Bukber Lalalaway : Tips Promosi Blog Dengan Facebook Ads & Monetize Blog Dengan Instant Article

Ngabuburit Berfaedah Lalalaway

Bulan puasa ini saya berkesempatan mengikuti workshop mengenai optimasi facebook ads bagi blogger di kantor Lalalaway Jakarta. Menyenangkan sekali bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki passion sama di dalam dunia menulis. Oh ya, Lalalaway ini merupakan website flash sale pertama untuk luxury hotel. Dan kerennya lagi, Lalalaway memberikan kelebihan yang belum tentu kamu dapatkan kalau pesan di aplikasi booking hotel online lainnya. Jujur saya kagum sama lalalaway, karena inovasinya membantu menyelesaikan masalah pemilik hotel yang sebagian kamarnya belum penuh dan keinginan traveler untuk mendapatkan harga kamar murah untuk luxury hotel. Kedua masalah ini dikombinasikan, dan jadilah lalalaway sebagai solusi. Seperti misalnya flash sale menginap di Four Season Hotel Jakarta. Di website lalalaway dapat diskon 35% dengan harga IDR 2.599.000

four season promo lalalaway

Lihat harga kalau kita booking hotel pada hari Sabtu, 16 Juni 2018. Harganya hanya IDR 2.599.000 sedangkan kalau kita lihat situs booking online sejenis, di tanggal yang sama dan hotel yang sama, yang katanya sih sudah didiskon 15% harganya IDR 3.085.639 wow masih lebih murah lalalaway! Ada selisih sekitar IDR 486.000 lumayan kan buat beli es cendol. Ada lagi best deal yang spesial dari lalalaway khusus untuk kamu. Dengan harga yang sama free upgrade ke Deluxe Suite Executive. Kalau kamu beli di booking hotel sebelah, harganya IDR 3.394.000 dengan lalalaway jadi IDR 2.599.000 aja. Selain harga yang bagus kamu juga dapat sarapan pagi di Palm Court Restaurant, late checkout sampai jam 4 sore, free wifi.

Penawaran Spesial Hanya Untuk Lalalaway

Semua ini hanya khusus pembeli flash deal di lalalaway dan dinegosiasikan spesial untuk kamu. Jadi ngerasa spesial ya. Jadi yang pengen dapat harga diskon kebangetan bisa pesan ke Situs Booking Hotel Lalalaway dan dapatkan harga spesial di Flash Sale. Pastikan kamu pesan segera sebelum kehabisan, karena flash sale ini berubah setiap beberapa hari dan terbatas untuk beberapa kamar. Rebutan gengs! Siapa cepat dia dapat!

traveloka four season

Kantor lalalaway ada di Jalan Majapahit no 16 Jakarta Pusat, persis sebelum lampu merah Harmon arah Gajah Mada. Setelah foto di ruang meeting kami langsung menuju lantai dua dan memulai mini workshop Optimasi Facebook Ads dan Instant Article.

Lalalaway Photo Session

Kenalan Sama Co-Foundernya Dulu

Sesi dimulai dengan perkenalan dari Audrey Marc Co Founder Lalalaway. Audrey menjelaskan kenapa memilih nama lalalaway. Sangat simple, karena ketika kita sedang senang, biasanya bersenandung, lalalalalalala. Simple tapi dalem. Bukankah kita liburan untuk menyenangkan hati?

audrey marc co founder lalalaway

Kenapa Pakai Facebook?

Sesi kedua dibawakan oleh Mas Darwin Nursamsur, Digital Marketing Executive & SEO Analyst MG Group. Di sesi ini mas Darwin membawakan materi mengenai facebook ads.

