Tutorial Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner

Kali ini saya akan membahas mengenai Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner. Mungkin bagi sebagian orang google keyword planner adalah tools yang asing atau tidak pernah tahu bahwa tools ini ada. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, google menyediakan tools gratis untuk membantu advertiser dalam meriset kata kunci. Riset kata kunci berguna agar website kita lebih optimal ditemukan oleh mesin pencari google. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menggunakan google keyword planner

  1. Daftarkan akun adwords di sini

Registrasi Adwords

2. Masukkan email dan website yang ingin didaftarkan

Tutorial Keyword Planner

3. Di bawah tulisan We’ll help you sign up bla bla bla, pilih skip the guide setup. Terus nanti muncul seperti ini. Pilih indonesia dan time zone sesuai tempat masing-masing, mata uang pilih IDR. Lalu klik save & continue.

tutorial keyword planner

4. Setelah itu biasanya disuruh memasukkan email gmail dan password. Silahkan masukkan

5. Setelah berhasil login maka kita akan masuk ke akun adwords seperti ini

Berhasil registrasi adwords

6. Setelah itu pilih gambar yang di kotak merah, ada tulisan planning, pilih keyword planner

tutorial keyword planner

7. Setelah diklik akan keluar seperti ini

tutorial riset google keyword planner

8 Saya akan tes memberi contoh misalnya ingin riset kata kunci vitamin otak. Setelah mengetik kata kunci bisa langsung klik button biru “get started”

tutorial riset google keyword planner

9. Setelah kita klik, google akan memproses dan akan keluar hasil seperti ini

tutorial riset google keyword

dari data tersebut dapat kita lihat keyword yang berkaitan dengan vitamin otak, 1-10k adalah rata-rata perkiraan pencarian per bulan dengan tingkat kompetisi yang high( tinggi ). Sebaiknya bagi pemula kita pilih keyword di tingkat kompetisi yang medium/low dan pencarian sekitar 1500 per bulan. Dari keyword itu nanti dibagi 3 kategori, ada yang namanya buying keyword, informational keyword dan comparison keyword.ย  Nanti ini pengelompokannya kita yang olah manual di microsoft excell. Oh ya hasil riset yang tadi kita dapatkan bisa kita download ya. Tinggal klik aja Download keyword ideas.

Sekarang kita bahas mengenai informational keyword ya.

Contoh untuk informational keyword: Spesifikasi Asus ROG GTX 1050.

Orang yang mencari kata kunci tersebut biasanya ingin sekedar tahu mengenai detail informasi, belum tentu ingin beli.

Contoh untuk buying keyword : Harga laptop Asus murah di bawah 5 jutaan, Jual Laptop Asus Murah Bisa Kredit Tanpa Kartu Kredit

Orang yang mencari kata kunci tersebut biasanya sudah ada keinginan untuk membeli karena mencari dengan rentang harga tertentu.

Contoh untuk comparison keywordย : Laptop asus vs Lenovo

Orang yang mencari keyword ini ingin membandingkan antara asus dan lenovo, bisa jadi mau beli dengan memahami kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk membeli atau sekadar mencari informasi.

Sekarang tergantung tujuan teman-teman meriset kata kunci, apakah bertujuan untuk menjual barang atau ingin mencari traffic dengan menyajikan informasi yang menarik? Misalnya toko online, bisa fokus menggunakan buying keyword untuk menulis artikelnya. Bisa juga dicampur informational keyword / comparison keyword dengan menyisipkan link tempat untuk membeli di akhir artikel.

Oh ya selain google keyword planner ada lagi tools gratisan yang bisa kita gunakan, nanti dibahas di artikel tersendiri ya. Kalau mau mampir bisa klik di sini

Demikianlah tutorialย Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner. Apabila artikel ini bermanfaat mohon dibantu share dan comment yah ๐Ÿ™‚

67 comments

    1. ini bukan google adsense kak tony. Ini hanya memanfaatkan tools yang bisa diakses gratis di adwords. Kalau daftar adwords sih bisa langsung jadi kok.

  1. Kak inez selalu kasih2 info optimalisasi web.. makasih kak..
    Walaupun aku pusing sekali pas baca.. haha.. tapi sangat bermanfaat kak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.