Masjid Ramlie Musofa Lambang Cinta Seorang Mualaf Kepada Allah

One Day Trip Klub Buku dan Blogger

Di saat yang lain sedang sibuk melakukan pilkada di daerah masing-masing, kami yang tinggal di Jakarta memutuskan untuk berkunjung ke beberapa tempat ibadah. Mumpung libur nasional. Rute perjalanan kami adalah Pura di daerah Rawamangun, Masjid Ramlie Musofa di daerah Sunter, dan terakhir Gereja Katedral di daerah Pasar Baru.

Masjid Megah Di Pinggir Danau

Masjid Ramlie Musofa merupakan masjid bernuansa Tionghoa yang hadir di tengah ibukota Jakarta. Masjid ini mudah dijangkau yakni di pinggir danau Sunter. Banyak turis maupun penduduk lokal yang mengunjungi masjid ini. Pengunjung yang datang ke masjid Ramlie Musofa tidak hanya saja kaum muslim, namun non muslim juga ikut mendatangi lokasi ini. Saat kami datang, kami disambut oleh security yang ada di dekat pintu masuk. Untuk memasuki kawasan masjid, backpack ukuran besar harus dititipkan terlebih dahulu.

Mirip Taj Mahal

Saya memandang dengan takjub dari awal menginjakkan kaki di pelataran Masjid Ramlie Musofa ini. Desain arsitekturnya sangat cantik, saya tidak pernah melihat masjid seindah ini di Jakarta. Arsitektur masjid ini mengingatkan saya dengan bangunan cantik Taj Mahal di India.

Masjid Ramlie Musofa

Surah Al-Fatihah dan Surah Al-Qariah Dalam Tiga Bahasa

Begitu memasuki pintu depan kami disuguhkan oleh pemandangan tangga yang dindingnya berukiran emas surah Al-Fatihah dan surah Al-Qariah. Ayat-ayat ini ditulis dalam bahasa Indonesia, arab dan mandarin.

Masjid ini dibangun pada tahun 2011 dan selesai pada tahun 2016. Masjid Ramlie Musofa ini diresmikan oleh pemiliknya yaitu Pak Haji Ramlie Rasidin  seorang Tionghoa mualaf dan Prof. Dr. Nasaruddin( Imam besar Masjid Istiqlal ). Nama Masjid ini dibuat dengan menggabungkan nama Pak Haji Ramli dan ketiga anaknya. RAM untuk RAMli Rosidin. LIE untuk LIE Njoek Kim (sang istri). Nama ketiga anaknya adalah MU untuk MUsofa Rasidin, SO untuk SOfian, dan FA untuk Fabianto Rosidin.

Masjid Ramlie Musofa

Masjid ini berdiri megah dengan luas 2000 meter persegi. Penampilan masjid ini sangat mencolok dibandingkan dengan bangunan lain di sekitar.

Masjid Ramlie Musofa
Masjid Ramlie Musofa

Keindahan Interior Masjid

Marmer di dalam Masjid Ramlie Musofa ini didatangkan dari Turki dan Itali membuat masjid Ramlie Musofa ini semakin sejuk. Untuk desain arsitekturnya dirancang oleh Julius Danu. Di bawah terdapat tempat wudhu yang sangat nyaman sekali. Berbeda dari masjid atau mushola yang pernah saya kunjungi. Masjid Ramlie Mustofa ini sangat ramah bagi penyandang disabilitas, lansia atau ibu hamil. Masjid 4 lantai ini dilengkapi dengan 2 buah lift dan memiliki kapasitas 1000 jemaah. Saat memasuki ruangan dalam, kami disuguhkan dengan keindahan kubah.

Masjid Ramlie Musofa
Masjid Ramlie Musofa

Di samping kiri terdapat tempat mengumandangkan adzan. Terlihat beberapa jemaat sedang khusyuk berdoa saat kami datang berkunjung.

Masjid Ramlie Musofa
Masjid Ramlie Musofa

Bagian belakang masjid juga sangat indah. Sangat cocok bagi teman-teman yang ingin mendokumentasikan foto di masjid ini.

Masjid Ramlie Musofa
Masjid Ramlie Musofa

Di lantai 3 terdapat jendela besar sama seperti di lantai 2. Bagi pengunjung muslimah yang tidak membawa mukena, disediakan mukena untuk dipakai sholat. Saya mencoba menyusuri lantai 4 dengan, namun sayang saat sampai di lantai 4 pintu dikunci.

Masjid Ramlie Musofa
Masjid Ramlie Musofa

Lokasi Masjid Ramlie Musofa

Masjid ini dapat dikunjungi dengan alamat lengkap di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C – 14A, RT.13/RW.16, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350.

Masjid Ramlie Musofa
Masjid Ramlie Musofa

Taj Mahal merupakan monumen lambang cinta raja kepada istrinya. Masjid ini pun dibangun untuk lambang cinta Pak Ramli Rosidin kepada Allah SWT, kepada Islam, dan kepada keluarga. Untuk kamu yang belum pernah berkunjung ke masjid ini, boleh memasukkan destinasi ini ke dalam daftar antrian tempat yang wajib kamu kunjungi saat di Jakarta.  Di samping kiri Masjid ada sate Maranggi enak banget. Untuk review lengkapnya bisa baca di Sate Maranggi. Demikianlah review mengenai Masjid Ramlie Mustofa. Jangan lupa share bila informasi ini bermanfaat.

5 comments

  1. Bersyukur udah kesana, keren banget arsitekturnya, berasa di India gitu dengan pilarnya yg tinggi-tinggi dan suasana di dalamnya juga adem bgt

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.