Darwin Nursamsur Digital Marketing

Siapa di sini yang tidak tahu apa itu facebook. Pasti hampir semua kaum millenials pernah menggunakan facebook sebagai salah satu sosial media. Awalnya facebook didirikan untuk berjejaring dengan teman di media sosial. Siapa yang menyangka saat ini facebook menjelma menjadi raksasa periklanan berbasis media sosial. Mengapa saya menyebut sebagai perusahaan periklanan? Karena facebook memiliki traffic ke website yang luar biasa banyak dan menjual spot iklan tersebut ke pengiklan. Luar biasanya lagi, orang-orang yang mendaftarkan diri ke facebook dengan senang hati tanpa paksaan memberitahukan hampir sebagian besar informasi pribadinya ke facebook. Mulai dari tempat dia tinggal, status hubungan, hobi, apa yang dia sukai dan masih banyak lagi.

Bagi seorang marketer, data ini sangat berharga. Marketer dapat menjual produknya sesuai dengan target pasar yang tepat dengan menggunakan facebook ads. Data yang diberikan oleh facebook ads juga lebih terukur, lain halnya melakukan pemasaran dengan iklan spanduk di pinggir jalan. Tidak ada yang tahu jumlah pasti berapa banyak jumlah traffic orang yang lewat di jalan itu, orang yang membaca iklan itu dan orang yang melakukan pembelian setelah melihat spanduk iklan itu. Dengan facebook ads, semua terukur. Data spesifik yang didapatkan yaitu berapa banyak orang yang melihat iklan kita,mengunjungi link website yang ada di iklan, dan melakukan pembelian setelah melihat iklan.

Facebook Ads Membantu Blogger Mendapat Visitor Dengan Cepat

Menariknya, facebook ads juga bisa mendatangkan traffic ke website kita secara instan dan tertarget. Hal ini sangat dibutuhkan oleh blogger dalam branding websitenya agar semakin dikenal oleh pembaca. Biaya yang dikeluarkan untuk memulai beriklan terbilang cukup murah. Mulai dari IDR 10.000 saja sudah bisa menjalankan iklan dan mempromosikan blog kita. Hal yang paling mendasar yang perlu kita tentukan adalah niche tentang apa blog kita, baru dikembangkan lagi siapakah target blog kita. Facebook memiliki tools yang gratis dan bermanfaat bagi kita untuk memulai melakukan riset audience. Untuk dapat mengakses menu ini, dapat membuat akun bisnis terlebih dahulu di business.facebook.com

Audience Insight

 

Setelah berhasil masuk ke menu audience insight, kita bisa memulai memakai tools audience insight. Saya ingin mencontohkan bagaimana riset untuk blog dengan niche travelling. Misalnya saja kita ingin mengetahui orang Indonesia, umur 18-45 tahun yang memiliki interest Garuda Indonesia. Kenapa saya memilih Garuda Indonesia? Karena maskapai ini adalah salah satu maskapai terbaik untuk travelling di dalam negri. Sekarang mari kita lihat ada berapa sih audience nya?

Dengan tools ini kita bisa melihat audience yang saya beri kotak merah ( lokasi di Indonesia, umur 18-45 tahun, dan memiliki ketertarikan dengan Garuda Indonesia ) ini memiliki pengguna aktif di facebook sebanyak 3.5 juta- 4 juta pengguna.

 

Dari gambar di atas, kita juga mendapatkan data lebih mendetail, di umur berapa yang paling mendominasi. Ternyata berdasarkan data, umur di range 25-34 adalah yang paling banyak mendominasi.

 

Dari gambar di atas kita juga mendapatkan informasi bahwa yang mendominasi audience tersebut adalah orang-orang yang menikah dan single, serta memiliki tingkat edukasi college.

 

Dari gambar di atas kita mendapat informasi bahwa audience didominasi oleh pekerja di bidang management.

 

Dari gambar di atas kita bisa mengetahui, audience yang menyukai Garuda Indonesia ini memiliki kemiripan dengan audience Garuda Company,Air Asia,Bayu Buana Travel dan lainnya. Perlu digarisbawahi bahwa tidak semuanya relevan dengan Garuda Indonesia. Seperti misalnya Militer Garuda, ini fanpage mengenai militer, tidak ada korelasinya dengan travelling. Jadi tidak kita masukkan dalam hasil riset kita kali ini.

 

Dari gambar di atas kita mendapatkan informasi bahwa audience yang berlokasi di kota Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bogor , Medan, Bandung cukup dominan.

