Tips Membuat CV menarik

Membuat CV yang menarik merupakan salah satu faktor penting pada saat melamar kerja. Bayangkan setiap hari HRD menerima ratusan sampai ribuan CV pelamar pekerjaan. Bila CV kita biasa-biasa saja kecil kemungkinan akan dipanggil sampai tahap psikotes atau interview.

Beberapa tahun yang lalu saat sedang ada job fair di kampus saya, ada seorang HRDperusahaan multinasional tampak kesal melihat salah seorang pengunjung menaruh CV di mejanya. “Kamu lagi, saya sudah terima CV kamu beberapa kali, tapi tidak ada perbaikan dari CV kamu.” Saya sampai terkaget-kaget karena begitu hafalnya dia dengan wajah orang yang melamar di perusahaan tersebut. Apa saja kesalahan yang dilakukan pelamar tersebut hingga HRD tersebut menegurnya? Ternyata CV nya terlalu panjang, saya melihat CV nya lebih dari 4 lembar. Kesalahan kedua CV nya difotokopi. Fotokopian ini yang memberikan kesan tidak profesional.

Berikut adalah tips bagaimana membuat CV yang menarik, kreatif dan profesional

Pilih Desain CV Yang Menarik

membuat cv menarik

Tinggalkan desain monoton yang tidak menarik. Sekarang sudah banyak desain gratis dan menarik untuk membuat CV kita memiliki desain profesional. Contohnya website desain gratis untuk memoles CV kita adalah Canva.  Pilih desain yang sesuai karakter kita. Gampang banget tinggal drag & drop saja.

Miliki Email Profesional

membuat cv menarik

Hindari memiliki email dengan nama alay. Email dengan nama lengkap dianjurkan. Bedakan email untuk kepentingan profesional dan hiburan.

Tampilkan Foto Profesional dan Terbaru

membuat cv menarik

Hindari menggunakan foto selfie. Ini serius, saya pernah dapat CV pakai foto selfie. Jangan pelit untuk keluar biaya foto formal di studio.

Kuasai Skill yang Relevan Dengan Pekerjaan Yang Dilamar

membuat cv menarik

Salah satu poin penting di CV adalah skill yang dimiliki. Bila kita ingin menjadi professional di bidang tertentu, sebaiknya mengambil sertifikasi atau kursus online seperti lynda.com , udemy.com , edx.org, coursera.org dan lainnya. Sertifikasi ini ada yang berbayar dan gratis. Seperti misalnya Lynda.com memberikan 30 hari gratis. Untuk berbayar harganya pun relatif terjangkau. Untuk Lynda.com harga berkisar 25-30 USD per bulan, untuk udemy.com sekitar 10USD++ per subject.

Persiapkan Portfolio

membuat cv menarik

Sekarang jamannya sudah online, potfolio yang sudah kita buat bisa kita masukkan ke dalam website/blog. Selain menjadi tempat personal branding, portfolio yang kita buat di website ini bisa mendatangkan penghasilan di kemudian hari. Misalnya saja, ada client yang menemukan portfolio milik kita di internet dan tertarik menggunakan jasa kita.

Tuliskan Pendidikan Lengkap

membuat cv menarik

Tidak ada yang tahu dengan siapa nanti kita akan diwawancara. Saya menuliskan CV mengenai pendidikan mulai dari SMA. Kebetulan saya sekolah di SMAK 2 Penabur Jakarta. Suatu ketika saya hadir untuk interview user, ternyata beliau alumni sekolah saya. Pembicaraan menjadi cair karena beliau bertanya kabar mengenai guru saya.

Tuliskan Pengalaman Kerja Dengan Padat dan Jelas

membuat cv menarik

Dalam CV ketika menuliskan pengalaman kerja harus disertakan deskripsi pekerjaan apa saja yang dilakukan. Cukup cantumkan poin-poin penting apa saja yang dikerjakan.

Contoh :

PT XYZ Indonesia *Assistant Operational Manager *Jakarta February 2016 – January 2017

Help manager day to day operational in company. Manage schedule appointment with customer. Manage stock and make day to day report.  Handle customer complain and maintain relation.Manage social media comment and order inquiries in company website.

Tuliskan Pengalaman Organisasi Kampus / Organisasi Sosial

membuat cv menarik

Untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman organisasi di kampus seperti senat, himpunan mahasiswa jurusan, klub, itu nilai plus untuk ditulis di CV. Bagi yang belum memiliki pengalaman di bidang sosial, bisa coba indorelawan.org untuk mencoba jadi volunteer. Dengan adanya pengalaman organisasi, HRD/user tahu bahwa kita sudah terbiasa bekerja sama di dalam tim.

Tuliskan Pencapaian/Penghargaan

membuat cv menarik

Jangan pernah ragu untuk menuliskan apa saja pencapaian yang telah kita dapatkan di CV. Kita “jualan” CV dan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar untuk satu posisi. Kalau tidak ada sesuatu yang spesial dari CV kita, lalu apa yang bisa kita tonjolkan? Contoh pencapaian menjadi Sales dengan penjualan terbaik untuk area Jakarta Pusat. Untuk penghargaan misalnya Juara I English Debate Club tingkat Kabupaten.

Maksimal halaman CV 2 Lembar

Salah satu hal yang ditekankan saat saya mengikuti seminar yang dibawakan oleh HRD perusahaan multinasional adalah maksimal halaman CV 2 lembar. Beliau berpesan, bagian HRD setiap hari menerima ratusan  CV. Mereka tidak akan sempat membaca detail berlembar-lembar CV kita. Jadi lebih baik buatlah CV yang ringkas, padat, dan jelas.

Print Berwarna

Jangan pelit mengeluarkan budget untuk print CV berwarna. Lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak dari biaya fotokopi hitam putih daripada CV kita tidak dilirik oleh HRD.

membuat cv menarik

Demikianlah tips membuat CV menarik, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Jangan lupa menyiapkan diri dengan tips menjawab pertanyaan interview kerja.

10 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.