dan berbagi dengan teman-teman baru.

Cara Untuk Menghadapi Insecure

Ada beberapa cara untuk menghadapi insecure. Pikiran positif sangat membantu untuk menghadapi insecure. Semakin bertambahnya usia, saya banyak belajar untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang, bukan hanya dari kacamata saya saja. Dengan demikian saya lebih merasa berbesar hati untuk menerima kekurangan. Tidak terus-menerus menyalahkan diri sendiri bila melakukan kesalahan. Setiap orang pasti pernah salah. Belajar dari kesalahan, berproses untuk menjadi lebih baik.

Hal lain yang saya pelajari ketika menghadapi insecure yaitu tidak berfokus kepada siapa yang salah dan mencari kambing hitam. Saya belajar untuk fokus pada bagaimana solusi yang harus saya lakukan agar masalah segera selesai. Memang tidak mudah dan butuh proses pendewasaan diri.

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Ini adalah salah satu penyebab saya jarang buka sosial media. Biar saya tidak membandingkan diri dengan si A,B,C,D yang sudah memiliki karir di tahapan sekian. Sudah memiliki aset sekian,dan hal-hal lain yang membuat saya merasa minder dan insecure.

Saya berusaha untuk mensyukuri apapun yang terjadi dalam hidup saya sekarang ini. Bersyukur untuk setiap berkat pekerjaan yang Tuhan beri. Keluarga yang sehat. Rumah tinggal yang strategis walaupun tidak terlalu besar. Waktu Tuhan itu pasti yang terbaik. Waktu sukses tiap orang beda-beda tentunya.

Saya juga berusaha mengurangi pergaulan dengan orang-orang yang membuat saya insecure. Saya sempat ikut komunitas yang boleh dibilang beberapa membernya memiliki gaya hidup sosialita. Namun ketika ada di dalam komunitas tersebut saya merasa kurang nyaman karena banyak anggotanya yang toxic. Akhirnya saya keluar dari komunitas tersebut karena saya lebih memilih kenyamanan dalam berteman.

Setiap orang pasti pernah insecure. Namun jangan terpaku dengan kekurangan diri sendiri dan terus-menerus tidak percaya diri ya. Masih banyak hal lain yang bisa dieksplor. Belajar menghargai dan mencintai diri sendiri. Sukses tiap orang ada waktunya masing-masing. Yang penting berusaha terus ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.