Riset Audience Facebook Ads Langkah Awal Memulai Beriklan

Kenapa melakukan riset audience sangat penting sebelum memulai beriklan? Agar budget iklan yang kita keluarkan tidak terbuang sia-sia. Semakin luas audience yang kita target maka semakin besar juga uang yang kita keluarkan. Untuk pemula dengan jumlah uang yang terbatas untuk beriklan, lebih baik melakukan iklan secara tertarget sesuai dengan niche blog.

Setelah selesai menentukan audience mana yang ingin kita pilih, kita bisa melakukan tahap selanjutnya yaitu memulai menjalankan campaign. Buka dashboard business manager yang sudah kita buat dan klik ads manager. Hal yang harus kita lakukan untuk memulai beriklan adalah dengan membuat fanpages terlebih dahulu. Baru membuat tujuan beriklan.

objective ads

Gambar di atas ini adalah tujuan beriklan di facebook. Oke dibahas yang paling sering dipakai ya untuk blogger.

Brand awareness

Brand awareness adalah objektif yang diberikan Facebook kepada advertiser yang bertujuan ingin meningkatkan kepedulian, awareness, perhatian, terhadap brand/campaign yang dijalankan. Objektif ini digunakan pada saat kita ingin mendapat perhatian audience, kita ingin mengukur seberapa besar perhatian orang terhadap iklan.

Reach

Reach adalah objektif yang diberikan facebook kepada advertiser yang bertujuan ingin mencapai jangkauan yang banyak saja tanpa optimasi, jadi hanya sekedar tayang.

Traffic

Traffic adalah objektif yang diberikan facebook kepada advertiser yang bertujuan mendatangkan klik ke website yang dituju. Cocok untuk optimasi klik pada website. Ini yang cocok buat optimasi pengunjung di blog kita.

Yang lainnya sih kaya post engagement itu untuk meningkatkan engage ( like,komen,share). Apps instal untuk iklanin aplikasi. Video views untuk mengiklankan video, leads generation untuk mendapatkan leads seperti email/nomer telepon. Kalau konversi lebih ke arah e-commerce,optimalisasi klik yang ingin beli produk.

Nah kalau udah tau objektif beriklannya apa, terus tinggal buat campaign dari riset iklan yang tadi deh. Tentukan budget lalu jalankan iklannya.

Monetize Blog Dengan Facebook Instant Articles

Sesi kedua dibawakan oleh mas Rendra Saputra, Supervisor SEO di Bukalapak.com

Rendra Saputra Supervisor SEO Bukalapak

Di sesi ini mas Rendra menjelaskan mengenai facebook instant article. Buat yang udah pernah apply google adsense pasti tau dong ribetnya apply google adsense. Lama diapprove, syaratnya ribet,nah ada alternatif lain nih kalau mau monetize website kita. Kita dibayar dengan menampilkan artikel kita di facebook. Di dalam artikel itu nanti ada iklannya yang bisa diklik pengunjung. Kalau kamu pernah buka fb di aplikasi android, dan baca artikel yang ada lambang petir, itu instant article.

kalau misalnya instant article ini kita klik, kita dapat melihat iklan, bilan pengunjung klik iklan tersebut kita mendapatkan bayaran.

 

Untuk lebih detail mengenai instalasi facebook instant article bisa mengunjungi https://developers.facebook.com/docs/instant-articles/wordpress-quickstart

Nanti akan saya buatkan artikel sendiri tentang facebook instant article.

Setelah sesi sharing yang padat dan banyak ilmunya, sesi foto-foto deh dengan teman blogger lainnya.

Bonus spesial dari four season hotel, dapet cake enak banget

Dan selfie berdua sama co-founder Lalalaway Audrey Marcs.

Demikianlah keseruan buka puasa bersama lalalaway. Ilmu facebook ads dapet, ilmu nyari duit dari instant articles dapet, dan happy! Semoga bisa berpartisipasi di event lalalaway selanjutnya

Udah pasang google analytics belum di website kamu? Penting loh buat analisa website. Intip yuk di tutorial instalasi google analytics untuk wordpress

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *