Sebuah Refleksi Di Akhir Tahun 2018

Ini adalah blog pertama saya di tahun 2019.  Akhir tahun 2018 diawali dengan berita duka. Tante saya meninggal. Tanggal 30 Desember tante saya berpulang ke surga, menyusul engkong dan emak. Umur beliau saat dipanggil berusia 85 tahun 6 bulan. Perjalanan ke Bandung bukanlah hal yang mudah di saat high season seperti akhir tahun. Kami kehabisan tiket kereta api untuk pergi tanggal 30 dan 31. Mau tidak mau harus pergi menggunakan travel. Pergi menggunakan travel pun hanya berdua dengan papi saja. Papi lututnya sakit dan hanya mau naik travel bila duduk di samping supir. Akhirnya beliau menuju Xtrans di Tomang dan memilih sendiri kursinya.

Transportasi ke sana sudah dapat, tinggal masalah penginapan. Untuk penginapan di sekitaran stasiun rata-rata sudah full booked sampai akhir tahun. Selama beberapa tahun belakangan ini saya mempelajari Law of Attraction ( LoA ) dan saya mencoba menggunakannya. saya membayangkan bahwa saya mendapatkan penginapan di sekitar rumah duka borromeus dengan harga terjangkau dan nyaman. Intuisi saya mengarahkan saya untuk membuka airbnb. Setelah beberapa menit googling saya menemukan penginapan yang sesuai kriteria. Tanpa berpikir panjang saya melakukan booked dengan VISA.

Di airbnb membutuhkan konfirmasi 1×24 jam dari pihak pengelola untuk konfirmasi apakah kamar tersedia atau tidak. Saat saya booked, jam sudah menunjukkan pk 02.00. Travel saya berangkat pk 6.00 dan estimasi sampai Bandung sekitar pk 10.00 . Airbnb sendiri tidak memberikan nomer pemilik penginapan, kami hanya berkomunikasi lewat email. Sampai pk 05.30 pun tidak ada email balasan. Akhirnya, lagi-lagi intuisi saya berjalan untuk mengecek di google dengan mengetikkan kata kunci.

Puji Tuhan, nomer teleponnya langsung muncul dan langsung saya hubungi. Ketika telepon diangkat, pemilik penginapan berkata bahwa penginapan sudah full. Mau cari dimana lagi ini penginapan di akhir tahun seperti ini? Namun saya yakin bahwa saya pasti akan dapat. Rasa ini lah yang membuat LoA bekerja. 5 menit kemudian saya ditelepon lagi oleh pemilik penginapan, bahwa hari itu juga tamu yang tinggal di kamar yang saya pesan akan checkout. Jadi saya bisa sedikit santai dan bernafas lega karena tidak perlu kebingungan mencari kamar hotel.

Dari hal ini saya diingatkan oleh firman Tuhan. Untuk meminta apa yang saya butuhkan.

Matius 7:7-8 TB

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
Sepanjang tahun 2018 kemarin banyak hal yang sudah terjadi dalam hidup saya. Ada beberapa wishlist saya yang tercapai namun ada juga yang belum. Namun saya sangat bersyukur karena saya mengalami peningkatan baik dari sisi mental maupun spiritual. Saya menjadi pribadi yang belajar untuk berdamai dengan keadaan, masa lalu. Saya banyak belajar di tahun 2018. Saya belajar apa itu sabar dan pengendalian diri.

 

32 comments

  1. Saya juga suka belajar LoA mba, dlu pertama kali bljr LoA waktu SMA, Ternyata pikiran dan alam terhubung yah mesti hati-hati dengan pkiran negatif. Selamat yah blog pertamanya mba, tetap konsisten menulis 💕

  2. Ikut berduka cita atas meninggal Tantenya ya Nez. Sesuatu banget ya berita duka cita di akhir tahun itu. Nenek saya juga meninggal di Medan beberapa hari sebelum natal. Wah, nyari tiket ke sana dari Bandung sekarang sudah berkali-kali lipat harganya. Bener-bener perjuangan.

  3. Ada yang datang, ada juga yang pergi dari kehidupan kita. Bersyukur adalah yang utama. Ditinggalkan orang tersayang memang sulit rasanya. Semoga di tahun 2019 dan seterusnya, mbak Inez makin bahagia dan berkah aamiin 😀

  4. Mba Inez…
    Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku ya, karena aku jadi punya kesempatan berkunjung ke blog mba dan menemukan “Law of Attraction” ini.
    What an interesting topic!

    Tahukah, mba?

    Aku langsung google lho tentang Law of Attraction lho, dan menemukan artikel yang duduk di halaman 1 google by digitalmarketer

    Sekali lagi terimakasih, ya, mba
    Aku belajar hal baru hari ini.
    Insya Allah, hidupku jadi berwarna-warni bagai pelangi

    Oh iya, dalam agamaku (Islam) kami juga dianjurkan meminta kepada Allah SWT dalam QS Al-Baqarah: 186

    “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, jawablah bahwa Aku adalah dekat.
    Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah: 186)

    Dan kami juga dianjurkan berdoa dengan suara yang lembut sesuai Alquran surah Al A’Araf 55-56

    “Berdoalah kepada Tuhan kalian dengan berendah diri dan suara yang lembut.
    Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
    Dan janganlah kalian membuat kerusakan di bumi, sesudah Allah memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harap.
    Sungguh rahmat Allah itu amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-A’raf: 55-56)”

    Mari kita saling berbagi kebaikan ya, Inez…

  5. Turut berduka cita ya Inez. Semoga Almh. diberikan tempat terbaik. Emang benar-benar ya pas high season itu untuk nyari penginapan. Tapi ya..selalu ada jalan keluar kalau kita berpegang sama Tuhan. Selamat Tahun Baru Inez. Salam buat papi juga ya.

  6. Turut berduka ya Inez. Semoga Almh. diberi tempat terbaik. Amin. Selamat tahun baru juga untuk Inez dan keluarga. Semoga Tuhan selalu menyertai setiap langkah Inez dan keluarga. Ohya bener ya nez nyari penginapan di musim high season emang kudu sabar bin sabaarrrr ya. Tapi selalu ada jalan keluar kalau kita percaya dan ternyata tuh memahami ilmu loa juga bermanfaat ya. Semangat trus ya Nez.

  7. Ikut berduka yaaa mbaaa

    Tahun 2018 saya juga kehilangan
    tepatnya di bulan maret
    Kakak kandung saya meninggal
    Di usia 53 tahun

    Meski sedih dan kadang bertanya kenapa bisa terjadi, tapi itu sudah suratan ya mba. Kita yang masih hidup, belajar tetap kuat dan terus berjalan

  8. Turut berduka ya kak. Tuhan pasti telah menyediakan tempat yang terbaik untuknya disana.

    Pengalaman yang telah kak Inez bagikan tentunya bermanfaat bagi kita semua, teruslah ngeblog ya kak dan jangan lupa mampir juga ke blog saya 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.