12 Wahana Wajib yang Harus Kamu Coba Saat Rekreasi Ke Dufan

Buat kamu yang dari Jakarta ataupun luar Jakarta, pastinya sering dengar dong yang namanya Dunia Fantasi alias Dufan. Wahana Dufan ini adalah salah satu destinasi wisata wajib kalau kamu berkunjung ke Jakarta. Dufan ini letaknya di dalam area Taman Impian Jaya Ancol. Akses menuju Ancol ini terbilang mudah, cukup dengan naik bus transjakarta rute Kampung Melayu – Ancol maka kita sudah sampai di Ancol. Ongkos transjakarta pun sangat murah, kita hanya mengeluarkan Rp 3.500 saja.

Saya sendiri sudah beberapa kali berkunjung ke Dufan. Saat saya masih SD, SMA dan saat saya kuliah. Pergi ke Dufannya saat itu bersama teman-teman. Seru banget pokoknya. Dufan ini ramai sekali saat libur kenaikan kelas atau libur semester anak sekolah. Maklum, anak-anak pada libur jadi pusat hiburan ramai sekali. Jadi kalau kamu mau agak sepi, perginya jangan pas musim anak sekolah libur.

Baca juga : Backpacker murah ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Di Dufan itu ada beberapa wahana yang menurut saya wajib kamu coba.

Kora-Kora

kora-kora dufan

Kora-kora ini seperti ayunan, bentuknya kapal bajak laut. Kebayang kan, kita diayunkan sampai sudut 90 derajat. Itu perut berasa kekocok-kocok pas mau turun. Paling seru duduk di barisan paling belakang karena berasa paling atas pas diayun.

Tornado

tornado dufan

Tornado ini seru banget, kita diputer-puter gitu kadang kepala bisa ada di bawah. Diputer-puter 360 derajat. Ini wahana favorit dan patut dicoba untuk menguji adrenalin kamu.

Ontang-Anting

ontang anting dufan

Ontang-anting ini seru juga. Kita duduk di kursi, nanti lama-lama diputerin gitu, makin lama makin cepet. Seru banget, main ini aku bisa teriak-teriak haha.

Alap-Alap

alap-alap dufan

Alap-alap ini kaya kereta luncur. Kita muter-muter di kereta dengan kecepatan tinggi. Keretanya lucu banget bentuk ulat.

Arung Jeram

arung jeram dufan

Arung jeram ini wajib banget kamu coba pas lagi main ke Dufan. Kamu bisa rasain sensasi main arung jeram di sini. Arung jeram buatan ini panjangnya 325 meter dan dialiri air 1000L/detik loh. Siap-siap basah kuyup deh kalau main di sini.

Baku Toki

baku toki dufan

Kalau belum main baku toki rasanya belom berasa main ke Dufan. Kalau jaman saya kecil, biasa nyebutnya bom bom car. Permainan ini seru banget, apalagi dimainin sama teman. Sensasi ngebut terus nabrakin diri ke temen itu menyenangkan.

Pontang-Pontang

pontang pontang dufan

Wahana ini namanya pontang-pontang. Nah ini puterannya lumayan kuat nih, jadi kita berasa kaya dibanting ke arah kiri dan kanan.

Kicir-Kicir

kicir-kicir dufan

Wahana ini seru juga, bentuknya seperti kincir angin, terus kita diputer-puter gitu. Kebayang kan diputer-puter di ketinggian 17 meter. Seru deh pokoknya!

Halilintar

halilintar dufan

Kalau kamu ingin wahana ekstrim yang menguji adrenalin, halilintar favorit banget nih. Kamu ngga cuma disuguhin dengan naik seluncur 360 derajat, tapi ada sensasi naik dan turun serta belokan yang tajam. Pastinya bakal bikin kamu ngga berhenti teriak kalau main ini.

Turangga Rangga

turangga rangga dufan

Wahana Dufan yang satu ini favorit saya banget dari kecil. Naik kuda-kudaan dan muter-muter. Komedi putar ini juga digandrungi sama anak-anak. Komedi putar ini cantik banget saat malam hari karena berhiaskan banyak lampu. Pastinya romantis dong kalau main berdua sama dia.

