Mimpi Membuat Kreasiku Untuk Wedding Plus Size Fashion

Memiliki tubuh yang gemuk seringkali membuat wanita menjadi minder. Termasuk saya. Dulu saya sering menggunakan baju kaos laki-laki ukuran besar dan celana jahit atau celana jeans. Penampilan saya terlihat tomboy. Kenapa saya memakai kaos laki-laki? karena saat itu belum banyak toko yang menjual baju ukuran besar.

Menjamurnya Online Shop Plus Size

Beberapa tahun belakangan ini mulai muncul bermacam-macam online shop untuk wanita plus size. Peminatnya sangat banyak. Baju yang dijual kebanyakan adalah baju sisa ekspor. Brand luar negri memproduksi baju ukuran plus sizenya di Indonesia. Kelebihan produksi dan cacat produksi inilah yang dijual dengan harga miring di online shop lokal. Masih sedikit sekali brand yang fokus pada plus size fashion.

Saya pun mulai bisa memakai pakaian yang lebih feminin sejak banyak online shop bermunculan. Harganya relatif terjangkau. Sayang, model baju plus size yang ada di online shop masih terbilang biasa saja. Sangat jauh berbeda bila saya membandingkan dengan online shop luar negri seperti di USA, UK, dan negara-negara Eropa.

Tidak Tersedia Ukuran Plus Size Untuk Gaun Pengantin

Hal yang membuat saya lebih kecewa lagi, beberapa waktu yang lalu ketika saya datang ke pameran wedding di JCC, mereka tidak menyediakan baju pengantin untuk ukuran plus size. Ada opsi dari penyedia jasa sewa untuk gaun pengantin dengan menambah sekian puluh juta. Saya sendiri mengelus dada. Mahal amat ya baju pengantin untuk ukuran plus size seperti saya ini.

Setelah saya googling di internet, saya tidak menemukan butik yang memang menjual baju pernikahan untuk plus size. Rata-rata adalah toko online yang import baju bigsize dari Cina. Ada yang stoknya tersedia, ada juga yang menggunakan sistem PO. Namun sizenya maksimal sampai ukuran XXL. Bagaimana bila ukurannya lebih dari itu? Pastinya harus menjahit custom di penjahit.

Peluang Masih Terbuka Untuk Gaun Pengantin Plus Size

Dari sinilah timbul ide, bagaimana bila saya membuat baju pengantin plus size? Pasarnya sudah pasti ada, dan mereka nanti akan menikah. Saya melihat-lihat beberapa website luar negri yang memang memiliki koleksi plus size untuk pakaian pengantin dan pakaian formal untuk acara spesial. Harganya terbilang lumayan terjangkau bila dikonversi ke rupiah. Bila ada promo mungkin berkisar di harga 1 jutaan hingga 8 jutaan dan bisa dikirim ke luar negri. Mereka juga memiliki butik bila pelanggan ingin datang langsung dan melakukan fitting baju.

Model gaun pengantin yang ada di toko online luar negri tersebut sangat up to date. Tidak berbeda dengan gaun pengantin wanita dengan ukuran standar. Hanya saja memang lebih besar dan disesuaikan dengan ukuran wanita plus size.

Untuk memulai bisnis fashion pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu juga membutuhkan keterampilan khusus seperti menjahit, membuat payet, membuat pola, dan lain-lain. Dibutuhkan tim untuk produksi, juga tim untuk memasarkan produknya.

Saya sendiri ingin sekali membuat kreasi baju pengantin yang bisa diterima masyarakat Indonesia. Baju pengantin yang ingin saya buat ke depannya bisa menggunakan model internasional dan menggunakan model khas Indonesia.

Nama brand yang ingin saya buat adalah Inez Plus Size Fashion. Kenapa nama ini dipilih? Karena saya ingin branding nama fashion yang saya buat dengan nama saya sendiri. Saya juga ingin agar brand ini juga bisa dikirim ke luar negri dan diikut sertakan dalam fashion show dalam serta luar negri. Semoga saja kreasiku ini dapat terealisasi dalam waktu dekat ya. Di blibli.com juga banyak kreasi anak bangsa yang dijual di sana. Boleh lah mampir lihat-lihat. Terimakasih sudah mampir dan baca blogku. Semoga terinspirasi!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.