Rajawali

rajawali dufan

Rajawali ini wahana yang membawa kita di ketinggian 25 meter. Setelah itu kita akan diputar-putar di atas. Menantang adrenalin banget deh pokoknya.

Bianglala

bianglala dufan

Pergi ke Dufan belum lengkap kalau tidak naik bianglala. Apalagi pergi berdua dengan si dia, lihat sunset di atas bianglala sambil memandang laut Ancol. Aduh jadi baper deh! Selain romantis, naik bianglala malam hari juga menarik karena bisa melihat kelap-kelip wahana Dufan dari atas bianglala.

Baca juga : 5 Restoran Favorit Menurut Helloinez.com

Buat kamu yang baru pertama kali ke Dufan, ada beberapa tips nih yang perlu diketahui

Siapkan Pakaian Ganti

Bermain di Dufan pasti ada wahana airnya, seperti arung jeram. Siap-siap deh baju kamu basah karena sudah pasti akan kecipratan air.

Bawa air minum & snack

Di dufan ini, jajanan lumayan mahal. Sebaiknya kamu bawa minum secukupnya. Bawa snack untuk mengganjal perut juga. Kalau tidak bawa makanan di sana ada juga kok restaurant untuk makan.

Datang Dari Pagi

Di Dufan ini wahananya banyak banget. Antriannya cukup lama. Antara 10-30 menit untuk 1 wahana. Apalagi kalau weekend, mungkin antriannya bisa lebih lama. Jadi kalau bisa sih saat Dufan pk 10.00 buka kamu udah siap di sana dan mulai keliling bermain di setiap wahana.

Bawa Topi dan Sunblock

Percayalah, di sana panas. Jarak antara satu wahana ke wahana lain lumayan. Apalagi pas siang hari dan terik gitu. Tapi kalau pakai topi, bisa diantisipasi lah teriknya. Kalau takut kebakar kulitnya boleh pakai sunblock.

Ajak Teman atau Keluarga

Bermain di Dufan ini paling seru kalau ditemani sama teman atau keluarga. Kamu bisa seru-seruan bareng mereka dan menjalin keakraban. Oh ya, di Dufan ini ada foto candid yang bisa dibeli loh saat selesai bermain di wahana. Kamu bisa cetak ekspresi yang lucu-lucu saat main di wahana.

Untuk tiket masuk dufan pada weekdays dikenakan Rp 200.000 dan Rp 295.000 pada weekend. Saranku sih kalau mau ke Dufan itu enaknya weekdays, soalnya lebih sepi daripada saat weekend.

Untuk weekday, Dufan ini buka dari pk 10.00 – pk 18.00 dan untuk weekend dari pk 10.00 – pk 20.00. Selamat bersenang-senang dan menikmati rekreasi di wahana yang ada di Dufan ya! Kalau menurut kamu wahana apa saja nih yang paling seru untuk dimainkan? komentar di kolom komentar ya.

8 comments

  1. denger kata dufan dari jaman SD, dan sampai detik ini sy blm pernah ke jagardah wkwkw #kesian

    kayaknya wahananya mirip2 sama wahana di tempat2 rekreasi lain ya, misalnya Jatim park. hanya penamaannya yg Indonesiawi. Tapi tetep pengen suatu hari nanti bisa main ke jagardah

  2. tahun lalau aku ke Dufan ga kuat naik Ontang-Anting hahaha. Begitu kelar muter2 eh kunag2, pusing, eneg. Lansung muntah deket taman, duduk sendirian sementara suami lg jagain anak2 naik wahana lain….wkwkwkwk udah nambah umur kudu pilih2 mainan yg pelanan kayaknya. Tapi kora2 dan halilintar masih sanggup kok 😀

  3. Aku terakhir me Dufan kayaknya 15 tahun lalu.. Haha udah lama banget.. 😀 Pingin juga main ke sana sama keluarga.. Mesti naik bianglala pokoknya.. Kalo wahana yang bikin jantung mau copot liat-liat dulu, deh.. hehe.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.